KESEHATAN
1 April 2020

4 Cara Mengurangi Kecemasan di Tengah Pandemi COVID-19

Lakukan hal berikut yuk, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Penyebaran virus corona (COVID-19) semakin cepat dan meluas hingga ke lebih dari 100 negara. Karenanya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menyatakan virus ini sebagai pandemi pada Rabu (11/03/2020).

Kecemasan dan kepanikan masyarakat pun semakin meningkat. Apalagi sejak pertama kali ditemukan kasus pasien corona pada Senin (2/03/2020), jumlah pasien terus meningkat menjadi 172 orang.

Baca Juga: 3 Manfaat Temulawak, Salah Satu Bahan Jamu Empon-Empon Anti Corona, untuk Kesehatan

Rasa cemas yang muncul ini memang wajar, namun jangan sampai kecemasan dan kepanikan ini malah membuat kita lengah menjaga kesehatan diri kita sendiri.

Cara Mengurangi Kecemasan di Tengah Virus Corona

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi rasa cemas dan tetap bersikap positif di tengan pandemi. Coba lakukan beberapa cara di bawah ini, yuk.

1. Tetap Rajin Mencuci Tangan

mengurangi rasa cemas akibat virus corona

Foto: Orami Photo Stock

Meski cemas dan panik, Moms dan keluarga tetap tidak boleh cuek atau lupa menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. Hal ini merupakan cara paling mudah untuk mengurangi rasa cemas akibat virus corona.

Salah satu menjaga kebersihan adalah dengan sering mencuci tangan. Menurut Centers for Disease and Prevention, mencuci tangan harus dilakukan sesering mungkin. Jangan lupa untuk menjaga jarak dari orang yang batuk atau bersin atau juga menerapkan etika batuk dan bersin yang baik.

2. Jangan Percaya Informasi yang Tidak Jelas

mengurangi rasa cemas akibat virus corona

Foto: Orami Photo Stock

Di tengah kondisi masyarakat yang cemas dan panik, berbagai informasi yang belum tentu bisa dikonfirmasi kebenarannya pasti akan semakin banyak kita dapatkan. Baik itu melalui sosial media, maupun melalui pesan berantai di WhatsApp.

Baca Juga: Cara Membuat Jamu Empon-Empon untuk Menangkal Virus Corona

Untuk mengurangi rasa cemas dan panik yang menyerang, ada baiknya Moms tidak menerima informasi yang didapat begitu saja, dan sebisa mungkin membaca informasi dari sumber yang memang sudah terpercaya.

3. Keluar Jika Perlu Saja

mengurangi rasa cemas akibat virus corona

Foto: Orami Photo Stock

Hindari acara kumpul-kumpul bersama yang melibatkan banyak orang, karena infeksi virus corona bisa terjadi dari mana saja. Bahkan jika perlu, Moms dan keluarga jangan banyak bepergian dulu.

Pergi keluar hanya jika perlu saja. Misalnya untuk membeli kebutuhan sehari-hari atau ingin membeli obat.

Pemerintah pun mulai menganjurkan masyarakatnya untuk melakukan social distancing sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Social distancing merupakan upaya menjaga jarak dengan komunitas atau orang banyak untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran infeksi virus. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kita harus mulai menjaga jarak setidaknya 1 meter dengan yang lain.

Baca Juga: 5 Aktivitas di Dalam Rumah Saat Pandemi Corona, Anti Bosan!

4. Berdoa

mengurangi rasa cemas akibat virus corona

Foto: Orami Photo Stock

Berdoa meminta perlindungan dari Tuhan merupakan hal paling mudah untuk mengurangi rasa cemas akibat virus corona. Bagi kita umat beragama, meminta perlindungan dari Tuhan agar terhindar dari virus corona merupakan salah satu hal yang baik untuk dilakukan.

Dengan berdoa rasa cemas dan panik akan berkurang, kita bisa lebih tenang, dan pikiran pun pasti akan lebih jernih.

Itu dia Moms beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan agar rasa cemas akibat virus corona bisa berkurang. Pastikan untuk dilakukan ya, Moms.

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar COVID-19, Moms bisa bergabung mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait