KEHAMILAN
12 Juli 2020

5 Cara Mengurangi Kelelahan selama Kehamilan, Moms Perlu Tahu

Atasi rasa lelah dengan cara berikut yuk, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Kelelahan adalah gejala umum yang terjadi selama kehamilan. Beberapa wanita mungkin merasa lelah selama kehamilan mereka, sementara beberapa wanita mungkin merasa lelah sama sekali.

Meskipun pengalaman dengan kelelahan cenderung bervariasi pada setiap ibu hamil, kebanyakan wanita akan merasa lebih lelah dari biasanya selama hamil. Kelelahan selama kehamilan paling sering terjadi selama trimester pertama.

Baca Juga: 5 Risiko Kesehatan Ketika Selalu Merasa Lelah Meski Sudah Cukup Tidur

Mengutip dari American Pregnancy and Association, biasanya rasa lelah ini akan hilang selama trimester kedua, tetapi akan kembali lagi pada trimester ketiga.

Mengurangi Kelelahan selama Kehamilan

Nah, bagaimana cara mengurangi kelelahan selama kehamilan? Simak tipsnya di bawah ini ya.

1. Beristirahat

mengurangi lelah selama hamil

Foto: Orami Photo Stock

Pastikan Moms beristirahat di tempat tidur saat merasa lelah. Hal ini dapat dilakukan dengan tidur lebih awal atau tidur siang sebentar, jika memungkinkan.

Menghindari minum beberapa jam sebelum tidur juga merupakan cara yang baik untuk mengurangi berapa kali Moms harus bangun di malam hari untuk pergi ke kamar mandi.

2. Mengatur Jadwal

mengurangi lelah selama hamil

Foto: Orami Photo Stock

Untuk mengurangi rasa lelah saat hamil selanjutnya bisa dilakukan dengan mengatur jadwal kegiatan Moms. Jika aktivitas Moms saat ini terlalu menguras tenaga selama kehamilan, mungkin harus menyesuaikan jadwal untuk sementara agar tidak terlalu sibuk.

Baca Juga: Ingin Segera Hamil? 7 Makanan Ini Bisa Mempercepat Kehamilan

Hal ini bisa termasuk mengurangi jam kerja, jika mungkin, atau meminta teman dan keluarga untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah atau tugas kita.

3. Mengonsumsi Makanan yang Tepat

mengurangi lelah selama hamil

Foto: Orami Photo Stock

Makan makanan yang bergizi akan sangat membantu mendukung tingkat energi tubuh. Pastikan Moms mendapatkan asupan zat besi, protein, dan kalori yang cukup.

Kelelahan selama hamil bisa menjadi lebih buruk jika kita tidak mendapatkan nutrisi yang tepat. Selain itu, Moms perlu memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik selama hamil.

4. Sedikit Berolahraga

mengurangi lelah selama hamil

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun Moms mungkin merasa tidak memiliki energi untuk berolahraga, jika melakukan olahraga sedang, seperti berjalan kaki 30 menit, sebenarnya akan membuat tubuh Moms merasa lebih berenergi.

Olahraga bermanfaat dalam kehamilan kecuali dokter menyarankan hal yang sebaliknya.

Baca Juga: 3 Efek Buruk Olahraga Berat Untuk Ibu Hamil

5. Ubah Posisi Tidur

mengurangi lelah selama hamil

Foto: Orami Photo Stock

Moms juga bisa mengurangi rasa lelah selama hamil dengan mengubah posisi tidur. Moms akan merasa lebih nyaman, dan akan melepaskan tekanan dari pembuluh darah yang memberi makan bayi dalam kandungan.

Selipkan bantal di antara kaki kita atau di bawah tubuh Moms untuk menopang punggung yang sakit.

Itu dia Moms beberapa tips untuk mengurangi rasa lelah selama hamil. Dicoba ya, Moms.

Artikel Terkait