PASCA MELAHIRKAN
7 Desember 2019

4 Tips Meningkatkan Kualitas ASI untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Pastikan Moms mengonsumsi cukup cairan
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Intan Aprilia

Setiap ibu menyusui tentu ingin memberikan ASI yang terbaik untuk anak-anaknya. Karena itu, kuantitas dan kualitas ASI penting untuk selalu diperhatikan.

Tetapi, tidak sedikit para ibu yang memiliki masalah dari segi kuantitas serta kualitas ASI. Seperti pasokan susu yang kurang dan sedikit, atau ASI yang kurang nutrisi.

Salah satu faktor yang menentukan kualitas air susu ibu yaitu dari apa yang Moms konsumsi. Ketahui cara meningkatkan kualitas ASI yang bisa Moms lakukan berikut ini.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui?

Tips Meningkatkan Kualitas ASI

1. Konsumsi Makanan Bernutrisi

meningkatkan kualitas ASI-makan bernutrisi

Moms perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan penuh nutrisi untuk meningkatkan kualitas ASI.

Mengutip dari Nursing & Healthcare International Journal, beberapa makanan penuh nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kualitas ASI adalah:

  • Salmon: Sumber asam lemak esensial dan omega-3 yang sangat bergizi dan penting untuk ibu menyusui, sehingga membuat susu lebih bergizi.
  • Wortel: Wortel mengandung vitamin A yang membantu proses laktasi dan meningkatkan kualitas ASI.
  • Daun bayam dan bit: Keduanya mengandung zat besi, kalsium dan asam folat, yang baik untuk produksi susu.
  • Barley: Barley meningkatkan produksi susu, dan membuat Moms terhidrasi.
  • Almond: Almond kaya akan omega-3, yang membantu produksi ASI dan meningkatkan hormon untuk membantu menghasilkan lebih banyak susu.

Baca Juga: 4 Penyebab Puting Lecet dan Cara Agar Tetap Bisa Menyusui Si Kecil

2. Minum Lebih Banyak Air

meningkatkan kualitas ASI-minum banyak cairan

Dr. Joseph Kamugisha, dokter spesialis kanker di Rwanda Military Hospital menjelaskan pentingnya bagi seorang ibu mengonsumsi banyak cairan agar tetap terhidrasi dan meningkatkan kualitas ASI.

"Ada dua faktor penting yang penting untuk produksi ASI. Pertama adalah mendapatkan cukup cairan. Cairan yang diminum tidak harus berupa susu, tetapi juga air dan jus," jelasnya mengutip The New Times.

Sangat penting minum cukup air selama periode menyusui, agar dapat mengisi kembali cairan yang hilang selama masa menyusui. Tetapi, hindari minuman yang tidak menyehatkan, terutama minuman beralkohol.

3. Batasi Asupan Kafein

meningkatkan kualitas ASI-kurangi kafein

Menurut Dr. Joseph, minuman berkafein seperti kopi memang dapat merangsang produksi ASI, tetapi ketika dikonsumsi bayi dapat memengaruhi kualitas ASI.

"Kafein merangsang produksi ASI, tetapi masalahnya kafein masuk ke ASI dan dapat memengaruhi kesehatan bayi. Kafein juga tinggal di sistem bayi lebih lama dari orang dewasa. Sehingga bayi jadi mudah tersinggung dan tidurnya terganggu," terang Dr. Joseph.

Satu cangkir kopi atau soda tidak menjadi masalah, tetapi konsumsi dalam jumlah besar seperti lima cangkir atau lebih dalam sehari tentu tidak baik. Jadi, jangan lupa perhatikan pola makan saat menyusui ya, Moms.

Baca Juga: Yuk, Perhatikan 3 Faktor Penting Ini Saat Menyusui Bayi Prematur

4. Aktif Bergerak

meningkatkan kualitas ASI-olahraga

Berdasarkan penelitian dalam jurnal Pediatrics, sangat baik melakukan aktivitas fisik saat menyusui untuk membantu meningkatkan kualitas ASI bagi Si Kecil.

Cobalah melakukan aktivitas intensitas sedang sebanyak 3-4 kali dalam seminggu untuk membantu mengurangi tingkat stres, meningkatkan energi dan membangun kekuatan tulang.

Nah, itu dia Moms beberapa tips mudah untuk meningkatkan kualitas ASI yang dapat dilakukan.

Artikel Terkait