PASCA MELAHIRKAN
12 September 2020

Cara Meningkatkan Kualitas ASI untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Pastikan Moms mengonsumsi cukup cairan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Setiap ibu menyusui tentu ingin memberikan ASI yang terbaik untuk anak-anaknya. Karena itu, kuantitas dan kualitas ASI penting untuk selalu diperhatikan.

Tetapi, tidak sedikit para ibu yang memiliki masalah dari segi kuantitas serta kualitas ASI. Seperti pasokan susu yang kurang dan sedikit, atau ASI yang kurang nutrisi.

Salah satu faktor yang menentukan kualitas air susu ibu yaitu dari apa yang Moms konsumsi. Lalu bagaimana cara meningkatkan kualitas ASI? Berikut ini tips yang bisa Moms lakukan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui?

Cara Meningkatkan Kualitas ASI

Air Susu Ibu telah memiliki kandungan yang sangat luar biasa, hal ini seperti dikatakan oleh dr. Ellen Wijaya, Sp.A, Dokter Spesialis Anak RSPI Pondok Indah - Puri Indah.

"ASI diciptakan dengan kandungan sangat luar biasa, dan banyak kandungan untuk optimalkan kekebalan tubuh bayi, karena di dalam ASI ada antibodi dan sel darah putih untuk melawan penyakit," jelas dr. Ellen dalam IGTV @oramiparenting.

Karena itu, penting untuk mengetahui cara meningkatkan kualitas ASI yang bisa Moms lakukan berikut ini.

1. Konsumsi Makanan Bernutrisi

meningkatkan kualitas ASI-makan bernutrisi

Foto: Orami Photo Stock

Moms perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan penuh nutrisi untuk meningkatkan kualitas ASI.

Mengutip dari Nursing & Healthcare International Journal, beberapa makanan penuh nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kualitas ASI adalah sebagai berikut.

1. Salmon

Ikan salmon merupakan sumber asam lemak esensial dan omega-3 yang sangat bergizi dan penting untuk ibu menyusui, sehingga membuat susu lebih bergizi.

Konsumsi salmon sebagai cara meningkatkan kualitas ASI untuk Si Kecil.

2. Wortel

Wortel juga bisa dikonsumsi sebagai cara meningkatkan kualitas ASI, karena mengandung vitamin A yang membantu proses laktasi dan meningkatkan kualitas ASI.

3. Daun Bayam dan Bit

Kedua sayuran ini mengandung zat besi, kalsium dan asam folat, yang baik untuk produksi susu, dan menjadi cara meningkatkan kualitas ASI.

4. Daun Barley

Barley meningkatkan produksi susu, dan membuat Moms terhidrasi. Konsumsi barley sebagai cara meningkatkan kualitas ASI untuk tumbuh kembang Si Kecil yang optimal.

5. Kacang Almond

Kacang almond kaya akan omega-3, yang membantu produksi ASI dan meningkatkan hormon untuk membantu menghasilkan lebih banyak susu, dan menjadi cara meningkatkan kualitas ASI.

Baca Juga: 4 Penyebab Puting Lecet dan Cara Agar Tetap Bisa Menyusui Si Kecil

2. Minum Lebih Banyak Air

meningkatkan kualitas ASI-minum banyak cairan

Foto: Orami Photo Stock

Dr. Joseph Kamugisha, dokter spesialis kanker di Rwanda Military Hospital menjelaskan pentingnya bagi seorang ibu mengonsumsi banyak cairan agar tetap terhidrasi dan sebagai cara meningkatkan kualitas ASI.

"Ada dua faktor penting yang penting untuk produksi ASI. Pertama adalah mendapatkan cukup cairan. Cairan yang diminum tidak harus berupa susu, tetapi juga air dan jus," jelasnya mengutip The New Times.

Sangat penting minum cukup air selama periode menyusui, agar dapat mengisi kembali cairan yang hilang selama masa menyusui. Tetapi, hindari minuman yang tidak menyehatkan, terutama minuman beralkohol.

3. Batasi Asupan Kafein

meningkatkan kualitas ASI-kurangi kafein

Foto: Orami Photo Stock

Menurut Dr. Joseph, minuman berkafein seperti kopi memang dapat merangsang produksi ASI, tetapi ketika dikonsumsi bayi dapat memengaruhi kualitas ASI.

"Kafein merangsang produksi ASI, tetapi masalahnya kafein masuk ke ASI dan dapat memengaruhi kesehatan bayi. Kafein juga tinggal di sistem bayi lebih lama dari orang dewasa. Sehingga bayi jadi mudah tersinggung dan tidurnya terganggu," terang Dr. Joseph.

Satu cangkir kopi atau soda tidak menjadi masalah, tetapi konsumsi kopi dalam jumlah besar seperti lima cangkir atau lebih dalam sehari tentu tidak baik.

Jadi, jangan lupa perhatikan pola makan saat menyusui sebagai cara meningkatkan kualitas ASI ya, Moms.

Baca Juga: Yuk, Perhatikan 3 Faktor Penting Ini Saat Menyusui Bayi Prematur

4. Aktif Bergerak

meningkatkan kualitas ASI-olahraga

Foto: Orami Photo Stock

Berdasarkan penelitian dalam jurnal Pediatrics, sangat baik melakukan aktivitas fisik saat menyusui untuk membantu sebagai cara meningkatkan kualitas ASI bagi Si Kecil.

Cobalah melakukan aktivitas intensitas sedang sebanyak 3-4 kali dalam seminggu untuk membantu mengurangi tingkat stres, meningkatkan energi dan membangun kekuatan tulang.

5. Jaga Mood Selalu Bahagia

jaga mood tetap bahagia

Foto: Orami Photo Stock

Lebih lanjut, dr. Ellen mengingatkan penting bagi ibu menyusui agar tetap selalu bahagia sebagai cara meningkatkan kualitas ASI. Karena, perasaan Moms yang cemas dapat memengaruhi kualitas ASI tersebut.

"Prinspinya, Moms harus tetap happy, karena kalau merasa cemas, sedih, takut atau khawatir, makin lama semakin stres, dan justru itu yang membuat produksi ASI semakin menurun," jelas dr. Ellen.

Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan, terutama di tengah pandemi ini. Seperti rajin mencuci tangan, selalu rutin mencuci alat pompa ASI, dan mengenakan masker apabila hendak menyusui Si Kecil di luar rumah.

Baca Juga: Ketahui 7 Kontak Laktasi agar Sukses Menyusui

6. Melakukan Relaktasi Jika Produksi ASI Berhenti

melakukan relaktasi

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa Moms yang mungkin berusaha untuk menyusui Si Kecil, tetapi ASI tidak kunjung keluar, dan bahkan bayi masih memerlukan asupan ASI untuk tumbuh kembangnya.

Tetapi jangan khawatir Moms, pemberian ASI eksklusif masih bisa dilakukan. Hal ini yang disebut oleh dr. Ellen dengan istilah "relaktasi". Moms juga bisa melakukan cara meningkatkan kualitas ASI.

"Sangat bisa dilakukan relaktasi. ASI yang sedikit mungkin karena ada hal-hal yang membuat produksi ASI sedikit, seperti rasa khawatir. Karena itu, cara yang bisa dilakukan adalah tetap percaya diri," jelas dr. Ellen.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa semakin sering menyusui bayi, maka hormon seperti protin dan oksitosin akan bekerja. Prinsipnya, tetap menyusui sesering mungkin, misalnya 2-3 jam dengan direct breastfeeding.

7. Pentingnya Mendapatkan Dukungan Sekitar

pentingnya mendapatkan dukungan dari orang sekitar sebagai cara meningkatkan kualitas ASI

Foto: Orami Photo Stock

Tak hanya itu, agar merasakan perasaan yang bahagia, penting juga untuk mendapatkan dukungan dari pasangan dan keluarga sebagai cara meningkatkan kualitas ASI untuk Si Kecil.

"Di antara menggunakan pompa ASI atau direct breastfeeding, sebenarnya cara yang paling efektif adalah menyusui langsung. Karena ketika bayi mengisap payudara, saraf-saraf payudara terangsang, dan hormon menyusui pun akan keluar, hasilnya ASI yang deras," terang dr. Ellen.

Tetapi, jika memang ada beberapa kondisi di mana Moms harus menggunakan pompa ASI, hal itu juga bisa dilakukan. Misalnya pada Moms yang bekerja, maka cara mendapatkan ASI yaitu dengan memompa payudara.

Nah, itu dia Moms beberapa tips mudah sebagai cara meningkatkan kualitas ASI yang bisa dilakukan. Semoga Moms dan Si Kecil selalu bahagia dan bisa melewatkan masa menyusui tanpa hambatan, ya!

Artikel Terkait