2-3 TAHUN
15 Oktober 2020

5 Cara Meningkatkan Sistem Imun Anak selama New Normal

Tingkatkan sistem imun anak dengan cara-cara berikut ini yuk, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Masa new normal menjadi masa transisi dari pandemi menuju kehidupan yang lebih sehat. Kita menjadi lebih concern pada masalah kesehatan, seperti menjaga imun tubuh supaya tetap baik dan tidak mudah sakit.

Begitu juga dengan imun tubuh Si Kecil yang perlu Moms perhatikan, pasalnya walaupun sudah tidak pergi ke sekolah karena diliburkan, terkadang anak masih sering keluar rumah untuk bermain dengan teman sebayanya.

Apalagi, Moms and Dads yang mungkin juga sudah bekerja di kantor dan pulang ke rumah, tidak menutup kemungkinan bisa membawa virus untuk Si Kecil.

Maka dari itu, orang tua diharuskan untuk menjaga tubuh Si Kecil tetap sehat dan tidak mudah terserang virus dan penyakit.

Cara Meningkatkan Sistem Imun Anak selama New Normal

enfagrow essential orami

Foto: Orami Stock Photos

Imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Di mana, imunitas harus tetap dijaga dan didukung dengan baik agar tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Begitu halnya dengan sistem imun anak selama new normal ini yang mungkin sedang bekerja maksimal dalam melindungi tubunya dari penyakit.

Dilansir dari CHOC Children's, sistem imun merupakan kumpulan dari sel dan organ yang akan melindungi tubuh dari berbagai penyakit jahat sepanjang waktu dan terus membuat tubuh menjadi sehat.

Nah, Moms tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara meningkatkan sistem imun anak. Di bawah ini adalah beberapa cara-cara, yuk simak, Moms.

Baca Juga: Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Bayi

1. Memberi Imunisasi

Tips Aman Pergi Imunisasi Bayi di Tengah Pandemi Covid-19

Orami Photo Stock

Di negara Indonesia, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sangat fokus pada pemenuhan hak-hak imunisasi bagi bayi dan balita. Mengutip laman resmi IDAI, dijelaskan bahwa sangat penting bagi orang tua untuk merencanakan kunjungan imunisasi di masa pandemi.

Pada waktu normal, tahun pertama bayi penuh dengan pemeriksaan, penimbangan, dan jadwal vaksin yang padat. Namun, selama pandemi dan new normal berlangsung, mengajak bayi ke fasilitas kesehatan seperti puskesmas, klinik, dan rumah sakit memang saat ini menjadi momok yang menakutkan.

Namun, menunda jadwal vaksin (atau sama sekali tidak memvaksinasi bayi) juga berisiko besar. Bayi dan balita memiliki jadwal pemberian vaksin yang harus dipatuhi, sesuai usia dan kebutuhannya.

Baca Juga: 5 Tips Aman Imunisasi Bayi saat Pandemi, Tetap Waspada!

2. Menjaga Pola Makan

cara meningkatkan sistem imun anak 3.jpeg

Foto: Pixabay.com

Makanan adalah poin penting dan merupakan salah satu cara meningkatkan sistem imun anak yang alami.

Moms bisa membuat makanan yang mampu meningkatkan imun anak dengan bahan-bahan seperti kacang hijau, wortel, stroberi, jeruk, di mana semuanya kaya akan karoten yang merupakan fitonutrien penambah kekebalan tubuh, menurut William Sears, M.D., penulis The Family Nutrition Book.

Fitonutrien dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan interferon tubuh yang melawan infeksi, yaitu suatu antibodi yang melapisi permukaan sel, dan menghalangi infeksi virus.

Hindari memberikan anak makanan kurang menyehatkan seperti junk food atau mie instan karena di dalamnya tidak terdapat kandungan gizi yang baik.

Baca Juga: Ingin Imunisasi Si Kecil? Ketahui Aturan Wajib sebelum Melakukan Vaksinasi

3. Rajin Membersihkan Diri

enfagrow essential orami

Foto: Orami Stock Photos

Selain itu, di masa new normal seperti ini, menjaga kebersihan dengan melakukan perilaku hidup sehat adalah hal utama dalam melawan virus dan berbagai penyakit.

Moms harus selalu memastikan anak mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah melakukan aktivitas di rumah seperti bermain di taman, berolahraga dan sebelum mengonsumsi makanan.

Menurut jurnal yang diterbitkan di American Society for Microbiology, mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun lebih efektif daripada setetes gel hand sanitizer yang belum digosokkan dengan baik.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) juga mengatakan bahwa mencuci tangan harus dilakukan pada waktu berikut ini:

  • Sebelum, selama, dan sesudah memasak atau menyiapkan makanan
  • Sebelum makan
  • Sebelum dan sesudah merawat orang yang sakit
  • Sebelum dan sesudah merawat luka terbuka atau lecet
  • Setelah menggunakan kamar mandi atau toilet
  • Setelah mengganti popok atau membersihkan anak kecil sehabis dari kamar toilet
  • Setelah menyeka hidung, bersin, atau batuk
  • Setelah memegang hewan, memberi makan hewan atau membersihkan kotoran hewan
  • Setelah memegang makanan hewan
  • Setelah menyentuh sampah atau membuang sampah

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Sistem Imun Melawan Bakteri dan Virus di Dalam Tubuh Kita

4. Rutin Berolahraga

cara meningkatkan sistem imun anak 5.jpeg

Foto: Pexels.com

Olahraga menjadi aktivitas menarik yang bisa dilakukan bersama anak dan sebagai salah satu cara meningkatkan sistem imun anak. Selain meningkatkan bonding, dengan olahraga Si Kecil juga jadi lebih aktif dan badannya menjadi lebih sehat.

Namun, dari sekian banyak olahraga yang ada, Moms dapat memilih jenis olahraga yang cocok dilakukan bersama Si Kecil yang tentunya aman dan tetap menyenangkan.

"Olahraga harus menyenangkan. Daripada membuat mereka melakukan latihan yang membosankan, buat olahraga menjadi sebuah permainan bagi mereka," saran Heidi Powell, pelatih kebugaran mengutip Woman's Day.

Beraktivitas di luar rumah pada pagi hari juga membuat Si Kecil terkena sinar matahari yang menyehatkan. Sinar matahari pagi adalah salah satu penghasil vitamin D terbaik yang sanggup untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Baca Juga: Tak Disangka, Ini 5 Keuntungan Jika Anak Sering Bermain di Luar Rumah

5. Memberikan Asupan Nutrisi Tepat

Foto: doc/enfagrow

Enfagrow Essential mampu menjawab kebutuhan orang tua untuk meningkatkan sistem imun anak selama new normal saat ini, dengan kandungan nutrisi yang tepat, yaitu vitamin A, C, E, Zinc, dan Zat Besi yang tinggi.

Selain imunitas, Enfagrow Essential juga memiliki kandungan nutrisi untuk otak yang tinggi, dengan kandungan DHA 25mg/takar saji dan tentunya kandungan Omega-3 & 6 yang tinggi.

Enfagrow Essential hadir dengan rasa Vanila dalam dua tahap, yaitu tahap 3 untuk anak usia 1-3 tahun, dan tahap 4 untuk anak di atas 3 tahun.

Yuk Moms, jaga sistem imun anak dan dukung stimulasinya untuk memastikan nutrisi hariannya terpenuhi dengan Enfagrow Essential.

(ADV)

Artikel Terkait