PERNIKAHAN & SEKS
14 Maret 2019

3 Cara Menjadi Ibu yang Bahagia, Bisa Ditiru!

Moms tidak perlu menargetkan standar yang terlalu tinggi
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Semua orang tentunya ingin bahagia, termasuk Moms bukan? Tapi sayangnya, semakin dewasa kita akan menghadapi banyak masalah, baik kehidupan rumah tangga, anak, keuangan, dan lainnya.

Tahukah Moms, anak juga akan merasakan pancaran perasaan orangtuanya. Makanya jika Moms bahagia, pasti anak juga akan turut menjadi bahagia. Yuk simak cara-cara simpel untuk menjadi ibu yang bahagia yang bisa Moms lakukan!

1. Memperhatikan diri sendiri

gettyimages 544508215

Foto: parents.com

Menjadi seorang ibu merupakan tugas yang tidak mudah. Mau tidak mau, Moms dituntut untuk menjadi serba bisa, mulai dari urusan rumah tangga, anak, sampai pekerjaan.

Coba ingat-ingat kapan terakhir kali Moms mengurus diri sendiri? Menurut psikolog Vera Itabiliana, M.Psi, Moms harus memperhatikan diri sendiri supaya bisa menjadi lebih bahagia.

“Contohnya gampang, ketika di restoran, pesanlah makanan untuk ibu sendiri. Jangan makan makanan sisa anak yang tidak habis. Hargailah diri sendiri karena seorang ibu setiap hari sudah menghabiskan waktunya untuk mengurus orang lain,” jelas Vera saat ditemui di acara diskusi Lazada bertajuk Tantangan Ibu Baru.

Selain saat memesan makanan, Moms juga bisa memperhatikan diri sendiri dengan menyisihkan waktu untuk melakukan hobi atau kegiatan yang disukai.

Misalnya, membaca buku, menonton film, jalan-jalan bersama sahabat, atau perawatan di salon. Berkompromilah dengan suami supaya Moms bisa memiliki waktu untuk diri sendiri.

Baca Juga: 5 Perbedaan Ibu Millennial dan Ibu Zaman Dulu

2. Jangan Mengatur Standar Terlalu Tinggi

identigene happy mom 1000x562

Foto: dnatesting.com

Akibat intensitas memakai media sosial yang tinggi, banyak Moms yang melakukan pencitraan sebagai ibu yang sempurna. Padahal Moms tidak perlu melakukan hal itu, lho.

Standar yang terlalu tinggi akan membuat Moms tertekan dan jadi kurang bahagia. Moms tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan semua hal sendirian, mintalah bantuan jika memerlukannya. Tidak perlu gengsi, ya.

“Tidak perlu menjadi ibu yang sempurna, cukup dengan menjadi ibu yang baik sudah akan membuat anak jadi bahagia,” ujar Vera.

Baca Juga: Memahami Drone Parenting dan Plus Minusnya

3. Bersyukur

mom and daughter with dandelions 1024x682

Menurut Vera, masih banyak orang yang lupa untuk mensyukuri hal-hal baik yang ada di hidup mereka sekarang. “Harus menerima apa yang dipunya sekarang, bersyukur adalah cara paling mudah untuk bahagia,” katanya. Apakah Moms sudah bersyukur hari ini?

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Bikin Kita Bahagia, Yuk Coba!

Nah, itu dia tiga hal yang bisa Moms lakukan untuk jadi ibu yang bahagia. Mari terapkan mulai sekarang!

(INT) 

Artikel Terkait