5 Cara Menjaga Keromantisan Saat Suami Bekerja di Luar Negeri

Hubungan jarak jauh? Bukan berarti tidak boleh romantis
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Hubungan jarak jauh menjadi hal yang menakutkan bagi banyak pasangan, apalagi bagi Moms yang punya suami bekerja di luar negeri.

Rasanya bingung bagaimana cara menjaga keromantisan. Namun, Moms dan pasangan bisa melakukan beberapa hal berikut untuk menjaga keromantisan saat suami bekerja di luar negeri.

Baca Juga: 4 Cara Termanis Berikan Kejutan Ulang Tahun Walau Sedang LDR

1. Letakkan Foto di Banyak Tempat

Suami Bekerja di Luar Negeri

“Kedengarannya konyol, banyak ahli merekomendasikan menampilkan foto Moms dan orang yang dicintai di tempat yang secara teratur berada di area pandang atau di sekitar kita,” ujar Ryan Howes, psikolog klinis.

Menurutnya, menyimpan foto pasangan dalam pandangan membantu menjaga mereka tetap hidup dan dekat dengan Moms.

Moms bisa menaruh foto suami di meja kecil samping tempat tidur atau di meja kerja. Dengan begitu, Moms merasa tetap dekat meski suami bekerja di luar negeri.

2. Jangan Membuat Asumsi

Suami Bekerja di Luar Negeri

Bila berbicara dengan bertemu langsung, kita dapat membaca bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan sejenisnya.

Tapi ketika satu-satunya bentuk interaksi adalah chat, email, dan telepon, sangat mudah untuk membuat asumsi bahwa pasangan Moms nampaknya tidak tertarik atau malas berkomunikasi dengan Moms.

Ingat bahwa saat suami bekerja di luar negeri, Moms tak bisa melihat apa yang sedang dirasakan oleh pasangan. Mungkin saja ia merasa lelah atau ada pikiran yang mengganggu.

“Oleh karena itu, penting untuk tetap memeriksa setiap rasa tidak aman yang mungkin dirasakan seseorang tentang jarak dan sepakat untuk melakukan sesi ngobrol secara teratur satu sama lain agar tidak membuat asumsi yang salah,” tambah Carin Goldstein, ahli terapi pernikahan dan keluarga.

Baca Juga: 5 Artis Indonesia yang Menjalani LDR setelah Menikah

3. Manfaatkan Teknologi

Suami Bekerja di Luar Negeri

Meskipun menjauh dari teknologi penting dilakukan dalam hubungan. Namun, saat Moms berada dalam pernikahan jarak jauh maka gunakan untuk teknologi dengan baik.

Moms bisa gunakan FaceTime atau Skype saat memasak makan malam atau melakukan sesuatu bersama.

Teknologi adalah cara yang bagus untuk membantu meningkatkan keromantisan Moms dan pasangan saat suami bekerja di luar negeri.

4. Tetaplah Bertindak Bahwa Moms dan Pasangan Hidup Berdekatan

Suami Bekerja di Luar Negeri

Jarak yang jauh secara alami menciptakan dua kehidupan yang berbeda. Sangat mudah bagi kehidupan yang berbeda itu untuk menciptakan perpecahan dan pemisahan yang merusak hubungan Moms.

Cobalah bertingkah seperti Moms dan pasangan tinggal di tempat yang sama. Tanyakan pada diri Moms bagaimana akan bertindak jika hidup bersama.

Saat melalui hal yang buruk jangan lupakan suami. Ceritakanlah semua hal yang terjadi hari itu pada suami.

“Menjadikan ini suatu kebiasaan membangun koneksi yang mengatasi perasaan kurang dekat atau terasa jauh yang sangat mungkin muncul saat menjalani hubungan jarak jauh,” tambah Kurt Smith, penasihat dan direktur Guy Stuff Counseling & Coaching.

Baca Juga: 5 Tips Berhubungan Seks untuk Pasangan LDR

5. Selalu Terbuka dan Jujur

Suami Bekerja di Luar Negeri

Banyak pasangan yang tidak jujur dan tidak terbuka saat menjalankan hubungan jarak jauh. Hal ini membuat pasangan cenderung merasa tidak dihargai.

Meski suami bekerja di luar negeri, pastikan pasangan adalah orang yang dijadikan teman diskusi sebelum mengambil keputusan penting.

Maka, penting bagi Moms dan pasangan memperhatikan hal ini. Jangan sampai kondisi jarak jauh mengurangi komunikasi yang telah terjalin dengan baik.

Apakah Moms pernah mengalami hubungan jarak jauh hingga suami bekerja di luar negeri? Apa yang dilakukan untuk menjaga keromantisan?

(GSA/INT)

Artikel Terkait