DI ATAS 5 TAHUN
6 November 2019

5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak yang Bisa Dilakukan Orang Tua

Orang tua sebaiknya memahami pentingnya menjaga kesehatan mental anak
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

World Mental Health Day atau Hari Kesehatan Jiwa Sedunia akan jatuh pada 10 Oktober. Hal ini turut mengingatkan setiap orang bahwa menjaga kesehatan mental itu sama pentingnya dengan merawat kesehatan fisik.

Sebagai orang tua, Moms juga harus memahami kesehatan mental anak bisa mengalami gangguan jika tidak dijaga dengan baik.

Gangguan Kesehatan Mental Anak

59c0fb791a00007100f07643.jpeg

World Health Organization (WHO) menyebutkan, bahwa 10-20 persen dari anak-anak dan remaja di seluruh dunia mengalami gangguan kesehatan mental. Setengah gangguan mental dimulai sejak usia 14 tahun.

Jika tidak segera ditangani, maka kondisi ini memengaruhi perkembangan anak, pendidikan mereka, dan potensi untuk menjalani kehidupan yang produktif.

Gangguan kesehatan mental yang dapat menyerang anak di antaranya adalah depresi, ADHD, gangguan makan, dan gangguan kecemasan.

Namun sayangnya, banyak anak dengan gangguan mental tersebut yang tidak segera ditangani sehingga dapat bertambah parah.

Baca Juga: 4 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental Anak

Hambatan Penanganan Kesehatan Mental Anak

kesehatan mental anak

Dr. Victor Fornari, psikiatri anak dan remaja di rumah sakit Zucker Hillside, New York, mengungkapkan ada beberapa faktor yang menghambat perawatan anak dengan gangguan kesehatan mental.

“Umumnya karena orang tua tidak ingin melakukan diagnosis kepada anak mereka. Mereka juga sering tidak mengakui bahwa anaknya mengalami gangguan mental karena berpikir usia anak masih terlalu muda. Selain itu, kurangnya perawatan kesehatan dan profesional kesehatan mental juga dapat menjadi faktor penghambatnya,” ujar Dr. Victor.

Risiko terkena gangguan kesehatan mental ini dapat dialami oleh siapa saja, termasuk anak kita, Moms. Jadi, sebaiknya cegah gangguan mental pada anak dengan cara-cara yang tepat.

Baca Juga: Mari Perhatikan Kesehatan Mental Anak Sejak Dini dengan 4 Cara Ini

Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak

5 Cara Orang Tua Menjaga Kesehatan Mental Anak

Centers for Disease Control and Prevention memperkirakan setidaknya 1 dari 5 anak mengalami gangguan mental.

Meskipun tidak semua gangguan mental dapat dicegah, namun ada upaya berikut untuk membantu menjaga kesehatan mental anak agar tetap sehat, yaitu:

1. Utamakan Kesehatan Mental Orang Tua

Hal ini penting dan terutama untuk dilakukan. Orang tua dengan kesehatan mental yang baik tentunya akan memiliki anak dengan kondisi yang serupa.

Untuk itu, Moms harus menjaga kesehatan mental dengan baik dan menciptakan lingkungan yang baik serta sehat untuk anak di rumah.

Orang tua dengan kondisi mental yang baik juga mampu mendidik anak dengan lebih disiplin dan hubungan dengan pasangan juga harmonis. Hal ini berdampak baik bagi kondisi psikis anak.

2. Pentingnya Hubungan Kepercayaan

Hubungan anak dengan orang tua harus dibangun dari rasa kepercayaan dan perasaan aman serta nyaman. Hal ini dilakukan agar anak merasa yakin bahwa orang tuanya dapat memenuhi kebutuhan fisik dan emosionalnya.

Jika Moms berjanji suatu hal pada anak, pastikan Moms akan menepati janji tersebut. Kebohongan dapat membuat anak tidak percaya kepada orang tuanya.

3. Membangun Gaya Hidup yang Sehat

Orang tua sebaiknya membangun gaya hidup yang sehat di keluarganya, seperti pola makan sehat, tidur yang cukup, ajarkan kebiasaan berolahraga.

Semuanya itu baik untuk kesehatan fisik, yang nantinya juga berpengaruh pada kondisi kesehatan mental anak.

Baca Juga: Perhatikan dengan Seksama, Ini 4 Tanda Gangguan Kesehatan Mental pada Anak

4. Ajarkan untuk Mengembangkan Kemampuan Diri

Ajarkan anak untuk mengembangkan kemampuan diri agar ia tumbuh menjadi seseorang yang percaya diri. Hal ini bisa menjauhkan anak dari gangguan kesehatan mental.

Ada banyak hal yang Moms bisa lakukan seperti memberikan pujian yang tulus pada anak, mendorong anak untuk punya keterampilan yang baru, dan ajarkan anak untuk mandiri.

5. Bermain Bersama Anak

Luangkan waktu untuk bermain dengan anak. Sebenarnya bukan saja anak, namun orang dewasa, termasuk Moms, memerlukan waktu untuk bermain.

Coba untuk mengesampingkan semua pekerjaan, dan berfokus kepada anak. Tunjukkan pada anak bahwa orang tuanya mau memberikan waktunya untuk mereka.

Itulah hal yang bisa Moms lakukan untuk menjaga kesehatan mental anak. Jikalau pun anak memiliki gejala gangguan pada mentalnya, tidak ada salahnya untuk segera melakukan pemeriksaan agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

(DG)

Artikel Terkait