GAYA HIDUP
12 Juni 2019

Supaya Tidak Cepat Membusuk, Ini Tips Menyimpan Sayur Agar Tetap Segar

Sayuran akan jadi lebih tahan lama!
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Carla Octama

Agar sayur jadi tahan lama, penting bagi Moms untuk mengetahui tips menyimpan sayur dengan benar di kulkas. Masak menggunakan sayuran yang segar membuat masakan jadi lebih nikmat dan lezat.

Ada beberapa sayuran yang sebaiknya tidak disimpan bersamaan dengan buah-buahan tertentu, karena gas etilen yang dikeluarkan dan membuat makanan yang sensitif terhadap gas etilen mempercepat proses pematangan.

Ketahui tips menyimpan sayur supaya tetap segar, dikutip dari Pop Sugar Fitness dan Inhabitat berikut ini.

Baca Juga: 6 Sayuran yang Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Cara Menyimpan Sayur Agar Tetap Segar

sayuran segar-1.jpg

Foto: flickr.com

  • Simpan kentang, bawang, dan tomat di tempat yang sejuk dan kering, dan jangan diletakkan di lemari es. Rasa dingin akan merusak cita rasa sayuran ini.
  • Simpan salad sayuran dan rempah-rempah segar dalam kantong yang berisi sedikit udara dan ditutup rapat.
  • Bungkus seledri dengan aluminium foil dan simpan di tempat sayuran di lemari es.
  • Jenis produk lain seperti wortel, selada, dan brokoli mulai rusak begitu dipetik, jadi letakkan ini di kantong plastik terpisah di rak di kulkas secepatnya, pastikan kulkas kering kering karena kelembapan bisa mempercepat perusakan.
  • Jika Moms suka mencuci, mengeringkan, dan memotong sayuran sekaligus, simpan dalam wadah kaca tertutup yang dilapisi handuk kertas. Hal ini untuk menjaga kelembapannya.

Baca Juga: Tidak Sembarangan, Ini Manfaat 9 Sayuran Lalapan Sunda

sayuran segar-2.jpg

Foto: flickr.com

  • Sayuran hijau harus dikonsumsi dalam 1-2 hari setelah dibeli, tetapi jika hendak menyimpan sayuran agar tetap segar, bungkus sayuran hijau yang tidak dicuci dengan handuk kertas. Ini untuk menyerap kelebihan air yang bisa membuat sayuran hijau membusuk cepat.
  • Jika sayuran sudah mulai terlihat layu karena suhu dingin kulkas, segarkan kembali dengan merendamnya dalam air es. Letakkan daun dalam mangkuk besar air es selama satu atau dua menit.

Nah, itu dia tips menyimpan sayuran agar tetap segar dan tidak cepat membusuk. Bisa membuat masakan lebih lezat dan penuh dengan nutrisi.

(AP/CAR)

Artikel Terkait