ORAMI MAGAZINE
26 November 2019

Cara Menjelaskan Perubahan Cuaca Pada Anak

fokus ke hal positif, libatkan anak, tenangkan anak, ajarkan cara mengatasi
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, belakangan ini perubahan cuaca memang kerap dirasakan. Hal ini merupakan salah satu efek dari pemanasan global yang melanda bumi beberapa tahun terakhir.

Greta Thunberg, Swedish Environmental Activist on Climate Change, pernah memperlihatkan bagaimana ia menginspirasi anak-anak untuk peduli dengan perubahan iklim.

Greta menjadi sangat nyata mengenai seluruh situasi perubahan iklim dengan mengakui kemungkinan kematian yang meluas, kemungkinan kepunahan manusia, cuaca ekstrem, dan perubahan suhu yang masif.

Ini bisa menjadi pekerjaan rumah bagi orangtua untuk mengetahui soal apa yang dipikirkan anak-anak tentang ini, dan bagaimana caranya menjelaskan perubahan cuaca pada anak-anak?

Baca Juga: Menjelaskan Menstruasi Pada Anak Perempuan

Ternyata anak-anak ingin tahu dan lebih memperhatikan daripada yang kita harapkan. Mereka tahu tentang perubahan iklim dan namun tidak memiliki semua fakta.

Hal ini dapat menyebabkan kecemasan pada beberapa anak lho Moms, karena mereka memiliki kekhawatiran dan ketakutan seperti kita semua.

Sebagai orang tua, Moms dapat membantu meredakan kecemasan ini dengan membuat percakapan terus mengalir dan memastikan Si Kecil tidak hanya mendapatkan informasi, tetapi juga baik-baik saja dengan semua itu dengan menjelaskan perubahan cuaca pada anak.

Setiap anak berbeda dan menerima informasi secara berbeda pula. Anak-anak yang cenderung cemas dan mereka yang lebih sensitif, mungkin mengalami masa tersulit.

Lalu, bagaimana caranya menjelaskan perubahan cuaca pada anak yang mudah dimengerti?

Melansir dari babygaga, berikut cara berbicara dengan Si Kecil perihal perubahan cuaca:

1. Fokus pada Hal-Hal Positif

menjelaskan perubahan cuaca pada anak

Foto: pixabay

Moms, saat Si Kecil mulai menanyakan perihal perubahan cuaca yang terjadi, tanggapi dengan minta dirinya untuk fokus ke hal-hal yang positif.

Minta Si Kecil untuk tidak terus membicarakannya, namun mintalah Si Kecil untuk mengalihkan perubahan cuaca yang terjadi dengan melakukan hal yang positif.

Misalnya dengan menggunakan barang-barang daur ulang yang ramah lingkungan.

Hal itu merupakan salah satu hal positif yang bisa dilakukan oleh Si Kecil dan cara tepat untuk menjelaskan perubahan cuaca pada anak.

Baca Juga: 7 Cara Menjelaskan Hari Valentine Pada Anak

2. Libatkan Peran Si Kecil

menjelaskan perubahan cuaca pada anak

Foto: pixabay

Moms, jika Si Kecil sudah mulai merasa akan perubahan cuaca, maka Moms bisa langsung melibatkan Si Kecil untuk berpartisipasi dalam gerakan mencintai lingkungan yang ada di sekitar Moms.

Ajak Si Kecil untuk ikut serta dalam menandatangani petisi gerakan untuk mengurangi pemanasan global. Peran Si Kecil yang tidak langsung ini dapat memicu semangatnya untuk mencintai alam sekitar.

3. Tenangkan Perasaan Si Kecil

menjelaskan perubahan cuaca pada anak

Foto: pixabay

Moms, jika Si Kecil mulai khawatir dengan perubahan cuaca yang terjadi di bumi, maka Moms bisa membantu menenangkan perasaannya dan Moms bisa menjelaskan perubahan cuaca pada anak.

Cobalah untuk mengurangi rasa khawatir yang timbul pada diri Si Kecil. Si Kecil biasanya takut akan masa depan yang akan ia hadapi saat perubahan cuaca terjadi. Sebagai orangtua, Moms bisa untuk menenangkan perasaan Si Kecil.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menjelaskan Bullying Pada Anak?

4. Ajarkan Cara Mengatasi

menjelaskan perubahan cuaca pada anak

Foto: pixabay

Moms, salah satu hal yang dapat Moms bicarakan dengan Si Kecil saat ia mulai menanyakan perihal perubahan cuaca adalah dengan mengajarkannya cara mengatasi perubahan iklim.

Salah satunya dengan terus mencintai bumi dengan melakukan hal-hal yang tidak berdampak dengan pemanasan global.

Itu dia Moms, cara menjelaskan perubahan cuaca pada anak yang baik dan benar. Lakukan yuk Moms, sudah mulai masuk musim penghujan nih!

Artikel Terkait