DI ATAS 5 TAHUN
8 Maret 2019

5 Cara Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Anak

Bantu anak raih sukses di masa depan
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Walau tidak semua anak akan menjadi CEO atau entrepreneur, menumbuhkan jiwa kepemimpinan anak akan membantu membangun karakter dan pola pikir yang tepat untuk meraih apapun cita-citanya kelak, seperti:

- Menghadapi tantangan sulit dengan perencanaan dan strategi.

- Menemukan solusi dan memecahkan masalah secara kreatif.

- Berpikir kritis dan logis.

- Berkomunikasi dan menjalin hubungan baik dengan orang di sekitar.

- Memotivasi diri sendiri.

Nah, berikut adalah beberapa kiat yang bisa Moms dan Dads jadikan panduan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan anak.

Baca Juga: 5 Cara Mengenali Kelebihan Anak agar Tumbuh Cerdas dan Percaya Diri

1. Libatkan Dalam Kegiatan Sukarela

5 kiat menumbuhkan jiwa kepemimpinan anak 1

Untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan anak, Moms perlu mulai mengajak buah hati melakukan aktivitas yang dapat membangun rasa tanggung jawab, komitmen, serta kontribusi aktif untuk lingkungan sekitarnya.

Salah satu aktivitas yang efektif untuk menumbuhkan semua nilai tadi adalah dengan mengajaknya menjadi sukarelawan. Itu pun tidak perlu langsung berupa hal besar kok, Moms.

Ajak saja Si Kecil untuk memperhatikan kondisi lingkungan, lalu dorong dia untuk melakukan sesuatu yang positif bersama orang lain, seperti mengajak warga membersihkan halaman rumah tetangga lansia atau membuat biopori di taman lingkungan bersama teman sebayanya.

Setelah selesai, ajak anak untuk mengevaluasi apa yang sudah dilakukannya agar tahu apa yang bisa dia lakukan dengan lebih baik lagi di masa depan.

2. Berkomunikasi Dengan Anak Seperti Orang Dewasa

5 kiat menumbuhkan jiwa kepemimpinan anak 2

Tahu tidak Moms, kalau membiasakan berkomunikasi dengan anak sebagai pribadi yang bertanggung jawab dan memiliki pemikiran sendiri juga dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan anak?

Walau masih muda, Moms bisa kok mengajak buah hati berdiskusi atau meminta sarannya tentang gaya hidup sehat, literasi keuangan, perubahan iklim, dan berbagai topik lainnya.

Selain akan memperluas wawasan dan pola pikirnya, cara ini juga membiasakan buah hati untuk mengungkapkan pendapat dan pemikirannya dengan baik.

Baca Juga: Kenali 3 Tanda Anak Mengalami Kesulitan Belajar di Sekolah

3. Melibatkan Anak Dalam Keputusan Keluarga

5 kiat menumbuhkan jiwa kepemimpinan anak 3

Mendorong anak untuk mengambil keputusan dengan pertimbangan matang adalah salah satu bagian penting dalam menumbuhkan jiwa kepemimpinan anak.

Mulailah dengan keputusan sederhana yang sesuai usianya serta tidak menimbulkan konsekuensi fatal, seperti menentukan tujuan liburan selanjutnya, mengatur jadwal ekstrakurikuler, atau mendekorasi ulang rumah.

Jangan lupa, ingatkan anak untuk mempertimbangkan berbagai hal terkait seperti waktu, biaya, tempat, perlengkapan, maupun kebutuhan khusus dari setiap anggota keluarga lain.

4. Memberikan Banyak Pertanyaan

5 kiat menumbuhkan jiwa kepemimpinan anak 4

Jiwa kepemimpinan juga berkaitan erat dengan kemampuan anak dalam berpikir kritis serta melihat masalah dari berbagai sudut pandang.

Nah, cara termudah untuk mengembangkannya adalah dengan sering memberikan banyak pertanyaan yang mendorong anak untuk berpikir lebih aktif dan strategis, seperti:

- “Kenapa itu bisa terjadi, ya?”

- “Menurutmu apa yang jadi masalahnya?”

- “Apa ada cara lain untuk melakukannya?”

- “Kira-kira, apa yang akan terjadi kalau kamu melakukan A atau B?”

- “Menurutmu apa pilihan terbaik yang selanjutnya?”

Baca Juga: 5 Cara Agar Anak Mau Bercerita Tentang Kegiatan di Sekolah

5. Ajarkan Cerdas Dalam Berteman

5 kiat menumbuhkan jiwa kepemimpinan anak 5

Mendorong anak untuk bergaul dengan orang dari latar belakang, pemikiran, serta gaya hidup yang berbeda memang dapat membantu anak menjadi pribadi yang lebih luwes bergaul.

Tapi bagaimana kalau ingin menumbuhkan jiwa kepemimpinan anak? Moms bisa mengajarkannya untuk cerdas dalam berteman, di antaranya dengan cara:

- Tidak memberikan label negatif pada orang lain.

- Jeli membaca bahasa tubuh atau isyarat non-verbal.

- Menghargai batasan pribadi orang lain.

- Tidak gampang percaya dengan janji dan cerita orang lain.

- Tetap memegang teguh pendirian serta nilai pribadinya.

Selain mengikuti kiat di atas, tentu saja Moms dan Dads juga harus konsisten memberikan dukungan dan contoh nyata agar jiwa kepemimpinan anak terus berkembang.

Apa Moms tahu, aktivitas apa saja yang bisa menumbuhkan jiwa kepemimpinan anak?

(WA)

Artikel Terkait