KESEHATAN
15 Agustus 2020

Ini 5 Cara Merawat Bulu Mata Agar Tetap Sehat

Ternyata, ada beberapa cara untuk merawat bulu mata agar tetap lentik dan sehat, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms, tampilan bulu mata yang lentik dan indah tentunya akan mempercantik diri, ya. Maka dari itu, berbagai jenis maskara bisa dipilih.

Selain itu, kini ada teknik eyelash extension yang mempermudah Moms mendapatkan bulu mata lentik dengan instan. Namun, hal yang sering dilupakan adalah menjaga kesehatan bulu mata itu sendiri.

Jarang membersihkan maskara bisa membahayakan kesehatan bulu mata. Sama halnya dengan tidak memerhatikan kesehatan bulu mata saat memakai eyelash extension bisa membuat bulu mata rontok dan tidak terawat.

“Jangan sampai lupa membersihkan maskara sebelum tidur, karena bisa membahayakan kesehatan mata itu sendiri. Selain iritasi dan infeksi, fatalnya bisa mengakibatkan luka permanen pada kelopak mata. Jadi, dampaknya bukan saja pada buku mata,” ujar Dr. Dana Robaei, konsultan dokter mata di Forest Eye Surgery, Sydney, mengutip Metro UK.

Lantas, sebenarnya bagaimana cara merawat pada bulu mata yang bisa Moms lakukan? Ini ulasan selengkapnya.

Baca Juga: 5 Cara Menebalkan Bulu Mata dengan Mudah

Cara Merawat Bulu Mata

Merawat bulu mata penting agar ia dapat tumbuh dengan sehat, tidak mudah rontok, dan tentunya mempercantik tampilan wajah. Nah, berikut ini beberapa cara untuk merawat bulu mata, yaitu:

1. Gunakan Pembersih yang Lembut

merawat bulu mata-4.jpg

Foto: lorealparisusa.com

Jangan lupa bersihkan area mata saat sedang membersihkan wajah, sebagai cara merawat bulu mata. Pastikan Moms menggunakan pembersih yang lembut.

Jika sebelumnya memakai makeup, sebaiknya gunakan pembersih makeup khusus area mata.

“Demi menjaga kesehatan bulu mata, cari pembersih yang direkomendasikan khusus untuk mata. Bersihkan area mata dengan lembut untuk menghilangkan kotoran dan sisa makeup. Pastikan juga tidak menarik bulu mata terlalu banyak saat membersihkan makeup,” ungkap Clementina Richardson, ahli bulu mata selebriti dan pendiri dari Envious Lashes di New York, mengutip Huffington Post.

2. Perawatan saat Memakai Eyelash Extension

merawat bulu mata-3.jpg

Foto: freepik.com

Jika Moms ingin memakai eyelash extension sebenarnya bukan masalah, apabila tetap fokus dan melakukan cara merawat bulu mata dengan baik.

“Cara untuk menjaga mata tetap aman, maka bulu mata harus diaplikasikan oleh ahli kecantikan yang berpengalaman dalam lingkungan sanitasi yang baik. Selain itu, pastikan bahan kimia yang digunakan aman untuk kulit,” ungkap Dr. Rebecca J. Taylor, dokter mata dari Nashville.

American Academy of Ophthalmology mengungkapkan prosedur eyelash extension memang disertai risiko, seperti infeksi kelopak mata, reaksi alergi terhadap lem, dan bulu mata yang rontok. Untuk itu, hindari menggosok atau menarik bulu mata saat masih memakai eyelash extension. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada folikel bulu mata.

Baca Juga: Malas Membersihkan Makeup Memicu Timbulnya Kutu Bulu Mata?

3. Memakai Serum Bulu Mata

merawat bulu mata-1.jpg

Foto: maybeauty.co.uk

Sebenarnya, kelenjar di kelopak mata secara alami akan melumasi bulu mata, sehingga serum tidak dibutuhkan. Namun, apabila ingin melentikkan bulu mata, maka penggunaan serum tidak ada salahnya.

Sebagai langkah cara merawat bulu mata, setelah memastikan bulu mata bersih, Moms bisa menggunakan serum pelembap bulu mata. Tujuannya untuk melentikkan dan menjaga bulu mata agar lebih sehat dan semakin tebal.

4. Memerhatikan Kedaluwarsa Makeup

merawat bulu mata-2.jpg

Foto: lashfactory.com

Jika sehari-hari Moms menggunakan maskara, maka sebaiknya perhatikan tanggal kedaluwarsa dan lama produk yang digunakan untuk cara merawat bulu mata.

Sebaiknya ganti maskara setidaknya setiap tiga bulan lamanya. Hal ini untuk mencegah bulu mata terasa kering karena maskara dan menurunkan risiko tertularnya bakteri ke atau di sekitar mata.

Baca Juga: Ada 6 Jenis, Yuk Selalu Memilih Maskara Sesuai Jenis Bulu Mata!

5. Konsumsi Suplemen

5 Cara Merawat Bulu Mata agar Tetap Sehat-5.jpg

Foto: allure.com

Selain perawatan dari luar, Moms juga harus memerhatikan pola makan yang sehat termasuk protein, buah-buahan, sayuran, dan zat besi yang cukup untuk memelihara bulu mata tetap sehat.

Selain itu, Moms juga dapat mengonsumsi suplemen biotin untuk merangsang pertumbuhan bulu mata. Biotin meningkatkan fondasi keratin untuk menghentikan kerontokan rambut, yang akhirnya hal ini juga berpengaruh pada pertumbuhan bulu mata.

Itu dia Moms, cara mudah merawat bulu mata yang bisa dilakukan.

Artikel Terkait