BAYI
12 Agustus 2020

Cara Merawat Rambut Bayi Baru Lahir Ada Caranya, Intip di Sini!

Saat merawat rambut bayi baru lahir, Moms tidak boleh terlalu berlebihan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kondisi rambut bayi baru lahir ternyata berbeda-beda. Tidak semua terlahir botak, beberapa juga ada yang memiliki rambut tebal.

Tidak ada yang benar-benar tahu mengapa beberapa bayi dilahirkan dengan rambut yang berbeda, meskipun para ahli percaya itu ada hubungannya dengan hormon ibu dan genetik.

Moms juga tidak perlu kaget. Banyak bayi baru lahir yang rambutnya hilang atau rontok. ini biasanya terjadi dalam enam bulan pertama. Ini adalah respons fisiologis yang normal.

Beberapa ahli mengaitkannya dengan penurunan hormon kehamilan dan memulai fase yang disebut "telogen" di beberapa bagian kulit kepala. Untungnya, dalam fase telogen ini rambut bayi juga cepat tumbuh kembali.

“Sering kali bayi akan mendapatkan titik botak di bagian belakang kepala mereka: Itu hanya gesekan yang membuat rambut lebih cepat keluar. Bayi dilahirkan untuk menjadi makhluk yang ulet. Dibutuhkan banyak untuk menyebabkan kerusakan. Jangan khawatir," kata Sarah Stampflee, asisten manajer perawat di NICU Rumah Sakit Randall Children di Portland, Oregon.

Baca Juga: 6 Mitos dan Fakta Menarik Seputar Merawat Rambut Bayi

Moms bisa membantu merawat rambut bayi baru lahir agar tetap sehat dan kuat dengan beberapa cara ini:

Cara Merawat Rambut Bayi Baru Lahir Saat Mandi

Merawat Rambut Newborn Ada Caranya Intip di Sini -1.jpg

Foto: Momjunction.com

Selama bulan-bulan pertamanya, jangan mencuci rambut bayi setiap hari. Usahakan untuk keramas dengan cepat saat memandikan Si Kecil.

Pijatlah kulit kepala bayi dengan lembut saat keramas dan usahakan shampo dan air tidak masuk ke dalam mata bayi.

Memijat kulit kepala terlalu cepat dapat membuat folikel rambut tertekan dan mempercepat kerontokan atau kerusakan rambut.

Sarah menjelaskan, beberapa bayi tidak suka sesuatu dituangkan ke atas kepala mereka. “Ambil saja waslap dan taruh sedikit sabun di atasnya dan cuci dengan lembut. Bilas dengan lembut. Beberapa bayi lebih suka air hangat itu dituangkan di atasnya. Baca isyarat bayi. Jika bayi tidak menyukainya, cobalah sesuatu yang berbeda," kata dia.

Moms juga harus memperhatikan jenis shampo yang akan digunakan pada rambut bayi saat keramas. Shampo yang direkomendasikan adalah yang bebas parafin, wewangian, lateks, dan juga menghindari mata dan kulit yang iritasi dan untuk mencegah bayi terpapar bahan kimia.

“Semua shampo yang baunya sangat enak sayangnya mungkin tidak terbaik untuk bayi Anda, karena itu menambah aroma yang merupakan bahan kimia tambahan,” jelas Stampflee.

Baca Juga: Kapan Sebaiknya Rambut Bayi Dipotong untuk Pertama Kalinya?

Tips Cara Merawat Rambut Bayi Baru Lahir Sesuai Jenis Rambutnya

Karena setiap bayi memiliki ketebalan rambut yang berbeda-beda, berikut ini tips cara merawat rambut bayi baru lahir dengan beberapa langkah mudah yang bisa Moms lakukan.

1. Bayi Tidak Memiliki Rambut

merawat rambut bayi-botak

Foto: Orami Stock Photos

Mengutip Parents, jika Si Kecil tidak memiliki rambut saat baru lahir, Moms tetap harus memberikan sampo dua kali seminggu untuk menghindari cradle cap yang merupakan kondisi bersisik pada kulit kepala.

Untuk bisa melindungi kulit kepala bayi dari paparan sinar matahari, sangat penting bagi bayi untuk selalu mengenakan topi atau pelindung kepala lain yang menutupi kepala dengan optimal.

Baca Juga: Tips Merawat Rambut Bayi Baru Lahir Agar Sehat dan Lebat

2. Rambut Bayi Tipis

merawat rambut bayi-rambut tipis

Foto: Orami Stock Photos

Selain Moms diwajibkan rutin membersihkan rambut dan kulit kepala menggunakan sampo, jangan lupa untuk menyisir rambutnya dengan lembut dan merapikan gumpalan yang jatuh ke telinga atau mata bayi.

Untuk anak laki-laki, Moms bisa memotongnya tipis untuk menjaga rambutnya tetap pendek dan mudah diatur. Sementara, untuk anak perempuan bisa dibiarkan rambutnya tumbuh panjang sehingga tampak lebih menggemaskan.

3. Rambut Bayi Tebal dan Keriting

merawat rambut bayi-keriting.jpg

Foto: pixy.org

Untuk merawat rambut bayi yang tebal dan keriting, Moms bisa mengolesi kondisioner atau baby oil setelah keramas seminggu sekali jika Si Kecil memiliki rambut yang sangat kering.

Sisir rambut keriting Si Kecil secara lembut, dari akar ke arah keluar. Bagi anak dengan rambut keriting, mungkin akan lebih mudah jika memotong pendek rambut Si Kecil.

Baca Juga: 4 Cara Alami Mengatasi Kutu Rambut Bayi

4. Rambut Bayi Tebal dan Lurus

merawat rambut bayi-lebat lurus

Foto: Orami Stock Photos

Tidak dapat disangkal, bahwa bayi dengan rambut tebal sangatlah lucu dan menggemaskan. Tetapi, Moms juga harus rajin dalam merawat rambut bayi yang tebal dan lurus, salah satunya rutin mencuci dengan sampo.

Mengutip Indian Journal of Dermatology, sampo tidak hanya membersihkan kulit kepala dan rambut, namun juga berfungsi untuk merawat dan memperindah rambut dan membantu mengatasi berbagai masalah pada kulit kepala.

Sikatlah rambut dengan perlatah dan lembut, supaya tetap menjaga rambutnya halus dan berkilau. Jika tidak ingin terlalu ribet, Moms bisa memotong rambut Si Kecil untuk memberikan penampilan yang tak kalah menggemaskan.

Walaupun mencuci rambut penting, tetapi jangan terlalu sering ya Moms. Mengutip Cleveland Clinic, terlalu sering mencuci rambut, dapat membuat rambutnya kering, rapuh dan rusak.

Perhatikan Detail Saat Merawat Rambut Bayi Baru Lahir

Merawat Rambut Newborn Ada Caranya Intip di Sini -2.jpg

Foto: Shutterstock.com

Cara merawat rambut bayi baru lahir tidak hanya dilakukan saat pada waktu mandi. Setelah itu, Moms harus mengeringkannya dengan tepat.

Jangan lupa untuk menggunakan sikat atau sisir yang lembut untuk menjaga rambut agar tidak kusut saat tumbuh, dan tidak sulit diatur.

Jika rambut Si Kecil bertambah panjang, kusut adalah hal yang tidak terhindarkan. Moms harus berhati-hati saat menyisirnya, karena aka nada beberapa simpul yang akan menyakiti Si Kecil jika tidak disisir dengan tepat.

Pilih sisir rambut yang memiliki sikat berbulu lembut atau sisir bergigi lebar yang tidak akan tersangkut kusut atau menarik rambut bayi.

“Banyak makanan, ingus, benda-benda yang bisa menempel di rambut mereka. Jadi beberapa orang tua memilih untuk mencuci cepat untuk mengatasi simpul. Dengan rambut yang lebih panjang, Anda bisa memulainya dari bawah dan ini cenderung bekerja sedikit lebih baik. Tetapi untuk bayi, benar-benar tidak ada cara yang bagus," kata dia.

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Rambut Bayi Lebat Saat Lahir

Ini juga berlaku untuk bayi dengan rambut yang lebih tebal dan lebih keriting. Meski Moms harus lebih sering menyisir rambutnya dan lebih berhati-hati, Moms tidak boleh menyisir rambut ketika kering. Tambahkan pelembab alami untuk mencegah rasa sakit dan kekusutan ekstra.

Jika bayi perlu trim cepat agar terlihat rapi, lakukan saja. Lakukan saja ketika bayi cukup istirahat dan makan agar bayi tidak terlalu rewel. Moms juga bisa memberikan mainan favorit Si Kecil untuk mengalihkan perhatiannya.

Cukup lakukan dengan konsisten saat merawat rambut bayi baru lahir ini, dan Si Kecil akan tumbuh dengan rambut yang luar biasa.

Artikel Terkait