RUPA-RUPA
23 Juni 2019

Jangan sampai Salah, Ini Cara Mudah Menanam Buah Naga

Cocok untuk mengisi waktu luang ibu di rumah
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menghiasi kebun dengan beraneka ragam bunga yang cantik-cantik akan menghadirkan perasaan bahagia tersendiri, terutama bagi para ibu. Apalagi jika kita adalah ibu rumah tangga, yang kesehariannya hanya mengurus anak dan rumah saja.

Menambah kegiatan bercocok tanam dan merawat tanaman di rumah bisa dijadikan sebagai kegiatan asik untuk mengisi waktu luang ibu.

Jika tertarik, Moms bisa nih mencoba menanam buah naga yang terkenal enak dan kaya akan manfaat. Walaupun terlihat agak sulit, sebenarnya tidak terlalu susah kok. Moms bisa menanam buah ini di bagian kebun rumah karena ukuran pohonnya yang lumayan besar.

Seperti apa cara mudah menanam buah naga? Yuk perhatikan hal-hal berikut ini Moms.

Baca Juga: 6 Cara Menanam Mawar di Rumah Supaya Kebun Tampak Cantik

1. Memilih Bibit Buah Naga

1200-637848754-laden-dragon-fruit.jpg

Foto: Gardenerdy.com

Cara mudah menanam buah naga yang pertama adalah memilih buah naga. Buah naga bisa diperbanyak dengan cara generatif maupun vegetatif.

Cara generatif yang dimaksud di sini adalah memperbanyak tanaman buah naga dari biji buah tersebut. Namun cara ini sedikit lebih sulit, makanya cara vegetatif lebih banyak dipakai dan cepat menghasilkan buah.

Ambil bibit buah naga dengan melakukan stek pada batang yang sudah pernah berbuah. Pilih batang berwarna hijau dan sehat, keras, tua, dan memiliki diameter minimal 8 cm.

Setelahnya potong batang dengan panjang 80-120 cm. Sisakan sekitar 20%, kemudian sisanya dijadikan bibit tanaman dengan panjang 20-30 cm.

Bagian atas potong rata dan bagian bawah untuk ditanam, potong runcing. Agar tidak terserang jamut, bibit sebaiknya dicelupkan dulu dalam fungisida.

2. Memilih Lokasi Tanam

1200-502129732-dragon-fruits-on-tree.jpg

Foto: Guildfordgardencenter.com.au

Cara mudah menanam buah naga yang selanjutnya adalah memilih lokasi tanam. Buah naga dapat tumbuh dengan subur di daerah tropis, dengan ketinggian 0-300 meter di atas permukaan laut, dan memiliki curah hujan sekitar 720 mm per tahun. Selain itu pohon buah naga cocok untuk daerah ladang yang bila hujan selesai, tidak menggenang.

Sebaliknya lokasi tanam yang terlalu basah dan kurang mendapat sinar matahari, justru akan membuat pohon buah naga mengalami kebusukkan pada batangnya. Nah, dari sini Moms bisa mengira-ngira kan lokasi penanaman yang cocok?

Baca Juga: Yuk Berkebun! Begini Cara Menanam Cabai Sendiri di Rumah

3. Membuat Tiang Panjat

dragon fruit2.jpg

Foto: Gardenerdy.com

Cara mudah menanam buah naga yang selanjutnya adalah membuat tiang panjat. Tiang panjat dibutuhkan untuk menopang batang pohon buah naga agar tidak mudah roboh. Moms bisa membuatnya dari kayu atau bambu yang cukup kuat.

Tiang panjat harus ditanam ke dalam tanah sedalam 50 cm agar tiang dapat berdiri dengan kokoh dalam menopang pertumbuhan pohon buah naga.

Tiang panjat diperlukan untuk menopang batang pohon buah naga agar tidak mudah roboh. Buatlah secara berbaris dengan jarak 2 meter antar tiang dan 3 meter antar baris.

4. Membuat Lubang Tanam

growing-dragon-fruit-2.jpg

Foto: Kohsamuisunset.com

Cara mudah menanam buah naga yang selanjutnya adalah membuat lubang tanam. Tahap selanjutnya untuk menanam buah naga adalah membuat lubang tanam. Perlu diperhatikan, setiap tiang panjat dikelilingi 4 buah lubang tanam, dengan ukuran 50x50 cm dan kedalaman 25 cm.

Kemudian isi lubang tersebut dengan pupuk, tanah, pasir, dan kapur pertanian jika tersedia. Siram lubang hingga basah, namun jangan sampai menggenang.

Setelahnya diamkan lubang hingga kering karena sinar matahari. Setelah 2-3 hari, taburkan pupuk TSP secukupnya melingkari tiang. Diamkan lagi selama satu hari, baru terakhir Moms boleh mulai menanam buah naga dengan menancapkan batangnya.

Baca Juga: 4 Tips Menanam dan Merawat Tanaman Buah di Dalam Pot (Tabulampot)

5. Menanam Buah Naga

dragon-fruit-1.jpg

Foto: Gardeningknowhow.com

Cara mudah menanam buah naga yang selanjutnya adalah menanamnya. Cara menanam buah naga dengan menancapkan batang pohon buah naga yang sudah dipotong tadi, lalu timbun dengan tanah sambil dipadatkan. Ingat, empat batang buah naga membutuhkan satu tiang panjat. Tanam dengan jarak 10 cm dari tiang.

Setelah ditanam, ikat batang tersebut supaya menempel pada tiang panjat. Jangan terlalu kuat, agar pohon buah naga nantinya masih memiliki ruang gerak dan tidak mengganggu bibit buah naga lainnya. Potong tunas baru apabila bercabang sebelum mencapai puncak tiang panjat.

Moms, itu dia beberapa cara mudah menanam buah naga. Selamat mencoba di rumah Moms!

Artikel Terkait