BALITA DAN ANAK
10 Juli 2020

Bermanfaat bagi Anak, Ini 5 Cara Nikmat Menyajikan Buah Naga

Sajikan buah naga dengan cara-cara nikmat di bawah ini agar anak lebih semangat mengonsumsinya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Siapa yang tidak kenal dengan buah naga? Selain karena kelezatannya, buah naga juga dipercaya mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Si Kecil.

Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan. Keunikan bentuk buah naga juga menjadi daya tarik sendiri sehingga banyak disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Cara Nikmat Menyajikan Buah Naga

Dilansir dari Cleveland Clinic, buah naga memiliki banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat, termasuk karotenoid yang dapat mengurangi risiko kanker, lycopene yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, dan vitamin C yang dapat membantu tubuh menyerap zat besi serta meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Cara nikmat menyajikan buah naga sendiri beragam, lho, tidak hanya bisa langsung dimakan begitu saja. Berikut ini 5 cara nikmat menyajikan buah naga agar Si Kecil lebih senang dan tidak bosan mengonsumsinya.

1. Smoothies

cara nikmat menyajikan buah naga 1.jpg

Foto: Pixabay.com

Mau cara baru untuk mengonsumsi buah naga, kenapa tidak coba untuk membuatnya jadi smoothies, Moms? Campurkan beberapa potong buah naga ke dalam smoothie santan stroberi. Selain akan semakin kaya rasa, cara menikmati buah naga ini akan lebih disukai Si Kecil, Moms.

Jika ingin menarik, Moms bisa menambah garnish sayuran hijau. Sedangkan jika ingin ditambah rasa manis, Moms bisa tambahkan madu. Rasanya pasti menyegarkan sekali.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Balita, Segar dan Bernutrisi

2. Salad Buah

cara nikmat menyajikan buah naga 2.png

Foto: Pexels.com

Saat musim panas, mengonsumsi salad buah adalah pilihan yang tepat. Campur buah naga dengan buah-buahan lain dalam satu mangkuk, misalnya saja dengan buah jeruk, kiwi, anggur, semangka, apel, dan pir.

Moms pun bisa menambahkan buah naga dengan sayur-sayuran hijau untuk menciptakan salad yang lebih kaya rasa, lho. Tekstur buah naga yang lembut sangat cocok sebagai penambah rasa manis dalam hidangan salad.

Dengan bahan yang sangat mudah ditemukan, salad juga begitu mudah dibuat di rumah untuk camilan bersama Si Kecil.

3. Puding

cara nikmat menyajikan buah naga 3.jpg

Foto: Freepik.com

Makanan manis lainnya yang bisa dibuat dengan buah naga adalah puding. Si Kecil pasti menyukai puding kan, Moms? Cara membuat puding buah naga pun sangat mudah, lho.

Pertama, siapkan bahan-bahannya terlebih dulu, yakni buah naga yang dihaluskan, bubuk agar-agar, susu, dan gula.

Masak bubuk agar-agar dengan air hingga mendidih, lalu masukkan buah naga yang sudah dihaluskan, dan aduk hingga tercampur rata. Untuk menambah rasa manisnya, Moms bisa tambahkan sedikit gula dan susu.

Setelah matang dan tercampur, tuang adonan ke dalam cetakan dan masukkan ke dalam lemari es. Hidangkan setelah puding mengeras. Mudah, bukan?

Baca Juga: 5 Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan Anak

4. Garnish

cara nikmat menyajikan buah naga 4.jpg

Foto: Freepik.com

Buah naga tidak selalu dijadikan hidangan utama tapi bisa juga sebagai garnish, lho. Misalnya saja sebagai garnish dalam sajian ikan salmon, tuna, atau makanan lainnya.

Caranya, campurkan buah naga yang dicincang halus dengan nanas dan minyak zaitun. Jangan lupa daun ketumbar dan air jeruk nipis untuk membuatnya semakin segar.

5. Sajikan dengan Es Krim

cara nikmat menyajikan buah naga 5.jpg

Foto: Freepik.com

Cara menikmati buah naga yang terakhir sangat cocok untuk dijadikan makanan penutup Si Kecil, nih. Cukup haluskan buah naga dan masukkan dalam sebuah gelas, lalu taruhlah es krim di atasnya. Kombinasi rasa manis dari buah naga dengan es krim akan menyatu dengan sempurna dan begitu meleleh di lidah

Selain karena kelezatan yang berlipat, menghidangkan buah naga dengan es krim ini sangat mudah dan cepat. Si Kecil juga pasti sangat menyukainya. Jangan lupa campurkan buah naga dengan es krim rasa kesukaan Si Kecil, ya.

Baca Juga: Cari Tahu Porsi Es Krim yang Tepat Untuk Anak

Dilansir dari Food Revolution Network, buah naga sangat menyenangkan untuk dimakan baik anak-anak maupun orang deasa. Tekstur dan rasanya menawarkan nutrisi dan sensasi yang mengesankan.

Buah naga saat ini begitu mudah ditemukan di pasar ataupun supermarket terdekat. Apapun cara nikmat menyajikan buah naga, pastikan agar selalu mengonsumsinya dalam keadaan bersih ya, Moms.

Artikel Terkait