NEWBORN
20 Juli 2020

Ini Cara Pijat Bayi yang Tepat Menurut Dokter Anak, Yuk Pelajari!

Bermanfaat tak hanya untuk Si Kecil, tetapi juga orang tua
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pijat bayi dapat menjadi momen bonding yang menyenangkan bagi Si Kecil. Moms juga bisa melakukan pijat sebagai bentuk kasih sayang dan upaya untuk menenangkan Si Kecil.

Dalam jurnal Nursing for Women's Health, keuntungan serta manfaat pijat bayi tidak hanya dirasakan oleh bayi, tetapi juga orang tua.

Ada bukti bahwa pijat bayi memiliki efek menguntungkan pada bayi prematur di NICU, termasuk memperpendek lama tinggal, mengurangi rasa sakit, peningkatan berat badan, toleransi makan, dan perkembangan syaraf.

Sementara, orang tua yang melakukan pijatan dengan bayi mereka di NICU dilaporkan mengalami lebih sedikit stres, kecemasan, dan depresi.

Ketahui seperti apa gerakan pijat bayi yang disarankan, dan apa saja manfaat lain dari memijat Si Kecil berikut ini.

Baca Juga: Si Kecil Sering Masuk Angin, Coba 5 Teknik Pijat Bayi Ini

Cara Pijat Bayi yang Tepat

cara pijat bayi yang tepat

Foto: Orami Stock Photos

Dokter Spesialis Anak, RS Pondok Indah - Puri Indah, dr. Cynthia Rindang K., Sp. A, mengatakan bahwa pada dasarnya, pijat bayi membutuhkan gerakan lembut dan teratur dari tangan ibu pada bagian tubuh bayi.

"Pada umumnya, gerakan tersebut dilakukan dengan menggunakan minyak bayi atau losion yang aman untuk kulit bayi sehingga gerak tangan saat memijat bayi lebih lancar," jelasnya.

Lebih lanjut dr. Cynthia menjelaskan, gerakan pijat bayi pada umumnya dilakukan mulai dari area kaki, lalu secara bertahap bergerak naik ke atas ke arah perut dan dada bayi, lengan, dan terakhir pada wajah.

"Jangan lupa untuk selalu membuat kontak yang erat dan menyenangkan dengan bayi saat melakukan gerakan-gerakan pijat tersebut, misalnya mengajak bayi berbicara atau sambil menyanyi," kata dr. Cynthia.

Namun, bila Si Kecil terlihat mengantuk, tidak nyaman, atau bahkan menangis, jangan memaksa dan segera hentikan kegiatan pijat bayi tersebut ya, Moms.

Baca Juga: Cara Menggunakan Baby Oil untuk Pijat Bayi

Waktu Terbaik untuk Pijat Bayi

waktu tepat pijat bayi

Foto: Orami Stock Photos

Biasanya, Moms memijat bayi usai mandi, sembari mengoleskan losion atau minyak bayi yang lembut. Menurut KidsHealth.org, karena tubuh bayi tidak seperti orang dewasa, disarankan memijat bayi dengan sangat lembut.

Waktu yang baik dan disarankan untuk melakukan pijat bayi, menurut dr. Cynthia adalah pada waktu berikut ini:

  • Antara waktu makan saat bayi, ketika ia sudah tidak terlalu kenyang namun belum merasa lapar.
  • Setelah mengganti popok atau mandi.
  • Sebelum bayi tidur.

"Saat pijat akan dilakukan, pastikan bayi dalam keadaan tenang, terjaga, dan bahagia. Waktu memijat dibuat singkat tetapi menyenangkan, antara 5-10 menit setiap pijatan sudah cukup," terangnya.

Baca Juga: Anak Mual Setelah Pijat Bayi, Apa Penyebabnya?

Manfaat Pijat Bayi

manfaat pijat bayi

Foto: Orami Stock Photos

Pijat bayi memiliki banyak manfaat yang mungkin belum pernah Moms ketahui sebelumnya. Berikut ini beberapa keuntungan dan manfaat lain dari pijat bayi.

  • Meningkatkan berat badan dan kesehatan bayi secara umum, termasuk bayi prematur.
  • Memperlancar gerakan usus sehingga menurunkan risiko terjadinya konstipasi, mengeluarkan gas yang berlebihan dari dalam usus
  • Mengurangi risiko terjadinya kuning pada bayi, karena gerakan usus yang aktif akan lebih banyak mengeluarkan bilirubin yang diproduksi dalam tubuh bayi.
  • Mengurangi stres pada bayi, terutama bayi prematur. Ini karena sentuhan pada pijat bayi akan merangsang pengeluran hormon endorphin, sehingga bayi menjadi lebih tenang dan tidak rewel.
  • Mengurangi kolik pada bayi.
  • Membuat bayi tidur lebih nyenyak dan lama.
  • Meningkatkan ikatan antara ibu, dan juga ayah dengan bayi.
  • Selain itu, saat melakukan pijat bayi juga akan merangsang produksi hormon oksitosin pada ibu, sehingga meningkatkan kelancaran ASI.

Nah, itu dia Moms, metode memijat, manfaat, dan waktu yang tepat untuk melakukan pijat bayi. Selamat mencoba!

Artikel Terkait