FASHION & BEAUTY
30 Desember 2019

Cara Sederhana untuk Perawatan Rambut Berminyak

Tidak sulit, inilah cara sederhana perawatan rambut berminyak.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Rambut sering terlihat lepek sepanjang hari padahal baru saja keramas? Bisa jadi Moms memiliki jenis kulit kepala dan rambut berminyak.

Tentu saja, hal ini cukup mengganggu penampilan dan kegiatan sehari-hari, bahkan tidak jarang membuat perempuan menjadi tidak percaya diri karena memiliki rambut berminyak.

Baca Juga: 6 Makanan Ini Ternyata Berguna Untuk Menyehatkan Rambut

“Mirip dengan kulit wajah, kulit kepala juga mengandung kelenjar sebaceous yang menghasilkan zat berminyak yang disebut sebum. Kelenjar tersebut terhubung ke folikel rambut di bawah kulit kepala kita dan melepaskan sebum ke barang rambut, membentuk lapisan pelindung minyam alami yang menolak air dan mencegah rambut mengering”, ujar Jennifer David, DO, seorang dokter kulit di Schweiger Dermatology Group di Northfield, New Jersey, Amerika Serikat.

Namun Moms tidak perlu panik jika punya jenis rambut seperti ini. Ada berbagai macam cara sederhana dan mudah untuk melakukan perawatan rambut berminyak. Apa saja? Ini dia.

Perawatan Rambut Berminyak

Keramas Lebih Sering

lady-using-shampoo-wash-clean-her-hair-bathroom-with-splash-shower-spray-water_1150-6612.jpg

Foto: Freepik.com

Menurut American Academy of Dermatology, untuk orang yang memiliki rambut sangat berminyak perlu keramas setidaknya satu kali sehari.

Menggunakan sampo yang tepat dipercaya bisa membantu menghilangkan kelebihan minyak serta sisa-sisa produk rambut dari kulit kepala. Namun perlu diingat, apabila setelah keramas lebih sering tetapi rambut malah semakin berminyak, sebaiknya kurangi menjadi dua hari sekali.

Keramas dengan Cara yang Tepat

lady-using-shampoo-wash-clean-her-hair-bathroom-with-splash-shower-spray-water_1150-6613.jpg

Foto: Freepik.com

Perawatan rambut berminyak berikutnya adalah keramas dengan cara yang tepat. Ketika keramas, pastikan mengusapkan sampo hingga akar dan kulit kepala. Hindari menggunakan kuku atau membuat gesekan yang bisa menyebabkan luka di kulit kepala.

Menggosok rambut secara agresif bisa mengiritasi kulit kepala dan menghasilkan lebih banyak minyak. Jangan lupa juga untuk mengoleskan sampo ke ujung rambut lalu digosok secara perlahan.

Baca Juga: 10 Tata Cara Keramas Mudah Untuk Dapatkan Rambut Cantik

Rutin Membersihkan Sisir

young-beautiful-lady-happy-using-comb-straight-her-hair-woman-beauty-hair-care-concept_1150-13586.jpg

Foto: Freepik.com

Perlu diingat Moms, rutin membersihkan sisir ternyata juga merupakan salah satu upaya untuk perawatan rambut berminyak. Sisir yang kotor terntu saja bisa memengaruhi kebersihan rambut yang baru saja dicuci.

Bersihkan sisir dengan dikit sampo atau sabun yang lembut untuk menghilangkan penumpukan kotoran. Tidak hanya itu, setiap selesai menyisir rambut pastikan Moms membersihkan sisa rambut yang tertinggal di sisir.

Baca Juga: Ini 4 Produk Wajib Punya Untuk Rambut Sehat dan Berkilau

Jangan Sering Menyentuh Rambut

stressed-worried-woman-shocked-with-unexpected-news_1262-20963.jpg

Foto: Freepik.com

Tahukah Moms, untuk sebagian orang yang sering menyentuh atau bermain dengan rambut ternyata bisa menyebabkan rambut berminyak. Hal ini terjadi karena secara tidak langsung tangan Moms memindahkan minyak dan kotoran ke rambut.

Menggaruk, memutar, dan menyisir terlalu sering juga bisa merangsang kelenjar minyak untuk menghasilkan minyak lebih banyak.

MA/KM

Artikel Terkait