KELUARGA
12 Desember 2019

5 Cara Seru Merayakan Hari Ibu Bersama Keluarga

Kegiatan sederhana ini patut dicoba
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Selain perayaan Natal dan akhir tahun yang kita tunggu-tunggu, karena pasti akan ada banyak midnight sale dan diskon-diskon lainnya, ada satu lagi perayaan yang tidak boleh kita lupakan, yaitu Hari Ibu.

Bertepatan dengan tanggal 22 Desember, kita merayakan Hari Ibu setiap tahunnya. Begitu besarnya peran dan jasa seorang ibu, hingga apa yang dilakukan ini layak mendapatkan penghargaan bahkan dijadikan suatu perayaan tersendiri.

Tentu ibu melakukan semua yang telah diperbuatnya dengan tulus tanpa mengharap imbalan. Namun alangkah baiknya jika setiap ibu diberikan satu hari yang spesial bukan? Pasti semua Moms akan menyukainya.

Baca Juga: 7 Ucapan Selamat Hari Ibu yang Bisa Jadi Inspirasi

Cara Seru Merayakan Hari Ibu

Mungkin para ibu tidak memerlukan hadiah yang mahal atau mewah. Menyisakan sedikit waktu bersama dengan mereka saja atau melakukan hal-hal menyenangkan bersama sudah cukup.

Nah, apa saja sih cara seru yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Ibu bersama keluarga? Contek di bawah ini yuk.

1. Jalan-jalan Keluarga

merayakan hari ibu

Foto: sunlife.co.id

Tidak selalu membutuhkan waktu yang banyak atau tempat yang terlalu jauh. Ambil lah waktu di akhir pekan atau mengambil cuti kantor, lalu sempatkan pergi bersama keluarga ke kota sebelah, misalnya Bandung atau Bogor.

Kota ini memang cocok dijadikan sebagai tempat wisata singkat di kala sibuk. Nikmati waktu sarapan di hotel atau villa bersama keluarga, jalan-jalan di sekitar tempat penginapan, dilanjutkan dengan kulineran asyik makanan khas kota tersebut, tentu akan menjadi waktu yang menyenangkan.

2. Nonton Bersama

merayakan hari ibu

Foto: fikket.com

Salah satu cara yang baik untuk menciptakan kenangan keluarga adalah dengan melihat foto-foto lama atau menonton bersama di rumah.

Jika Moms dan keluarga tinggal di dekat rumah keluarga lainnya, seperti nenek atau kakek, mintalah mereka untuk mengeluarkan kembali album foto lama dan film lama yang disukai kala masih anak-anak, dan lakukan perjalanan singkat dengan benda kenangan tersebut.

Anak-anak Moms akan terhibur dengan foto-foto lama, bagaimana gaya pakaian yang dikenakan zaman dahulu, ditambah lagi foto saat Moms masih bayi, balita, atau seusia mereka saat ini. Penuh nostalgia.

Baca Juga: Libur Telah Tiba, Ini 10 Rekomendasi Film Terbaik Pengisi Liburan Keluarga

3. Menikmati Musik

merayakan hari ibu

Foto: baptistandreflector.org

Tidak ada yang bisa mencerahkan perayaan keluarga seperti hadirnya musik. Moms dan keluarga bisa melakukan karaoke keluarga. Acara sederhana yang sangat mengedepankan keintiman satu sama lain dan tidak mengeluarkan biaya. Pas sekali!

Minta setiap anggota keluarga memilih satu lagu yang akan dinyanyikan, lalu saat orang tersebut menyanyi, anggota keluarga lainnya bisa menilai penampilannya setelah selesai. Menyenangkan bukan?

4. Manjakan Diri

merayakan hari ibu

Foto: houstoniamag.com

Pada titik tertentu di Hari Ibu, Moms mungkin ingin melakukan sesuatu yang spesial dan memiliki waktu sendiri atau kesempatan untuk sedikit istirahat dan relaksasi.

Pastikan Moms mendapatkan apa yang dibutuhkan dan layak dengan memintanya terlebih dahulu. Misalnya, beberapa hari sebelum Hari Ibu, beritahu suami dan anak apa saja uang ingin Moms lakukan atau dapatkan di Hari Ibu nanti, seperti:

  • Satu jam waktu sendiri untuk menelepon teman atau berendam di bak mandi
  • Kesempatan untuk tidur hingga pukul 9 pagi
  • Manikur di salon favorit
  • Tidak ada keributan di rumah dari anak-anak

Apa pun yang benar-benar Moms sukai, mintalah suami dan anak-anak untuk mengabulkannya. Pastikan untuk menikmari hal-hal tersebut sepanjang akhir pekan Hari Ibu.

Baca Juga: Bolehkah Creambath Saat Hamil?

5. Bercocok Tanam

merayakan hari ibu

Foto: pbs.org

Jika Moms memiliki ruang ekstra di kebun, Moms bisa bercocok tanam dengan keluarga di Hari Ibu.

Pertama, beli berbagai paket benih bunga yang tumbuh cepat dan baik di wilayah Mom. Kemudian mintalah anak-anak untuk menggambar atau menulis pesan pendek (seperti "We love Mom") di tanah kebun dengan tongkat.

Jatuhkan biji bunga ke dalam garis tanah tersebut, kemudian tutupi, dan sirami setiap beberapa hari. Tak lama, gambar (atau pesan) akan mekar, dan Moms akan memiliki hadiah Hari Ibu yang terus bertambah.

Seru-seru banget kan Moms kegiatan di Hari Ibu yang bisa dilakukan. Selamat mencoba dengan anak dan pasangan di rumah ya!

Artikel Terkait