PERNIKAHAN & SEKS
24 September 2020

15 Cara Seks Tahan Lama untuk Pria Secara Alami, Perhatikan Dads!

Mau tahan lama bercinta di atas ranjang? Ikuti tips-tips berikut ini ya, Dads
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Dads, sering khawatir tidak bisa memuaskan pasangan di atas ranjang? Seks tahan lama memang menjadi masalah utama yang sering menjadi pembahasan pasangan di era saat ini.

Sebagian besar seks harus menjadi pengalaman yang dinikmati selama kita dan pasangan kita inginkan, sebaiknya dilakukan lebih lama atau tanpa batas waktu.

Menurut survey terapis seks dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Society for Sex Therapy and Research, seks yang berlangsung antara tujuh hingga 13 menit dianggap "diinginkan".

Ketika peneliti melihat lebih dalam, mereka menemukan bahwa rata-rata orang bertahan selama tiga sampai tujuh menit selama seks vaginal. Yang mana, sepertinya, bukan waktu yang lama.

Oleh karena itu, banyak pria mencari cara untuk meningkatkan kinerja seksualnya agar seks tahan lama, termasuk dengan cara memperbaiki masalah yang ada atau mencari cara baru untuk membuat pasangan lebih bahagia.

Jika Dads banyak melakukan penelitian, ternyata banyak juga, lho, pil yang aman dikonsumsi untuk membuat seks tahan lama di pasaran.

Tetapi, sebelum memilih pil obat-obatan, sebenarnya ada banyak cara sederhana agar bisa membuat seks bertahan lebih lama. Berikut ini cara alami agar seks tahan lama.

Cara Alami Agar Seks Tahan Lama

Perlu diingat bahwa penis bekerja karena tekanan darah. Untuk itu, pastikan sistem peredaran darah Dads bekerja dengan baik. Pada dasarnya, apa yang baik untuk jantung, juga baik untuk kesehatan seksual.

Nah, untuk itu, simak beberapa cara alami berikut agar hubungan seksual Dads bisa berjalan tidak hanya romantis tapi juga menjadi seks tahan lama di atas ranjang.

1. Tetap Aktif

6 Cara Alami Bagi Pria Agar Tahan Lama Bercinta 1.jpeg

Foto: unsplash.com

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan seksual dan tubuh Dads adalah dengan mengikuti kegiatan olahraga kardiovaskular.

Seks mungkin meningkatkan detak jantung, tetapi olahraga teratur dapat membantu kinerja seksual.

Berdasarkan Harvard Health Publishing, tanda-tanda gangguan kesehatan vaskular termasuk tekanan darah yang melonjak, meningkatnya gula darah, kolesterol LDL yang buruk dan kadar kolesterol HDL yang rendah.

Periksalah ke dokter untuk mengetahui apakah sistem pembuluh darah dan otak serta penis dalam kondisi baik. Sehingga, Dads bisa melakukan perbaikan dini melalui perubahan gaya hidup dan obat medis.

Baca Juga: 3 Rahasia Seksual yang Sering Disembunyikan Pria

2. Mengonsumsi Buah dan Sayuran

6 Cara Alami Bagi Pria Agar Tahan Lama Bercinta 2.jpeg

Foto: unsplash.com

Makanan tertentu dapat membantu Dads meningkatkan aliran darah, termasuk bawang-bawangan. Makanan ini mungkin akan membuat nafas Dads berbau, namun mengonsumsi bawang dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Selain bawang, pisang juga mampu menurunkan tekanan darah.

Pisang merupakan buah kaya kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan bagian terpenting dalam meningkatkan performa seksual. Dads dapat mempertahankan seks tahan lama.

Cabai dan paprika juga merupakan makanan pedas alami yang membantu aliran darah dengan mengurangi hipertensi dan peradangan sehingga baik untuk meningkatkan performa Dads di atas ranjang.

3. Mengurangi Stres

6 Cara Alami Bagi Pria Agar Tahan Lama Bercinta 3.jpeg

Foto: unsplash.com

Stres dapat memengaruhi semua area kesehatan, termasuk libido. Dilansir dari Europe PMC, stres meningkatkan denyut jantung menjadi tidak terkendali sehingga tekanan darah meningkat.

Kedua hal ini dapat merusak hasrat dan kinerja seksual. Ditambah lagi, stres psikologis juga memengaruhi ereksi atau orgasme. Dads perlu mengatasi hal ini agar dapat membuat seks tahan lama.

Apabila sedang stres, bicarakan kondisi Dads dengan Moms secara terbuka. Selain menanamkan nilai kejujuran, berdiskusi juga mampu memperkuat hubungan emosional.

Jika hal ini tidak segera terkendali, stres kerap kali dapat memicu kebiasaan buruk seperti konsumsi rokok dan alkohol.

Baca Juga: Seberapa Penting Seks untuk Pria?

4. Berjemur

6 Cara Alami Bagi Pria Agar Tahan Lama Bercinta 4.jpg

Foto: freepik.com

Sinar matahari dapat menghentikan produksi melatonin tubuh, yakni hormon yang membantu siklus tidur dan juga bisa menenangkan hasrat seksual.

Apabila hormon melatonin dihentikan, berarti potensi hasrat seksual akan meningkat. Ini dapat membantu agar Dads dan Moms memiliki seks tahan lama.

Keluar dan membiarkan sinar matahari mengenai kulit dapat membantu membangunkan gairah seks agar tahan lama, terutama selama musim penghujan ketika tubuh memproduksi lebih banyak melatonin.

5. Perhatikan Kesehatan Gigi

6 Cara Alami Bagi Pria Agar Tahan Lama Bercinta 5.jpg

Foto: freepik.com

Salah satu cara agar Dads memiliki kinerja seksual yang maksimal dan tahan lama adalah dengan memperhatikan kesehatan gigi.

Sebuah studi tahun 2013 yang dikeluarkan oleh The Journal of Sexual Medicine menemukan hubungan antara penyakit gusi dan risiko penyakit seksual.

Penyakit gusi menyebabkan peradangan kronis, yang diyakini merusak sel-sel endotel yang melapisi pembuluh darah. Sel-sel ini termasuk di dalamnya melapisi pembuluh darah yang berada dalam jaringan penis pria.

Maka, kunjungilah dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut jika Dads memiliki penyakit gusi dan minimnya kinerja seks di atas ranjang. Dads mungkin tak menyangka jika kesehatan gigi memengaruhi hubungan seks tahan lama bukan?

Baca Juga: 5 Tips Oral Seks untuk Pria Agar Wanita Tetap Nyaman

6. Masturbasi

6 Cara Alami Bagi Pria Agar Tahan Lama Bercinta 6.jpeg

Foto: unsplash.com

Jika Dads kurang mahir berhubungan seksual di atas ranjang, mungkin yang Dads perlukan hanyalah latihan. Coba sesekali lakukan masturbasi untuk membantu agar seks tahan lama.

Masturbasi termasuk latihan yang disarankan karena tidak hanya meningkatkan performa seksual, tapi juga dipercaya bisa membuat umur lebih panjang.

Untuk menambah sensasi menegangkan, lakukan masturbasi saat pasangan sedang berada di sekitar Dads. Dads juga bisa mengajak Moms untuk ikut membantu, sebagai variasi kegiatan seks agar tidak membosankan.

7. Ingat Bahwa "seks" Tidak Hanya Soal Penetrasi

seks tahan lama

Foto: Orami Photo Stock

Setiap orang memiliki definisi berbeda tentang apa arti seks bagi mereka. Dalam konteks ini secara khusus, penting untuk diingat bahwa "seks" tidak hanya berarti tindakan p-in-v.

Ini juga dapat mencakup beban, dan beban, dan banyak pemanasan, ciuman, pijat, dan lain sebagainya.

Pemanasan akan meningkatkan peluang Dads untuk orgasme, dan dengan cara ini, kita tidak akan sepenuhnya terganggu oleh penetrasi yang hanya berlangsung beberapa menit.

Ingat juga, bahwa seks tidak harus berakhir hanya karena salah satu dari kita atau pasangan sudah orgasme. Ini dapat meningkatkan kualitas seks dan membantu membuat seks tahan lama.

Baca Juga: Ketahui 4 Tips Berhubungan Seks Saat Pandemi COVID-19 Ini

8. Coba Cincin Penis

seks tahan lama

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa pria menemukan bahwa mencoba cincin penis membantu mereka bertahan lebih lama saat melakukan seks, jadi patut dicoba.

Seperti yang dijelaskan Lisa Finn, manajer merek dan pendidik seks di Babeland, sebelumnya, cincin penis bekerja dengan membatasi aliran darah ke batang penis, yang dapat membantu mempertahankan ereksi yang lebih kuat.

9. Coba Berlatih Menenangkan Pikiran

seks tahan lama

Foto: Orami Photo Stock

August McLaughlin, penulis Girl Boner: The Good Girl’s Guide to Sexual Empowerment, mengatakan bahwa melatih kesadaran dan pernapasan juga dapat membantu memperlambat ejakulasi.

Berlatih kesadaran di luar kamar tidur hanya dapat membantu permainan Dads dan pasangan di tempat tidur juga. Ini dapat mendukung agar seks tahan lama.

"Gunakan aplikasi untuk meditasi terpandu sekali sehari, misalnya, atau coba makan dengan penuh kesadaran, di mana kita fokus pada rasa dan tekstur makanan sambil menghindari gangguan, seperti ponsel," kata McLaughlin.

10. Fokus pada Kesenangan Pasangan untuk Menghilangkan Tekanan

posisi seks

Foto: Orami Photo Stock

Jika keadaan menjadi terlalu panas dan berat untuk penis, Dads direkomendasikan untuk mengambil langkah mundur dan memfokuskan perhatian pada kesenangan pasangan sebagai gantinya.

"Ketika kita menghentikan apa yang sedang dilakukan setelah kita hampir mencapai orgasme, kemudian bersantai sejenak, lalu mulai lagi (seperti pelatihan interval seksual), gairah akan cenderung meroket," jelas August.

Baca Juga: 6 Jenis Sex Toys dan Cara Menggunakannya

11. Cobalah Terus Dilatih

berlatih seks agar tahan lama

Foto: Orami Photo Stock

Jika situasi seks selesai cepat ini tidak berasal dari masalah medis dari salah satu dari Dads dan pasangan, selalu merupakan cara tepat untuk terus mencoba melakukan lebih banyak seks.

Untuk beberapa pasangan, ini masalah pengkondisian ketahanan seksual. Anggap saja seperti kita pergi ke gym untuk menjadi lebih kuat.

Cara ini sangat membantu jika pasangan yang bersangkutan tidak terlalu sering melakukan masturbasi, dan dapat membantu agar membuat seks tahan lama.

Mungkin ini terdengar sangat tidak seksi, tetapi menghilangkan beberapa hal baru dapat memperpanjang waktu sebelum orgasme terasa tak terelakkan.

12. Coba dengan Menggunakan Sex Toys

gunakan seks toy agar tahan lama

Foto: Orami Photo Stock

Mungkin terasa seperti melakukan "kecurangan" jika menggunakan mainan seks, tetapi itu tidak masalah untuk memastikan kita dan pasangan berdua orgasme.

Jika pasangan tidak bisa bertahan cukup lama untuk diselesaikan, tunggu sampai dia dekat tetapi belum sampai di sana dan biarkan dia keluar dan gunakan vibrator pada Moms.

Kemudian Dads bisa masuk kembali saat Moms juga hampir mencapai garis finish.

13. Luangkan Lebih Banyak Waktu untuk Pemanasan

pemanasan sebelum berhubungan seks

Foto: Orami Photo Stock

Ya, ini mungkin membuat bagian hubungan sedikit lebih pendek, tetapi menghabiskan lebih banyak waktu untuk pemanasan agar Dads lebih hangat akan memperpanjang sesi seks tahan lama secara keseluruhan dan memastikan Dads dan pasangan puas.

Baca Juga: 9 Cara Foreplay yang Harus Dicoba, Seks Jadi Memuaskan!

14. Manfaatkan Periode Refraktori Dads

melakukan hubungan seks

Foto: Orami Photo Stock

Siapa bilang seks perlu dibatasi hanya satu sesi? Meskipun cara ini tidak akan berhasil untuk semua orang, tetapi terapis pernikahan Lisa Thomas merekomendasikan untuk memulai lagi beberapa menit setelah Dads berejakulasi.

“Banyak pria mengalami kurang sensitif selama ereksi kedua,” jelas Thomas.

Selama Moms tidak keberatan menunggu beberapa menit (atau beralih kembali ke pemanasan), dan bisa melakukannya dengan relatif cepat, Moms akan mendapatkan hasil yang lebih baik di ronde kedua sehingga seks tahan lama.

15. Cobalah Sesuatu yang Baru dan Tidak Biasa di Tempat Tidur

coba posisi seks baru

Foto: Orami Photo Stock

Saat kita sudah bersama pasangan yang sama untuk beberapa waktu, rutinitas posisi seks kita bisa membuat tubuhnya mengantisipasi datangnya dan justru keluar jauh lebih cepat.

Posisi dan sensasi baru akan mengalihkan perhatiannya dan membuatnya bertahan lebih lama. “Semakin canggung dan asing, semakin baik,” kata Greer.

Nah, 15 hal di atas adalah cara alami untuk meningkatkan performa seks di atas ranjang dan membuat seks tahan lama. Sudahkah Dads mengikuti beberapa tips di atas? Semoga berhasil, ya!

Artikel Terkait