PARENTING
8 Mei 2019

Cara Tepat Membangunkan Bayi Untuk Menyusu

Berkali-kali menyusu dalam sehari berguna untuk memenuhi kebutuhan makan si kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Bayi baru lahir memiliki perut yang kecil, sehingga mereka harus sering menyusu. Berkali-kali menyusu dalam sehari berguna untuk memenuhi kebutuhan makan si kecil.

Dalam kebanyakan kasus, bayi akan bangun dengan sendirinya untuk menyusu dan mengonsumsi ASI sesuai yang mereka butuhkan. Bayi menyusu saat sudah menunjukkan tanda-tanda lapar membantu Mama memenuhi kebutuhan makan si kecil.

Bagaimana pun, ada beberapa alasan mengapa bayi baru lahir bisa sangat mengantuk. Mungkin Mama sendiri terkadang merasa tidak tega saat harus membangunkan si kecil untuk menyusu.

Beberapa alasan medis mengapa bayi baru lahir cenderung terlihat sangat mengantuk dan sulit dibangunkan berhubungan dengan penyakit kuning, infeksi atau masalah hati.

Sementara untuk penyebab lainnya termasuk pereda rasa sakit yang digunakan selama proses kelahiran masih mempengaruhi bayi. Untuk memastikan penyebabnya, Mama perlu berkonsultasi dengan ahli medis.

Baca Juga : 6 Alasan Bayi Menolak Menyusu

Trik Membangunkan Bayi Untuk Menyusu

Tanda-tanda lapar pada bayi bisa sangat sulit dilihat saat si kecil dalam keadaan tidur. Jadi, di dalam hal ini Mama perlu membangunkan bayi untuk menyusu terlebih dahulu agar mereka bisa menyusu dengan baik.

Ada beberapa cara untuk membangunkan bayi saat waktu makan. Beberapa diantaranya bisa Mama temukan di bawah ini:

  1. Ganti popok si kecil.
  2. Susui dengan berbagai posisi. Beberapa Mama menyusui bayi dengan cara menyangga kepala si kecil di antara lengan dan tangan, agar bayi tetap terjaga.
  3. Lepas semua pakaian si kecil (kecuali popoknya), susui bayi dengan posisi tengkurap di atas dada Mama, sehingga memungkinkan sentuhan yang lebih intens antara kulit bayi dan Mama.
  4. Mandikan si kecil menggunakan air hangat.
  5. Ajak si kecil mengobrol sambil menatap wajahnya.
  6. Pangku si kecil dengan posisi kaki si kecil di dekat perut Mama dan kepalanya berada di atas lutut Mama. Angkat tubuh si kecil perlahan-lahan untuk membantunya bangkit ke posisi duduk, seperti sedang melakukan sit-up. Lakukan berulang.
  7. Pijat punggung si kecil dengan gerakan memutar.
  8. Pukul-pukul lembut kaki dan tangan si kecil.

Bayi Bisa Menyusu Dengan Baik Meskipun Tidak Sepenuhnya Bangun

Bayi bisa menyusu dengan baik meskipun tidak sepenuhnya terjaga. Begitu si kecil menyusu, ada beberapa cara di atas untuk membuatnya tetap terjaga dan menyelesaikan ‘makan’. Selain itu, Mama bisa mengganti posisi payudara (kiri pindah kanan dan sebaliknya) jika si kecil mulai melambat menghisap dan mulai tertidur.

Bawa si kecil berjalan-jalan, buat ia bersendawa dan bangunkan lagi untuk menyusui dengan payudara di sisi lainnya. Bayi bisa minum dari masing-masing payudara lebih dari satu kali dalam kondisi terjaga.

Mama juga bisa membantu untuk meremas payudara perlahan-lahan saat sedang menyusui si kecil, sehingga bisa membantunya menghisap. Sentuhan pada payudara meningkatkan aliran ASI yang mendorong bayi menghisap dan menelan, sehingga bisa mendapatkan lebih banyak ASI.

Bahkan saat si kecil selalu mengantuk dan perlu dibangunkan agar bisa menyusu di minggu-minggu awal kehidupan, lama kelamaan akan berubah. Mama bisa lebih rileks dan membiarkan si kecil mengatur pola makannya sendiri.

(RGW)

Artikel Terkait