NEWBORN
27 November 2017

Cara Tepat Menjaga Kebersihan Mulut Bayi

Meskipun gigi bayi belum tumbuh, membiasakan menjaga kebersihan mulut bayi penting untuk masa depannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Seperti anggota tubuh yang lain, Moms juga harus selalu memastikan kebersihan mulut dan gigi bayi. Meskipun pada beberapa bulan pertama gigi si kecil belum tumbuh, aktivitas membersihkan mulut sejak usia dini berguna untuk menanamkan kebiasaan rajin membersihkan gigi kelak.

Baca juga: Yuk, Kenali 3 Tahapan Tumbuh Kembang Gigi Anak

Bukan hanya itu, Moms juga perlu ingat bahwa mulut adalah media yang potensial untuk perpindahan bakteri. Oleh karena itu, Moms harus selalu menjaga kebersihan mulut bayi.

Manfaat Menjaga Kebersihan Mulut Bayi

Alasan mengapa Moms harus selalu membersihkan mulut bayi di antaranya adalah:

  1. Untuk menjaga kebersihan mulut bayi.
  2. Untuk membantu si kecil terbiasa menjaga mulutnya selalu bersih.
  3. Untuk membantu si kecil menyikat giginya sendiri (jika sudah keluar gigi).

Langkah-langkah Membersihkan Mulut Bayi

  1. Siapkan kapas, kain kasa, atau kain lembut dan segelas air minum.
  2. Cuci tangan Moms menggunakan sabun hingga benar-benar bersih.
  3. Lilitkan kain kasa, kapas, atau kain lembut di jari Moms dan basahi menggunakan air.
  4. Masukkan jari Moms ke dalam mulut si kecil secara perlahan. Seka bagian atas dan bawah gusi, masing-masing sekali.

Masalah yang Sering Dihadapi saat Membersihkan Mulut Bayi

  1. Bayi tidak mau membuka mulut

Saat Mama menempatkan jari di dekat mulut si kecil, perlahan ia akan membuka mulutnya karena berpikir Moms akan menyusui atau menyuapinya. Cobalah dengan penuh kesabaran dan Moms harus bisa membuat si kecil bersedia membuka mulutnya.

  1. Jari malah digigit oleh bayi

Si kecil malah menggigit jari Moms saat mencoba dimasukkan ke mulutnya merupakan hal yang wajar. Tetaplah seka mulutnya. Hal ini akan membuat si kecil melepaskan gigitannya dan kembali membuka mulutnya.

  1. Tidak bisa menjangkau gusi bagian belakang

Masukkan jari Moms tepat di tengah-tengah bagian dalam mulut si kecil, kemudian raih sepanjang permukaan dalam pipinya sampai jari Moms menyentuh gusinya yang paling belakang. Dalam proses ini, Moms perlu sangat berhati-hati saat memasukkan jari di antara bagian atas dan bawah gusi. Si kecil akan membuka mulutnya dan Moms bisa membersihkan gusi belakangnya.

  1. Waktu terbaik membersihkan mulut bayi

Mengingat bayi baru lahir tidak memiliki jadwal makan yang pasti, bisa dikatakan cukup sulit untuk menentukan waktu makan terakhirnya setiap hari. Dengan begitu, Moms bisa menentukan jadwal untuk membersihkan mulut si kecil setiap malam.

Seiring bertambahnya usia si kecil (di atas 6 bulan), ia akan memiliki jadwal makan yang rutin. Moms bisa membersihkan mulut si kecil setelah sehabis makan yang terakhir (misalnya makan malam) setiap harinya.

  1. Bayi belum tidur setelah mulutnya dibersihkan

Terkadang si kecil masih belum mau tidur setelah makan malam dan dibersihkan mulut serta giginya. Lantas apa yang harus Mos lakukan?

Alasan membersihkan mulut bayi setelah waktu makan terakhirnya setiap hari adalah membiasakannya membersihkan mulut secara rutin dan pergi tidur dengan kondisi mulut bersih.

Umumnya, menyusu sebelum tidur hanya kebiasaan si kecil. Mama bisa memberikan air mineral atau meninabobokannya dengan menyanyikan lagu atau membacakan cerita pengantar tidur.

Bahayakah Sisa ASI di Mulut Bayi Jika Tidak Dibersihkan?

Setelah menyusu, seringkali tersisa beberapa tetes ASI di sekitar mulut bayi. Sisa ASI tersebut jika didiamkan beberapa saat akan mengering. Apakah sisa ASI yang mengering tersebut berbahaya bagi kesehatan mulut bayi?

Pada dasarnya ASI baik untuk bayi, sehingga sisa ASI yang tersisa di sekitar mulutnya tidak berbahaya. Adanya bercak putih yang mungkin Moms temukan di sekitar mulut bayi setelah menyusu bukan hal yang mengkhawatirkan.

Sisa ASI memang bisa menimbulkan bercak-bercak putih yang biasanya muncul pada bagian mulut, seperti lidah, mulut, bagian dalam pipi, dan langit-langit. Namun, bercak tersebut tidak akan menimbulkan masalah kesehatan pada bayi. Mama bisa membersihkan mulut bayi untuk menjaga kebersihan daerah oralnya.

Perlu diingat, jangan sampai Moms mengusap bagian belakang lidah karena kemungkinan si kecil akan tersedak. Selain itu, Moms juga perlu selalu membersihkan puting susu dan tangan sebelum memberikan ASI. Sebab, keduanya juga merupakan media potensial perpindahan bakteri.

(RGW)

Artikel Terkait