BALITA DAN ANAK
13 Juni 2020

Cara yang Bisa Dilakukan Apabila Anak Mengalami Perkembangan Bahasa

Anak mengalami perkembangan bahasa? Tenang, Moms, cukup lakukan langkah-langkah di bawah ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Setiap anak memiliki kemampuannya masing-masing dalam perkembangan bahasa. Ada beberapa anak yang secara alamiah memiliki bakat untuk lebih cepat menguasai bahasa dan ada yang sedikit terlambat.

Namun, Moms tidak perlu khawatir apabila Si Kecil mengalami perkembangan bahasa yang berbeda dari teman seusianya. Dilansir dari Healthy Children, terdapat kemungkinan seorang anak bisa mengalami perkembangan bahasa yang sedikit telat.

Beberapa anak juga bisa menunjukkan masalah perilaku dikarenakan tidak mampu untuk mengutarakan apa yang mereka inginkan.

Cara Mengatasi Anak Mengalami Perkembangan Bahasa

Sebenarnya, anak yang mengalami perkembangan bahasa adalah masalah umum dan cukup mudah untuk diatasi. Ada beberapa cara yang bisa Moms terapkan untuk mengatasi anak mengalami perkembangan bahasa. Simak pembahasannya di bawah ini, ya.

1. Coba Nyanyikan Lagu untuk Si Kecil

Mengatasi Anak Mengalami Perkembangan Bahasa 1.jpg

Foto: Freepik.com

Metode pertama yang bisa Moms coba untuk mengatasi anak mengalami perkembangan bahasa adalah dengan rutin menyanyikannya lagu. Pilihlah lagu anak-anak yang ringan dan mudah dimengerti. Gunakan pengucapan yang jelas agar anak dapat memahami maksud lagu tersebut.

Lagu juga bermanfaat bagi Si Kecil untuk mempelajari kosakata baru dan melatih kemampuan memorinya. Selain itu, lantunan musik akan membuat kemampuan mendengarnya jadi lebih baik.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Lagu Anak Masa Kini untuk Si Kecil

2. Gunakan Gestur Badan Saat Berbicara

Mengatasi Anak Mengalami Perkembangan Bahasa 2.jpg

Foto: Freepik.com

Moms bisa menggunakan gestur badan untuk membantu Si Kecil saat sedang mencoba berbicara. Gestur badan ini membuat anak lebih mudah mengingat kata apa yang seharusnya digunakan. Ulangilah perkataan Si Kecil dengan penuturan yang lebih jelas dan lakukan secara perlahan.

Dengan menggunakan gestur badan, Moms bisa memicu daya ingat Si Kecil terhadap suatu benda yang sedang dibahasnya. Misalnya, apabila Si Kecil menginginkan sebuah topi, Moms bisa berbicara sambil membentuk gestur melingkar di atas kepala layaknya topi.

3. Ajak Si Kecil untuk Menceritakan Pengalamannya

Mengatasi Anak Mengalami Perkembangan Bahasa 3.jpeg

Foto: Pexels.com

Meskipun Si Kecil akan sulit untuk menceritakan aktivitas favoritnya, namun kegiatan ini akan memicu rasa percaya dirinya. Moms harus bersabar dalam mendengarkan ceritanya. Jangan sering-sering mengoreksi perkataannya karena bisa berdampak negatif terhadap rasa percaya diri anak.

Setelah ceritanya selesai, barulah Moms bisa mengulangi cerita Si Kecil kembali agar dirinya mengetahui penggunaan kata yang seharusnya. Ulangi secara perlahan dan gunakan kata yang semirip mungkin dengan yang Si Kecil gunakan.

Baca Juga: Yuk Kenali 3 Tahapan Tumbuh Kembang Gigi Anak!

4. Ajak Si Kecil Menikmati Aktivitas di Luar Rumah

Mengatasi Anak Mengalami Perkembangan Bahasa 4.jpeg

Foto: Pexels.com

Cara untuk mengatasi anak mengalami perkembangan bahasa yang terlambat adalah dengan mengajaknya beraktivitas di luar rumah. Tak perlu jauh-jauh, cukup ajak anak berkeliling daerah lingkungan tempat tinggal.

Sembari berjalan, Moms bisa mengajaknya berbicara tentang lingkungan sekitar. Misalnya menunjuk pohon apa yang ada di depan, warna bunga, warna mobil, dan lain-lain.

5. Ajak Si Kecil Bermain Bersama Teman Seusianya

Mengatasi Anak Mengalami Perkembangan Bahasa 5.jpg

Foto:

Metode lain yang bisa Moms gunakan untuk mengatasi anak mengalami perkembangan bahasa adalah mengajaknya bermain dengan teman sebayanya. Bermain dengan teman seusianya akan memicu semangat Si Kecil untuk belajar berkomunikasi dengan lebih cepat. Selain itu, anak juga akan merasa lebih bebas dan bahagia apabila dipertemukan dengan teman yang seumuran.

Baca Juga: Ingin Membuat Si Kecil Semakin Pintar? Kenalkan Saja dengan 6 Aktivitas Hobi Ini!

6. Bermain Permainan Kata

Mengatasi Anak Mengalami Perkembangan Bahasa 6.jpg

Foto: Freepik.com

Ajak Si Kecil untuk bermain tebak-tebakan benda. Moms bisa menunjukkan benda apa saja lalu mengajaknya membuat kalimat mengenai benda yang Moms tunjuk tadi. Berilah hadiah atau reward apabila ia berhasil mengucapkan sebuah kalimat dengan tepat.

Permainan seperti ini akan menstimulasi otak anak untuk jadi lebih aktif. Selain itu, Si Kecil juga merasa tertantang untuk mencoba menjawab pertanyaan dengan benar.

Moms, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan apabila anak mengalami perkembangan bahasa. Jika cara-cara di atas masih belum berpengaruh, mungkin tak ada salahnya untuk membawa Si Kecil ke dokter dan berkonsultasi mengenai perkembangan bahasanya, ya.

Artikel Terkait