BAYI
19 September 2020

Cari Nama Bayi Unik Berdasarkan Bulan Lahir? Cek Daftar Ini!

Selain Freya, ada nama bayi berdasarkan bulan lahir lainnya yang unik?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Amelia Puteri

Lupakan dulu sekolah negeri versus swasta, atau menyusui langsung versus susu formula.

Keputusan terbesar dan salah satu yang paling awal yang dihadapi calon orang tua adalah memberi nama terbaik bagi belahan hatinya. Memilih nama bisa saja menjadi hal yang sulit.

Jika masih bingung menentukan, Moms bisa mencoba mendapatkan inspirasi nama bayi unik berdasarkan bulan lahirnya. Apa saja?

Nama Bayi Unik untuk Si Kecil Berdasarkan Bulan Lahir

Bila Moms ingin mencari nama bayi unik, coba pilih nama-nama bayi berdasarkan bulan lahirnya. Berikut ini beberapa rekomendasi menarik yang bisa digunakan.

1. Bulan Januari

Nama Unik untuk Bayi Berdasarkan Bulan Lahir -1

Foto: Orami Photo Stock

Tahun baru selalu membawa resolusi baru. Coba berikana nama bayi unik yang menandakan awal yang baru seperti nama "Nova" dari bahasa Latin, atau "Dagny" dari bahasa Skandinavia untuk Si Kecil yang manis.

Untuk bayi laki-laki, cobalah "Jeevan", nama India yang berarti ‘hidup’, atau "Ordell", nama Latin yang berarti ‘awal’.

2. Bulan Februari

Semua pikiran akan beralih ke cinta karena terinspirasi oleh Valentine. Untuk bayi perempuan, cobalah nama "Morna", dari Irlandia yang berarti ‘kasih sayang’, atau "Freya", yang menurut mitologi Norse adalah dewi cinta dan kesuburan.

Untuk bayi laki-laki, "Carwyn" adalah nama yang berarti ‘cinta’ asal Welsh; atau "Erasmus", nama Yunani yang berarti ‘layak dicinta’. Bisa juga memberikan nama "Romeo", nama romantis dari Shakespeare.

3. Bulan Maret

Irlandia memiliki nama bayi unik berdasarkan bulan lahir Maret dengan pilihan unik seperti "Cleona" (rupawan) atau "Sorcha" (bersinar) untuk bayi perempuan, dan "Lorcan" (galak) atau "Tierney" (bangsawan) untuk bayi laki-laki.

Baca Juga: A-Z Inspirasi Nama Bayi Bahasa Indonesia, Unik dan Lugas!

4. Bulan April

Musim semi akan muncul di bulan ini. Banyak pilihan nama bayi yang unik di bulan ini, seperti "Leaf" atau "River". Atau "Amaya" dari bahada Arab yang berarti ‘hujan malam’, dan "Bryony" dari bahasa Yunani yang berarti tanaman pendakian.

Untuk bayi laki-laki, nama "Ibrani Tivon" berarti ‘pencinta alam’, dan "Faunus" yang merupakan nama dewa alam Romawi.

5. Bulan Mei

Nama Unik untuk Bayi Berdasarkan Bulan Lahir -2

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms berpikir "Victoria" adalah nama yang terlalu umum untuk seorang gadis, cobalah sesuatu yang hanya berarti ‘kerajaan’.

Untuk nama bayi unik perempuan, ada nama dari Hawaii yaitu "Keilani", atau "Basilia" dari Yunani. Sementara, bagi bayi laki-laki, bisa menggunakan nama Inggris "Elroy" atau "Kenrik" yang sangat cocok.

6. Bulan Juni

Untuk bulan Juni, Moms bisa memberikan nama bayi unik yaitu "Summer Solstice" yang berarti banyak kecerahan.

Pertimbangkan opsi lain sebagai nama bayi unik yang lahir berdasarkan bulan di Juni ini. Untuk perempuan, nama "Chasca" yang berarti dewi fajar Subuh, atau "Zelia", nama Spanyol yang berarti ‘sinar matahari’.

Untuk laki-laki, ada "Nikko", nama Jepang yang berarti ‘sinar matahari’, atau "Dayton", nama Inggris yang berarti ‘kota yang cerah‘. Ada juga "Pearl", yang merupakan nama batu kelahiran untuk bulan Juni.

Baca Juga: 10 Ide Nama Bayi Perempuan Irlandia yang Unik dan Tak Pasaran

7. Bulan Juli

Jika bayi Moms lahir di bulan Juli, nama "Adiba" dari Arab yang berarti ‘berbudaya dan sopan’ dan "Safia" yang berarti ‘bersih dan murni’ dalam bahasa Swahili akan cocok untuk Si Kecil.

Untuk laki-laki, nama "Norris" berarti ‘dari utara’, dan "Roden" dari Gaelic yang berarti ‘hangat dan lincah’ bisa menjadi pilihan.

8. Bulan Agustus

Agustus biasanya masih menjadi waktu untuk memanfaatkan sisa musim panas.

Dari Hawaii, ada nama bayi unik perempuan yaitu "Alania" yang berarti ‘seperti air yang tenang’ dan "Luana" yang berarti ‘yang santai’ untuk Si Kecil.

Untuk laki-laki, ada "Destan" yang berarti ‘oleh air yang tenang’, dan "Noa" yang berarti ‘tenang’ dari Perancis.

9. Bulan September

Nama Unik untuk Bayi Berdasarkan Bulan Lahir -3

Foto: Orami Photo Stock

Identik dengan Hari Buruh, terdapat nama-nama unik yang berarti pekerja keras.

Untuk seorang gadis, nama "Idalis" (Inggris) dan "Emelia" (Latin). Untuk laki-laki, Moms bisa memilih nama bayi unik yaitu "Errikos" (Yunani), atau "Kazi" (Afrika).

Baca Juga: 10 Ide Nama Bayi Laki-laki dari Filipina, Unik!

10. Bulan Oktober

Apa yang menyenangkan di bulan ini selain Halloween? Untuk perempuan, "Khyati" adalah nama India yang berarti ‘reputasi’ atau ‘ketenaran’, sedangkan "Darena" yang berarti ‘hebat’ dari Amerika bisa Moms berikan untuk bayi.

Untuk laki-laki, Moms bisa memilih "Hopkin" dari bahasa inggris yang berarti ‘terkenal’, dan "Marathi Aakhya" berarti ‘ketenaran’.

11. Bulan November

Di Amerika, bulan ini identik dengan Hari Peringatan. Pilihan nama yang lebih tidak biasa seperti "Una", nama asli Amerika yang berarti ‘ingat’; dan nama Hawaii "Halia", yang berarti ‘mengingat orang yang dicintai’.

Untuk laki-laki, ada "Gunnar" yang merupakan nama Skandinavia yang berarti ‘prajurit pemberani’, dan "Ayanti" adalah nama Nigeria yang berarti ‘maukah kau mengingatku’.

12. Bulan Desember

Memiliki bayi di bulan Desember dapat membangkitkan banyak perasaan sentimental tentang liburan.

"Nollaig" adalah nama dari Irlandia yang berkaitan dengan natal. Atau, Moms bisa memanggilnya dengan panggilan Noel. Pilihan nama lain untuk bayi berdasarkan bulan lahir Desember bisa terinspirasi dari itu.

Nama "Dhanvi" dari Gujarati yang berarti ‘uang’, "Kaufman" dari Jerman yang berarti ‘pedagang’, atau "Mercerdari" dari Perancis yang berarti ‘pedagang’ menjadi pilihan yang bagus.

Itu dia Moms, inspirasi nama bayi unik berdasarkan bulan lahir Si Kecil. Apa nama bayi berdasarkan bulan lahir versi Moms?

Artikel Terkait