DI ATAS 5 TAHUN
14 Agustus 2020

Cari Tahu Disini, 9 Manfaat Buah Melon Untuk Anak

Kandungan vitamin dan nutrisi dalam melon sangat baik untuk tubuh anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Dibalik rasanya yang manis dan menyegarkan, rupanya ada banyak manfaat buah melon yang sangat baik untuk mendukung kesehatan anak lho, Moms.

Menurut data dari U.S. Department of Agriculture, melon kaya akan berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh anak, seperti serat, vitamin C, vitamin B6, vitamin K, folat, potassium, dan magnesium.

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan Tubuh

Kira-kira, apa manfaat buah melon untuk tubuh dan kesehatan anak ya, Moms? Yuk, simak dulu informasi berikut untuk tahu jawabannya.

1. Menjaga Kekuatan Tulang

Cari Tahu Disini, 6 Manfaat Buah Melon Untuk Anak 1.jpg

Foto: freepik.com

Melon adalah salah satu buah yang mengandung berbagai nutrisi penting untuk kesehatan dan kekuatan tulang, seperti folat, vitamin K, magnesium, kalsium, fosfor, dan zinc.

Dengan menambahkan melon ke dalam pola makan Si Kecil, Moms bisa membantu tubuh mencegah hilangnya mineral dari tulang serta mendukung perkembangan tulang yang kuat dan sehat.

Baca Juga: 5 Manfaat Kesehatan Buah Labu untuk Balita

3. Melindungi Kesehatan Mata

Cari Tahu Disini, 6 Manfaat Buah Melon Untuk Anak 2.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat buah melon juga berasal dari kandungan lutein dan zeaxanthin, dua jenis antioksidan kuat yang vital bagi kesehatan mata.

Menurut sebuah studi yang dilansir oleh National Institutes of Health, rutin mengonsumsi melon dan makanan lain yang mengandung dua antioksidan tadi dapat membantu menjaga penglihatan dan fungsi kesehatan mata hingga usia tua nanti.

4. Menguatkan Daya Tahan Tubuh

Cari Tahu Disini, 6 Manfaat Buah Melon Untuk Anak 3.jpg

Foto: freepik.com

Tahukah Moms, kalau dalam 1 porsi penyajian melon (sekitar 177 gram) dapat memenuhi 53% kebutuhan vitamin C harian anak?

Selain berperan penting dalam produksi sel darah putih dan fungsi sistem kekebalan tubuh, asupan vitamin C yang cukup juga membantu mencegah berbagai penyakit pernapasan dan infeksi sistemik seperti pneumonia dan salesma.

Baca Juga: 5 Buah Ini Ternyata Sangat Bermanfaat Bagi Balita

5. Melindungi Kesehatan Kulit

Cari Tahu Disini, 6 Manfaat Buah Melon Untuk Anak 4.jpg

Foto: healthypawspetinsurance.com

Moms mungkin sudah tahu, kalau vitamin C di dalam melon berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit anak dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Namun vitamin C rupanya juga berperan penting dalam produksi kolagen, sejenis protein yang vital dalam melindungi dan memperbaiki sel kulit agar tetap sehat dan kenyal.

6. Melancarkan Pencernaan

Cari Tahu Disini, 6 Manfaat Buah Melon Untuk Anak 5.jpg

Foto: healthline.com

Meski kandungan seratnya tidak sebanyak buah lain, rutin makan melon bisa meningkatkan kesehatan pencernaan, membantu menyeimbangkan kadar gula darah, serta mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Baca Juga: Segarnya Es Timun Melon, Begini Cara Membuatnya

7. Sumber Elektrolit dan Cairan

Cari Tahu Disini, 6 Manfaat Buah Melon Untuk Anak 6.jpg

Foto: draxe.com

Kandungan airnya yang lebih dari 90% memang menjadikan melon salah satu camilan sehat dan menyegarkan untuk anak. Namun, melon juga sebenarnya mengandung bermacam elektrolit seperti potasium, magnesium, sodium, dan kalsium.

Itulah kenapa melon direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah berolahraga atau saat Si Kecil sedang sakit karena dapat mengembalikan cairan dan elektrolit yang hilang.

8. Mengatasi Asam Lambung

manfaat buah melon

Foto: honeydew.jpg

Manfaat buah melon selanjutnya adalah dapat menghindari refluks asam dengan mempertahankan lendir, karena melon kaya antioksidan. Kandungan antioksidan dan serat di dalamnya mampu memberikan manfaat baik bagi tubuh Si Kecil.

Selain itu, buah melon juga mempunyai sifat pendingin dan kandungan air yang tinggi dapat membantu menurunkan kadar pH lambung.

9. Menyehatkan Jantung

manfaat buah melon

Foto: Orami Stock Photos

Buah melon bisa membantu Si Kecil dalam menjaga kesehatan jantungnya melalui dua cara. Pertama dengan kadar serat yang tinggi, di mana dapat membantu mengurangi kolesterol jahat pada tubuh, sehingga bisa melindungi tubuh dari aterosklerosis.

Kedua, buah melon tinggi kalium yang berperan sebagai vasolidator. Di mana dapat membantu mengurangi tekanan darah, sehingga menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung koroner dan serangan jantung sejak dini.

Baca Juga: Jus Buah untuk Anak, Sebenarnya Sehat atau Tidak?

Moms tetap harus memperhatikan pemberian buah melon pada anak. Misalnya dengan memilih buah melon yang tidak terlalu matang dan mempuntai aroma segar khas melon.

Agar Si Kecil bisa merasakan manfaat buah melon dengan maksimal, pastikan Si Kecil juga tetap menjalankan pola makan yang sehat ya, Moms.

Nah, apa Moms punya resep berbahan melon yang cocok untuk anak?

Artikel Terkait