BALITA DAN ANAK
10 Juni 2020

Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengobati Bintitan pada Balita dengan Tepat

Meski bintitan dapat hilang sendiri setelah beberapa hari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dona Handayani
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bintitan memang sangat menganggu aktivitas seseorang. Tidak hanya dewasa, anak-anak hingga balita pun dapat mengalami bintitan. Dikutip dari laman Saint Louise Children’s Hospital, dijelaskan bahwa bintitan merupakan benjolan yang terdapat diujung kelopak mata seseorang dan dapat dengan mudah dilihat dengan kasat mata.

“Bintitan bukanlah penyakit menular. Sama halnya dengan jerawat, bintitan terjadi karena adanya iritasi di dalam kulit,” terang Dr. Debra Rose Wilson, associate professor dan juga praktisi kesehatan dalam pengobatan herbal dan alternatif.

Diterangkan juga dalam laman MedicineNet, bahwa bintitan biasanya terasa sakit, muncul bengkak di area sekitar lipatan kelopak mata, dan tampak kemerahan. Lalu sebenarnya apa penyebab bintitan balita dan bagaimana cara mengobatinya? Simak artikel berikut sampai selesai.

Baca Juga: Apa Penyebab Bintitan di Mata Balita?

Penyebab Bintitan Balita

stye-579a414a3df78c32762ce127.jpg

Foto: verywellfamily.com

Bintitan atau munculnya benjolan kecil di ujung kelopak mata baik di bagian dalam maupun di luar kelopak. Penyebab bintitan balita disebabkan karena lapisan minyak pada bawah kelopak tersumbat oleh kulit mati.

Selain hal tersebut, penyebab bintitan balita karena adanya infeksi yang diakibatkan oleh bakteri staphylococcus aureus.

Bintitan pada balita memang dapat membuat balita menjadi tidak nyaman. Rasa gatal dan perih pada area mata terkadang membuat Si Kecil tidak tahan untuk menggosok matanya. Pastikan Si Kecil menghindari aktivitas mengucek mata ini karena dapat membuat bintitan semakin terinfeksi.

Baca Juga: 4 Cara Merawat Bayi Bintitan, Tidak Sembarangan ya Moms!

Cara Mengobati Bintitan pada Balita

Watery-Eyes-In-Children--5-Causes-10-Symptoms.jpg

Foto: momjunction.com

Meski bintitan bukanlah penyakit yang berbahaya, namun munculnya bintitan pada balita dapat mengganggu mood dan aktivitas Si Kecil sepanjang hari. Memang bintitan merupakan penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar 1- 10 hari, namun Moms dapat melakukan langkah berikut sebagai cara mengobati bintitan balita.

  • Basahkan waslap dengan air hangat, lalu kompres mata Si Kecil dengan waslap hangat selama kurang lebih 10 sampai 15 menit.
  • Pada saat melakukan kompres, ada kemungkinan area bintitan balita akan semakin terlihat membesar atau mengembung. Ini wajar terjadi, namun jangan memecahkan bintitan balita. Ini akan membuat bintitan semakin memburuk.
  • Lakukan cara mengobati bintitan balita dengan cara ini setiap hari. Moms dapat mengompresnya tiga sampai empat kali dalam sehari.
  • Moms juga dapat memberikan tambahan parasetamol pada balita jika kompres tidak cukup untuk mengurangi rasa sakit akibat bintitan. Berikan parasetamol dengan dosis dan takaran yang tepat. Baca aturan pakai pada kemasan parasetamol.
  • Jika bintitan tidak kunjung membaik dalam 7-10 hari, konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan pengobatan terbaik terkait bintitan yang diderita balita.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Mengatasi Bintitan pada Anak dengan Bahan Alami

Itulah beberapa cara mengobati bintitan balita yang dapat Moms aplikasikan di rumah. Pastikan tangan Moms selalu bersih saat mengobati bintitan balita agar tidak mengotori mata Si Kecil yang sakit.

Artikel Terkait