KEHAMILAN
13 April 2020

Waspada Carpal Tunnel Syndrome Saat Hamil Jika Tangan Sering Kebas!

Tidur yang terganggu, mudah lelah, dan pegal-pegal menjadi problema ibu hamil. Lalu bagaimana jika pegal pada bagian tangan terjadi berlarut-larut?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Dina Vionetta

Carpal Tunnel Syndrome saat hamil merupakan masalah yang terkadang ditemui perempuan yang sedang mengandung. Salah satu cirinya adalah tangan yang kebas.

Tak sedikit Moms yang merasakan berbagai masalah saat hamil. Memasuki awal kehamilan beberapa Moms mengalami mual dan muntah hebat.

Memasuki akhir kehamilan banyak Moms yang mengalami keluhan sulit tidur dan pegal-pegal karena beban kehamilan yang semakin membesar.

Pegal saat hamil memang menjadi hambatan, apalagi membuat kita menjadi sulit untuk tidur. Keluhan seperti kesemutan hingga kebas kerap dialami ibu hamil di usia kehamilan yang semakin membesar.

Jangan salah, Moms. Kesemutan hingga kebas pada tangan ini bisa jadi menjadi tanda Moms terkena CTS (Carpal Tunnel Syndrome) saat hamil.

Apa itu Carpal Tunnel Syndrome?

Waspada CTS Jika Tangan Kebas dan Kesemutan Saat Hamil.jpg

Foto: hreepik.com

Dikutip dari Canadian Medical Association Journal, Carpal Tunnel Syndrome saat hamil terjadi ketika ada penumpukan cairan (edema) di jaringan di pergelangan tangan.

Pembengkakan ini menekan saraf, yang disebut saraf median, yang mengalir ke tangan dan jari kita, sehingga menyebabkan kesemutan dan mati rasa.

Moms juga mungkin merasakan genggaman tangan yang lebih lemah dan lebih sulit untuk menggerakkan jari-jari saat mengalaminya.

Carpal Tunnel Syndrome saat hamil biasanya terjadi pada trimester kedua atau trimester ketiga.

Jika Moms mengalami hal ini di kehamilan pertama, maka tidak menutup kemungkinan akan cenderung mengalaminya kembali pada kehamilan berikutnya.

Bahkan, Carpal Tunnel Syndrome saat hamil juga dapat berlanjut, atau berkembang, pada hari-hari setelah kelahiran Si Kecil.

Baca Juga: Sering Mengonsumsi Obat Anti Nyeri? Ini Bahayanya

Mengatasi Carpal Tunnel Syndrome Saat Hamil

Menurut Angela Growse, seorang fisioterapis di Pusat Kesehatan Rebirth di London, Ontario, dalam mengatasi Carpal Tunnel Syndrome saat hamil Moms bisa melakukan hal ini.

1. Kurangi Asupan Garam dan Minum Banyak Air

Waspada CTS Jika Tangan Kebas dan Kesemutan Saat Hamil 2.jpg

Foto: freepik.com

Langkah ini dilakukan untuk mengurangi retensi cairan dan berlatih gerakan tangan yang baik. Usahakan untuk mandi air dingin yang justru mampu mengurangi keluhan dari gejala ini.

Maka, pastikan Moms tidak setiap saat mandi menggunakan air hangat saat mengalami Carpal Tunnel Syndrome saat hamil. Hal ini dilakukan untuk mengurangi nyeri yang diakibatkan oleh CTS.

Baca Juga: Cara Menggendong Anak yang Benar Agar Tak Nyeri Bahu

2. Berenang

Waspada CTS Jika Tangan Kebas dan Kesemutan Saat Hamil 3.jpg

Foto: freepik.com

Angela Growse juga memaparkan, bahwa secara pribadi Ia lebih menyarankan untuk berenang selama kehamilan, hal ini dikarenakan tekanan hidrostatik di mana-mana sehingga bisa membantu mengatasinya.

Jadi, jangan ragu-ragu untuk berenang saat hamil ya Moms, tapi pastikan kembali Moms dan kehamilan dalam kondisi yang baik.

3. Peregangan

Waspada CTS Jika Tangan Kebas dan Kesemutan Saat Hamil 4.jpg

Foto: freepik.com

Latihan penguatan atau genggaman yang lembut bisa membantu memompa cairan saat gerakan dilakukan.

Regangkan tangan dari jari ke atas menuju ketiak, di mana kelenjar getah bening akan memproses cairan ekstra sehingga mampu menekan pembengkakan dengan lembut.

Moms bisa melakukan gerakan peregangan ini saat bangun tidur atau pagi hari.

Dalam kasus yang parah, bebat pergelangan tangan, fisioterapi atau akupunktur mungkin diperlukan.

Moms juga bisa mengikuti senam kehamilan ataupun yoga untuk meminimalisir terjadinya CTS atau Carpal Tunnel Syndrome saat hamil.

Baca Juga: Ini Buah dan Sayuran Pantangan Ibu Hamil

Artikel Terkait