PERNIKAHAN & SEKS
25 Mei 2019

Catat, Begini Tanda Hubungan Suami Istri yang Tidak Sehat

Jangan sepelekan tanda hubungan suami istri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky

Tanda-tanda hubungan yang sehat dan penuh kasih sayang pastinya sudah jelas yakni seperti Moms tidak bisa saling melepaskan tangan. Setiap lelucon yang dibuat pasangan akan membuat Moms tertawa dan tidak ada yang ingin Moms lakukan selain menghabiskan waktu bersama satu sama lain. Namun, bagaimana jika tanda hubungan suami istri tidak sehat?

“Ketika tanda-tanda hubungan tidak sehat pertama kali muncul, kita mungkin mencoba menganggapnya biasa sebab tidak ada hubungan yang sempurna. Dan sangat sulit untuk mengakui sesuatu yang sama pentingnya dengan pernikahan seseorang yang menunjukkan tanda-tanda masalah, ”kata Dr. Inna Khazan, Ph.D.

Meskipun benar-benar benar bahwa tidak ada hubungan yang sempurna, penting untuk membedakan antara ketidaksempurnaan yang kita mau jalani dan yang tidak. Sekali masalah yang dianggap sepele namun bisa berujung masalah besar. Begini tanda hubungan suami istri tidak sehat yang wajib diwaspadai.

Tidak Bisa Menyelesaikan Masalah Keuangan

hubungan tidak sehat

Sementara beberapa pasangan membagi setiap pengeluaran dengan adil, namun dengan tidak jujur mengenai kondisi keuangan bisa menimbulkan masalah.

Meskipun ada sedikit bukti untuk mendukung klaim yang sering dikutip bahwa masalah keuangan adalah penyebab utama perceraian, ada banyak bukti yang menunjukkan masalah keuangan dapat menyebabkan masalah hubungan serius.

Bahkan, menurut para peneliti di Kansas State University, ketidaksepakatan keuangan di awal hubungan secara signifikan berkorelasi dengan ketidakpuasan hubungan secara keseluruhan.

Jadi, jangan anggap sepele masalah keuangan ini ya Moms.

Baca Juga: 7 Aktivitas Setelah Bercinta yang Semakin Hangatkan Hubungan Suami-Istri

Tidak Berpartispasi Pada Apa yang Pasangan Senangi

hubungan tidak sehat

Memang menyenangkan untuk Moms berpartisipasi dalam kegiatan yang pasangan sukai.

Namun, jika Moms atau pasangan terus mencari alasan untuk tidak menonton film yang ingin ditonton, mengikuti kelas melukis bersama, atau bahkan memasak makan malam bersama, itu pertanda awal hubungan Moms mungkin sedang tidak stabil.

Dukungan sekecil apapun akan sangat berguna bagi hubungan keduanya.

Merasa Tidak Nyaman Jika Terlalu Dekat

hubungan tidak sehat

Hubungan yang terlalu dekat memiliki dua sisi koin. Sisi lainnya baik untuk menjalin hubungan yang serius dan saling mendukung.

Namun, jika kedekatan itu menimbulkan rasa tidak nyaman justru akan menimbulkan masalah atau pertanda kalau hubungan suami istri tidak sehat. Pada bagian tertentu, Moms mungkin merasa tidak nyaman jika sedang bersama. Tentu hal ini buruk bagi hubungan Moms dan pasangan.

Mengabaikan Satu Sama Lain

hubungan tidak sehat

Tentu, bukan hal yang aneh untuk menemukan pasangan yang sibuk dengan ponsel meski sedang bersama.

Namun, jika kondisi ini terjadi setiap saat ada kalanya Moms perlu meluangkan waktu menjalin hubungan intens berdua.

Baca Juga: Sadari Pentingnya Koneksi Emosional Bagi Hubungan Suami Istri

Malas untuk Berdiskusi

hubungan tidak sehat

Bertengkar adalah hal yang akan membawa kondisi buruk bagi hubungan Moms dan pasangan.

Namun jika tidak ada diskusi tentu hal tersebut buruk bagi hubungan Moms dan pasangan. Maka sebaiknya Moms membuka waktu dan diri untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai masalah atau hal yang akan dihadapi. Jangan sampai ada perasaan malas untuk saling berdiskusi.

Nah, apakah Moms pernah mengalami salah satu dari tanda hubungan suami istri tidak sehat?

(GSA/IRN)

Artikel Terkait