PROGRAM HAMIL
19 Mei 2020

5 Tips Seks Aman dan Nyaman saat Hamil, Catat!

Secara umum, seks saat hamil terbilang aman
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Carla Octama

Banyak pasangan khawatir untuk berhubungan seks saat hamil. Ada Dads yang tidak tega dan takut akan menyakiti janin dalam kandungan, ada juga Moms yang takut dan merasa tidak nyaman.

Dikutip dari National Health Service, tidak ada masalah dengan berhubungan seks saat hamil, kecuali jika dokter atau bidan yang menyarankan Moms untuk tidak melakukannya.

Ada beberapa kondisi yang memang tidak memungkinkan untuk Moms melakukan seks saat hamil. Seperti kehamilan kembar, masalah pada serviks, pecah ketuban, punya riwayat melahirkan prematur, dan usia kehamilan terlalu dini.

Selebihnya, seks aman dilakukan saat hamil. Namun, demi keamanan dan kenyamanan pasangan, hubungan seks saat hamil juga harus diperhatikan.

Dengan kondisi perut Moms yang makin membesar, Moms dan Dads mungkin agak sedikit kesulitan saat berhubungan seks.

Baca Juga: Apakah Boleh Menggunakan Alat Bantu Seks Saat Hamil?

Tips Seks saat Hamil

6 Alasan Kenapa Hubungan Seks Sakit Saat Hamil, Moms Perlu Tahu!.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Agar hubungan seks tetap menyenangkan selama hamil, Moms harus perhatikan tips berhubungan seks aman dan nyaman saat hamil berikut.

1. Oral Seks juga Menakjubkan

Saat hamil, Moms mungkin bisa mempertimbangkan oral seks. Beberapa pasangan sudah sangat terbiasa dengan oral seks. Nah, Moms yang belum terbiasa mungkin akan menemukan kenikmatan oral seks saat hamil ini.

Saat melakukan oral seks, Moms dan pasangan bisa menghindari tekanan berlebih pada area perut Moms yang makin membuncit. Oral seks juga tidak akan terlalu menguras tenaga Moms yang semakin cepat lelah.

Kelihaian Moms dan pasangan dalam melakukan oral seks akan sangat menentukan berhasil tidaknya orgasme. Jangan khawatir, semakin sering dilakukan, Moms dan pasangan akan semakin terbiasa dan lihai. Oral seks juga akan terasa semakin menggairahkan.

2. Perubahan Posisi saat Berhubungan Seks

Saat berhubungan seks dengan penetrasi saat hamil, posisi menjadi pertimbangan utama. Perut Moms yang semakin hari semakin membuncit akan membuat Moms kesulitan melakukan posisi-posisi tertentu.

Posisi yang paling aman dan sering dilakukan saat ibu hamil berhubungan seks adalah posisi memijak.

Untuk melakukan posisi ini, Moms hanya perlu berbaring dengan menekukkan lutut di ujung tempat tidur, seperti posisi akan melahirkan.

Dads mengambil posisi berdiri di hadapan Moms. Jika posisi Moms kurang tinggi untuk Dads, Moms bisa mengganjal bokong dengan bantal.

Posisi spooning juga umum dilakukan ibu hamil saat berhubungan seks. Untuk melakukan posisi ini, Moms dan Dads hanya perlu tidur dengan posisi Moms membelakangi Dads.

Penetrasi bisa dilakukan Dads dari belakang sambil merangkul Moms. Posisi ini sangat aman karena tidak ada tekanan di area perut.

Posisi woman on top dan doggy style juga cukup populer dilakukan saat hamil. Posisi-posisi ini terbilang aman karena tidak mengharuskan adanya tekanan pada perut Moms yang membuncit.

Untuk seks dengan penetrasi ini, Moms harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Moms dengan kondisi kandungan tertentu memang sebaiknya menghindari seks dengan penetrasi. Pendarahan bisa jadi risiko yang harus Moms tanggung jika memaksakanya.

Baca Juga: Pendarahan setelah Berhubungan Seks saat Hamil, Normalkah?

3. Bisa Membantu Proses Bukaan Persalinan

Moms jangan khawatir penetrasi akan mengganggu janin dalam kandungan. Beberapa studi membuktikan bahwa seks dengan penetrasi aman saat hamil selama tidak ada gangguan kehamilan.

Moms, janin dalam kandungan dilindungi air ketuban dan lendir serviks yang akan menghalau sperma untuk masuk ke dalam rahim. Jadi Moms tidak usah khawatir sperma akan menyakiti janin dalam kandungan.

Sebaliknya, sperma bisa membantu Moms dalam proses bukaan persalinan. Sperma konon bisa memberikan efek tertentu yang membuat rahim terbuka. Ini juga sering disebut sebagai induksi alami.

Banyak dokter kandungan menyarankan rutin melakukan seks dengan penetrasi ketika memasuki usia kandungan 36 minggu untuk membantu pembukaan jalan lahir.

Manfaatkan kesempatan ini Moms. Mengingat dalam beberapa bulan setelah melahirkan, Moms dan Dads harus libur berhubungan seks.

4. Tetap Percaya Diri

Perubahan tubuh saat hamil membuat banyak perempuan jadi tidak percaya diri dengan tubuh mereka.

Berat badan yang meningkat tajam, perut yang membuncit, payudara yang membesar, mudah lelah, dan perubahan lainnya membuat Moms tidak cukup percaya diri untuk berhubungan seks.

Stop merasa seperti itu ya Moms! Kehamilan adalah sebuah anugerah dan perubahan yang terjadi saat hamil adalah bagian dari anugerah tersebut. Moms harus tetap percaya diri.

Baca Juga: 5 Pertanyaan Seputar Hubungan Seks yang Sering Muncul Ketika Sedang Hamil

5. Lakukan Hal Intim Lain selain Seks

Berhubungan seks bukan satu-satunya cara untuk intim dengan pasangan, terutama saat hamil. Cukup banyak cara yang bisa Moms dan Dads lakukan tanpa harus melakukan seks.

Dads bisa memberikan Moms pijatan di area kaki, punggung, dan area lain yang umumnya terasa nyeri saat hamil. Pijatan lembut sambil berbincang bisa jadi hal yang intim dan mesra.

Hal lain yang bisa Moms dan Dads lakukan adalah pergi babymoon. Nikmati kebersamaan sebelum kalian disibukkan dengan mengurus bayi beberapa bulan lagi.

Itulah lima tips berhubungan seks aman dan nyaman saat hamil. Moms juga bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan terkait hal ini. Selamat mencoba!

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar program hamil dan kehamilan, Moms bisa bergabung dengan komunitas dan mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait