KESEHATAN
30 September 2019

Catat, Ini 6 Makanan yang Bisa Menghilangkan Bau Mulut

Mengunyah jenis makanan ini, bisa menghilangkan bau mulut. Berani coba?
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah cara terbaik untuk mencegah bau mulut. Dan, perlu diingat juga, makanan yang Moms masukkan ke dalam tubuh dapat memengaruhi bau mulut.

Kebanyakan orang mempelajari jenis makanan untuk menjaga agar tidak bau mulut. Tapi, ternyata, ada beberapa makanan yang bisa membantu kita menghilangkan bau mulut. Yuk kita lihat sama-sama!

Baca Juga: Bau Mulut pada Anak, Apa Sebabnya?

1. Buah dan Sayuran Mentah

vegetables-fruit-mixed-heart.jpg

Foto: newfoundbalance.com

Buah-buahan dan sayuran yang renyah seperti seledri, mentimun, pir, dan apel adalah solusi 2-in-1 untuk bau mulut. “Selain membantu mulut Anda menghasilkan air liur yang membersihkan bakteri penghasil bau, kerenyahan buah dan sayur juga bertindak seperti pembersih pada gigi Anda. Menghilangkan partikel makanan, sehingga tak ada lagi yang bisa dirusak bakteri,” ungkap Drg Gigi Meinecke, dosen di Akademi Kedokteran Gigi Umum Maryland.

2. Yoghurt Probiotik

kepedasan yoghurt

Foto: freepik.com

Yoghurt dengan probiotik mengandung bakteri baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa bakteri baik ini dapat menurunkan kadar senyawa sulfit di mulut Anda yang menyebabkan bau mulut. “Pastikan untuk menghindari yogurt dengan tambahan gula!” tambah Drg Meinecke.

Baca Juga: Selamat Tinggal Bau Mulut!

3. Peterseli dan Kemangi

kemangi - goodhousekeeping.com.jpg

Polifenol dalam herbal ini bertindak seperti antioksidan. Membantu memecah senyawa sulfur di mulut. Ingin makan makanan berbawang putih? Gabungkan saja masakan dengan peterseli atau basil untuk menjaga agar bau bawang tidak menempel setelah makan malam.

4. Ceri

Tart Cherry Juice

Penelitian menunjukkan ceri menghilangkan bau metil mercaptan, gas penyebab bau mulut yang dilepaskan oleh bakteri di mulut. Selain ceri, selada juga punya keandalan yang sama.

5. Permen Karet Tanpa Gula

200208483-001.jpg

Foto: health.com

“Mengunyah permen karet tanpa gula mengendurkan makanan dan sel-sel mati dari gigi Anda. Dan menghilangkan hal-hal yang dibutuhkan bakteri mulut untuk membuat bau mulut,” ucap Drg Meinecke.

Cari permen karet yang dimaniskan dengan xylitol, alternatif gula sehat yang secara alami menghambat bakteri mulut.

6. Melon dan Jeruk

asam lambung melon.jpg

Vitamin C dalam buah melon dan jeruk secara alami mengubah mulut menjadi tempat yang tidak bersahabat untuk bakteri penyebab bau mulut. Yang buruk untuk bakteri, bagus untuk kita!

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Nah, itulah aneka makanan yang bisa menghilangkan bau mulut dan bagus untuk terus kita konsumsi. Yuk, perbanyak memakannya, Moms, agar bau mulut hilang dan tidak mengganggu lagi.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait