GAYA HIDUP
15 Agustus 2019

Catat, Ini Cara Menurunkan Kolesterol tanpa Obat

Berikut cara-cara menurunkan kolesterol tanpa obat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Moms, punya kolesterol tinggi itu memang paling enggak enak. Selain leher berat, kepala pusing, dan badan pegal-pegal, kolesterol pun meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Namun, berita baiknya adalah kolesterol ini bisa diturunkan dengan mengganti gaya hidup, yakni dengan menghindari kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

Dr. Suzanne Steinbaum, ahli jantung di Lenox Hill Hospital, New York City mengatakan, dia memberi tahu pasien bahwa mereka harus mulai pada satu titik dan terus jalani.

"Saat Anda mengubah gaya hidup Anda, semuanya pun ikut berubah dan perubahan kesehatan yang membaik bisa dilihat pada 6 minggu sampai 3 bulan ke depan," katanya.

Kolesterol bisa diturunkan dengan obat-obatan. Tapi, mengonsumsi obat-obatan terlalu sering juga tidak baik karena bisa jadi ketergantungan.

Tapi tenang, Moms, ada kok cara menurunkan kolesterol tanpa obat, asalkan benar-benar dilakukan secara rutin dan jadi kebiasaan. Yuk, simak caranya di bawah ini.

Baca Juga: Ubah Gaya Hidup Jadi Lebih Sehat dengan Bahan Makanan Alami

1. Hindari Makanan yang Digoreng

Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat1.jpg

Makanan yang digoreng seperti fast food atau gorengan mengandung banyak lemak trans yang punya kandungan kolesterol yang tinggi. Untuk itu, sebaiknya konsumsi makanan yang direbus, dikukus, atau dipanggang.

Makanan yang direbus atau dikukus mengandung lebih sedikit minyak sehingga bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Hindari Konsumsi Makanan Ini

Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat2.jpg

Untuk menurunkan kolesterol tanpa obat, tentu ada beberapa makanan yang harus dipantang. Apa saja makanannya?

  • Kuning telur ayam
  • Otak sapi
  • Santan
  • Susu sapi
  • Cokelat
  • Mentega
  • Jeroan
  • Daging sapi berlemak
  • Keju
  • Seafood (kepiting, udang, kerang, siput, belut, tiram)
  • Telur burung puyuh

Jangan bingung mau makan apa, Moms. Masih ada banyak pilihan makanan lain yang aman dikonsumsi, kok, seperti putih telur ayam, susu sapi non fat, daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, daging kambing tanpa lemak, ikan air tawar, dan ikan ekor kuning.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi? Ini Makanan yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari

3. Gunakan Minyak Zaitun untuk Memasak

Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat3.jpg

Bila Moms masih menggunakan minyak sayur biasa di rumah, saatnya ganti dengan minyak zaitun. Minyak zaitun punya kandungan antiinflamasi dan asam olat yang bisa mengurangi kolesterol jahat.

Minyak zaitun juga merupakan satu-satunya minyak yang punya kandungan lemak tak jenuh (lemak baik) yang tinggi. Lemak tak jenuh ini berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

4. Hindari Makanan Manis

Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat4.jpg

Eits, konsumsi gula berlebih enggak cuma berkaitan dengan obesitas dan diabetes, lho. Riset terbaru membuktikan bahwa terlalu banyak mengonsumsi gula juga bisa memengaruhi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Miriam Vos, MD dari Atlanta Emory University meneliti kaitan asupan gula tambahan dan kontribusinya pada tingginya kolesterol bagi orang-orang Amerika.

Hasilnya, responden yang mengonsumsi gula tambahan paling banyak ternyata punya kadar kolesterol jahat paling tinggi.

Sedangkan responden yang mengonsumsi gula paling sedikit punya kadar kolesterol baik yang tinggi. Gula tambahan merupakan pemanis berkalori dan banyak digunakan dalam pembuatan cokelat, kue, atau es krim.

5. Olahraga Teratur

Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat5.jpg

Cobalah untuk olahraga secara teratur, setidaknya 2,5 jam selama seminggu untuk menaikkan lemak baik (HDL) dan menurunkan lemak jahat (LDL) juga trigliserida.

Kalau Moms atau Dads baru mau memulai, jangan terlalu dipaksakan. Mulai coba dengan berjalan kaki di sekitar perumahan selama 10-30 menit per hari.

Pilih kegiatan olahraga yang Moms suka, misalnya berenang, lari pagi, jalan cepat, atau aerobik. Moms bisa juga mengajak teman untuk berolahraga supaya makin semangat.

Baca Juga: Olahraga 10 Menit, Janjikan Tubuh Makin Sehat

6. Tidur yang Cukup

Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat6.jpg

Jangan sepelekan waktu tidur, Moms. Ternyata, kurang tidur pun bisa membuat kolesterol jahat dalam tubuh meningkat, lho. Pasalnya, jika tubuh kekurangan waktu tidur maka metabolisme kolesterol bisa terganggu.

Ada sel-sel yang cenderung kurang cukup bergerak untuk memperbaiki kolesterol jika waktu tidurnya kurang. Selain merusak metabolisme kolesterol, kurang tidur pun bisa membuat ketahanan tubuh menurun dan meningkatkan risiko berbagai penyakit.

7. Rajin Konsumsi Makanan Ini

Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat7.jpg

Ternyata ada banyak makanan yang mengandung lemak baik tinggi sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol. Apa saja makanan itu?

  • Alpukat
  • Bawang putih
  • Kacang-kacangan (almond, kacang tanah)
  • Ikan seperti salmon dan tuna
  • Sayur-sayuran yang kaya akan serat
  • Buah-buahan
  • Oatmeal dan nasi merah

Itulah cara-cara menurunkan kolesterol tanpa obat yang bisa Moms lakukan. Namun, kebiasaan di atas perlu dilakukan secara terus menerus bila mau hasil yang optimal.

Kebiasaan baik perlu dibangun dan hasilnya tidak bisa instan seperti minum obat. Maka, komitmen untuk mau mengubah gaya hidup jadi sehat merupakan hal nomor satu yang perlu ditanam dalam diri.

(SR/ERN)

Artikel Terkait