GAYA HIDUP
22 Januari 2020

Cegah Anemia, Konsumsi Makanan Penambah Darah Ini!

Anemia dapat membuat seseorang lemas dan lelah menjalani rutinitas
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan dalam sehari, wajar jika terkadang seseorang bisa merasa lelah dan tidak bertenaga. Belum lagi dengan tekanan dalam menjalani kehidupan yang bisa membuat stres.

Tidak memiliki gaya hidup yang sehat membuat seseorang berisiko memiliki penyakit-penyakit tertentu, salah satunya adalah kondisi anemia. Karena itu, penting mengonsumsi makanan tinggi zat besi sebagai penambah sel darah merah.

Lalu, apa hubungannya zat besi, sel darah (hemogoblin), dengan anemia?

Mengutip Australian Red Cross, hemoglobin adalah protein yang mengandung zat besi, ditemukan dalam sel darah merah. Oksigen bergerak ke dalam sel darah merah dan berikatan dengan hemoglobin, sehingga dapat diangkut ke seluruh tubuh.

Baca Juga: Sebelum Terjadi, Ini 7 Cara Mencegah Anemia

Dampak Tidak Cukup Konsumsi Makanan Penambah Darah

makanan penambah darah-lelah

Foto: Orami Stock Photos

Brian Thompson, dalam paper Food and Agriculture Organization (FAO), menyebutkan bahwa kekurangan zat besi dan anemia memiliki dampak yang signifikan pada kesejahteraan manusia.

Pada individu, kekurangan zat besi punya beberapa efek negatif pada fungsi-fungsi penting tubuh, seperti pertumbuhan terlambat, menghambat perkembangan fisik dan mental, dan melemahkan imunitas tubuh.

Hal ini juga berkaitan dengan gangguan respons imun, penurunan resistensi terhadap infeksi, peningkatan angka kesakitan dan kematian, memengaruhi kesehatan kehamilan, dan penurunan kinerja sekolah.

Jika Moms mengalami kondisi ini, maka perlu mengonsumsi makanan penambah darah sebagai cara mengatasi anemia yang efektif. Berikut ini daftar makanannya.

Baca Juga: 6 Dampak Kekurangan Zat Besi pada Balita

Makanan Penambah Darah yang Cegah Anemia

1. Makanan Kaya Vitamin C

makanan penambah darah-vitamin c

Foto: Orami Stock Photos

Zat besi tidak dapat sepenuhnya diserap oleh tubuh, oleh karena itu, diperlukan nutrisi lain untuk membantu menyerap zat besi dengan baik oleh tubuh. Caranya, dengan mengonsumsi makanan sumber vitamin C.

Mengutip EatRight.org, kombinasikan sumber zat besi vegetarian dengan vitamin C dalam makanan yang sama. Beberapa contoh makanan yang kaya akan vitamin C yaitu:

  • Buah jeruk
  • Lemon
  • Paprika
  • Tomat
  • Buah beri
  • Sayuran hijau

2. Makanan Tinggi Vitamin A

makanan penambah darah-vitamin a

Foto: Orami Stock Photos

Selain vitamin C, penyerapan zat besi juga bisa menjadi lebih optimal dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin A. Barengi dengan makanan kaya zat besi lainnya ya, Moms.

Makanan tinggi vitamin A dapat ditemukan dari makanan hewani, seperti ikan dan hati. Sementara, beta-karoten biasanya ada pada buah dan sayuran warna merah, kuning, dan jingga. Berikut ini beberapa makanan tinggi vitamin A dan beta-karoten:

  • Ikan
  • Hati
  • Labu
  • Ubi jalar
  • Kale
  • Wortel
  • Mangga

Baca Juga: Yuk, Berikan 9 Makanan Kaya Zat Besi Ini untuk Anak

3. Konsumsi Sumber Zat Besi

makanan penambah darah-makanan tinggi zat besi

Foto: Pixabay.com

Tentunya, jika kekurangan zat besi, Moms perlu mengonsumsi makanan penambah darah yang kaya akan zat besi. Zat besi berfungsi meningkatkan produksi hemoglobin, yang membuat lebih banyak sel darah merah.

Beberapa makanan kaya zat besi, yaitu:

  • Daging dan ikan
  • Produk kedelai, termasuk tahu
  • Telur
  • Buah-buahan kering seperti kurma
  • Brokoli
  • Sayuran berdaun hijau, seperti kangkung dan bayam
  • Kacang hijau
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Selai kacang

4. Asam Folat Juga Perlu Dikonsumsi

makanan penambah darah-asam folat

Foto: Orami Stock Photos

Jarang disorot, siapa sangka bahwa asam folat juga sama pentingnya sebagai makanan penambah darah pencegah anemia.

"Asam folat, vitamin B-kompleks, diperlukan untuk membuat sel darah merah, dan defisiensi asam folat secara otomatis mengarah pada kadar hemoglobin rendah", kata Dr. Manoj K. Ahuja, dokter pulmonolog di Fortis Hospital, mengutip Food NDTV.

Beberapa sumber makanan asam folat yang baik yaitu:

  • Sayuran berdaun hijau
  • Kecambah
  • Gandum
  • Kacang tanah
  • Pisang
  • Brokoli
  • Hati ayam

Itu dia makanan penambah darah yang kaya nutrisi untuk mencegah Moms dari risiko anemia. Paling penting, jaga pola makan tetap sehat dengan mengonsumsi sayuran dan buah, ya Moms!

Artikel Terkait