BAYI
8 Mei 2020

Cegah Bayi Tersedak Saat MPASI Pertama

Perhatikan tekstur makanannya ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mendekati usia bayi enam bulan, saatnya Moms harus sudah mempersiapkan bayi untuk menerima makanan padat pertamanya.

Hal ini tentu dapat menjadi tantangan tersendiri bagi Moms yang baru pertama kali memiliki anak.

Terutama jika muncul rasa khawatir mengenai apakah bayi telah siap untuk MPASI atau hal apa saja yang perlu dilakukan agar bayi tidak tersedak saat makan makanan padat pertamanya.

Tips Mencegah Bayi Tersedak saat Makan MPASI

Untuk itu, cek beberapa tips mencegah bayi tersedak saat makan MPASI berikut ini.

1. Memperlihatkan Tanda Siap MPASI

1 Memperlihatkan Tanda Siap MPASI.jpg

Foto: prostooleh / Freepik.com

Salah satu tips mencegah bayi tersedak saat makan MPASI adalah dengan mengecek apakah bayi sudah memperlihatkan tanda-tanda telah siap MPASI.

Selain usia bayi yang telah mencapai enam bulan, tanda lain yang perlu diperhatikan adalah jika baik sudah dapat duduk sendiri.

“Ini merupakan tanda utama terkait kapan bayi sudah dapat makan,” ungkap Dokter anak di Hassenfeld Children’s Hospital, NYU Langone, New York City, Lauren Kupersmith, MD, seperti dikutip dari thebump.com.

Ini menunjukkan bahwa bayi sudah dapat menahan kepalanya sendiri dan tidak perlu dibantu saat berada di posisi tegak, dimana hal tersebut sangat penting untuk mencegah bayi tersedak.

Baca Juga: 3 Langkah Mengatasi Bayi Tersedak, Segera Lakukan!

Tekstur Lembut

2 Tektsur Lembut.jpg

Foto: Pixabay.com

Dikutip dari C. S. Mott Children’s Hospital Michigan Medicine, hindari makanan yang bulat dan berupa potongan besar untuk mencegah bahaya tersedak.

Tips mencegah bayi tersedak saat makan MPASI pertamanya adalah dengan memastikan tekstur makanan yang diberikan lembut dan mudah dicerna oleh bayi.

Untuk MPASI pertama, Moms dapat memberikannya dalam bentuk puree yang sangat halus. Perlahan, bayi yang mulai bisa beradaptasi dengan tekstur lembut dapat secara bertahap diperkenalkan dengan tekstur yang lebih padat.

“Umumnya, di usia sembilan sampai 12 bulan, Anda bisa mulai memberikan buah dan sayuran mentah,” ahli diet sekaligus praktisi profesional bagian pelayanan gizi di BC Children’s Hospital, Heather Lovelace, seperti dikutip dari todaysparent.com.

Untuk makanan yang keras (misalnya wortel dan apel) sebaiknya diparut terlebih dahulu dan makanan lunak (pisang dan alpukat) harus dipotong sangat kecil.

Baca Juga: 6 Makanan yang Bisa Bikin Balita Tersedak, Moms Wajib Tahu

Gunakan Sendok

3 Gunakan Sendok.jpg

Foto: yalehealth – Pixabay.com

Tips mencegah bayi tersedak saat makan MPASI pertama adalah memastikan Moms menggunakan sendok saat menyuapinya. Hal ini menjadi penting, karena pada beberapa kasus, orang tua kerap memberikan sereal atau makanan tambahan lain ke dalam botol bayi.

Hal ini sangat rentan menyebabkan bayi menjadi tersedak. Saat awal pemberian MPASI pertamanya, bersiaplah untuk kondisi yang berantakan. Karena mungkin akan mengeluarkan atau melepeh kembali beberapa makanan yang masuk.

Ini adalah hal yang wajar, karena bayi masih belajar untuk dapat mengolah masakan yang masuk. Untuk awal, berilah setengah sendok terlebih dahulu. Setelah bayi mulai beradaptasi, tambahkan porsinya dalam setiap sendok.

Perkenalkan MPASI pertama dalam satu waktu setiap hari. Misalnya pagi hari, karena di waktu tersebut bayi cenderung lebih lapar.

Baca Juga: Bahaya Tersedak Bagi Otak dan Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak

Itulah beberapa tips mencegah bayi tersedak saat makan MPASI pertamanya. Pastikan bayi telah siap dan MPASI yang Moms sajikan juga aman bagi bayi.

Artikel Terkait