KELUARGA
9 September 2019

Cegah Kanker Serviks, Moms Wajib Lakukan 5 Cara Ini

Jangan tunda! Ini yang perlu Moms lakukan untuk mencegah kanker serviks.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Kanker serviks atau kanker leher rahim kini sudah tak asing lagi terdengar di telinga kaum hawa, khususnya untuk para Moms. Kabar buruknya, dikutip dari data World Health Organization (WHO), Indonesia merupakan negara dengan jumlah penderita kanker serviks terbanyak di dunia. Wow!

Apa sebenarnya penyebab dari kanker ini? Hampir seluruh kasus kanker serviks disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV. Jenisnya ada seratus, tetapi sampai saat ini terdapat 13 jenis virus yang bisa menjadi penyebab kanker serviks dan biasanya virus ini ditularkan melalui hubungan seksual.

Lalu apa yang perlu Moms lakukan sedari dini untuk terhindar dari penyakit ini? Berikut 5 cara pencegahannya.

Rutin Melakukan Papsmear

keluarga, sex

Foto: greatist.com

Berapa pun usianya, jika sudah pernah melakukan hubungan badan atau melahirkan maka Moms sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan yang satu ini.

“Setiap perempuan yang sudah berhubungan intim wajib melakukan pemeriksaan papsmear setidaknya tiga tahun sekali,” ujar Summer Dewdney, MD, seorang ginekolog onkologi di Rush University Medical Center, Chicago.

Pemeriksaan papsmear dapat membantu dokter dan juga Moms dalam menjaga kesehatan area vital, khususnya dari serangan virus penyebab kanker serviks.

Baca juga: 9 Makanan Sehat Untuk Mencegah Kanker Serviks

Tes Lanjutan

keluarga, sex

Foto: Freepik.com

Jika pemeriksaan Moms hasilnya baik, maka bersyukurlah. Namun, jika dokter menyatakan terdapat hasil yang tidak normal, jangan buru-buru panik sebab belum tentu itu akibat HPV.

Lakukan beberapa tes lanjutan sesuai dengan kesepakatan bersama dokter obgyn. Kemudian tindak lanjuti hasil pemeriksaan sampai dokter menyatakan bahwa kondisi kewanitaan Moms sudah normal kembali.

Kalau Moms tidak menindaklanjuti proses pemeriksaannya, tentu akan sulit bagi dokter untuk membantu mencari tahu apa yang terjadi di dalam rahim Moms.

Lakukan Vaksinasi

syringe-doctor-prepared-syringe-vaccine-injunction-patient_118454-4234.jpg

Foto: Freepik.com

Jangan ragu untuk menginvestasikan uang Moms pada kesehatan. Tak ada salahnya untuk mengambil serangkaian proses vaksin HPV yang saat ini sudah bisa Moms dapatkan di mana saja.

Terdapat dua vaksin, yaitu Cervarix and Gardasil, keduanya dapat melindungi diri Moms dari jenis-jenis HPV yang menjadi pemicu terjadinya kanker serviks.

Lauri Markowitz, direktur asosiasi dari Science for HPV di Centers for Disease Control and Prevention, Amerika, mengatakan kalau vaksin ini bisa memberikan dampak yang luar biasa.

”Dampaknya benar-benar melebihi ekspektasi. Di masa percobaannya, hasil dari vaksin ini menunjukkan kalau vaksin HPV bekerja sangat efektif, dan data dari seluruh dunia mengkonfimrasi hasilnya,” ujar Lauri.

Baca juga: Berapa Biaya Vaksin HPV untuk Mencegah Kanker Serviks dan Kapan Harus Dilakukan?

Vaksin Sejak Remaja

keluarga

Foto: Freepik.com

Pemberian vaksin HPV tak harus selalu menunggu sesaat sebelum menikah. Dokter bahkan menyarankan bagi Moms untuk memberikan vaksin HPV sebagai kado terindah untuk anak perempuannya yang sudah remaja.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan agar setiap anak perempuan dan laki-laki mulai dari usia 11 tahun harus mendapatkan vaksin ini. Bahkan anak perempuan di usia 9 tahun sudah bisa mendapatkannya.

“Walaupun Anda sudah berusia 26 tahun atau lebih, jika belum mendapatkan vaksin ini, ada baiknya Anda segera melakukannya,” tegas Summer Dewdney, MD, seorang ahli ginekolog onkologis dari Rush University Medical Center, Chicago, Amerika Serikat.

Berhenti Merokok

keluarga

Foto: Freepik.com

Apa hubungannya merokok dengan kanker serviks? Menurut penelitian di Rush University Medical Center, rokok dapat meningkatkan risiko terkena kanker serviks dua kali lebih besar.

Penelitian tersebut bahkan menunjukkan bahwa produk tembakau yang dihisap dapat merusak DNA dari sel leher rahim dan berkontribusi mengembangkan potensi kanker serviks.

Namun, kalau Moms bukan perokok ada baiknya untuk tetap menjaga tubuh bebas dari asap rokok.

Baca juga: Menyambut Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Ini Bahaya Merokok Bagi Ibu Hamil

Jangan tunggu lagi, segera lakukan 5 cara pencegahan di atas untuk melawan kanker serviks!

(ERN/KM)

Artikel Terkait