KESEHATAN
11 Juli 2020

Begini Cara Mencegah Keriput pada Kulit Tangan

Moms, begini cara mencegah terjadinya keriput pada kulit tangan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Penuaan pada kulit memang tidak bisa dihindari seiring bertambahnya usia. Namun, beberapa cara bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut cepat terjadi. Keriput pada kulit tangan adalah salah satu bentuk penuaan yang dapat dialami oleh Moms.

American Academy of Dermatology mencatat, beberapa bentuk penuaan pada tangan bisa juga meliputi bintik-bintik pada kulit, vena yang terlihat di tangan, kulit tangan yang tak lagi terlihat kencang, keriput pada kulit tangan, telapak tangan terasa kasar, dan kuku yang rapuh.

Cara Mencegah Keriput pada Kulit Tangan

Namun, Moms tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperlambat proses penuaan pada tangan. Simak beberapa cara berikut ini untuk mencegah keriput pada kulit tangan.

1. Melindungi Tangan dari Sinar Matahari

190506-sunscreen-adult-ac-1115p_05035752325c1ebe863234ca31556eef.nbcnews-fp-1200-630.jpg

foto: nbcnews.com

Tangan memiliki peranan besar dalam setiap aktivitas yang Moms lakukan. Namun, penting untuk diperhatikan untuk melindungi tangan dari paparan sinar matahari. Jika tidak, hal ini bisa mempercepat keriput pada kulit tangan.

“Paparan sinar matahari kumulatif selama bertahun-tahun dapat menyebabkan bintik-bintik pada kulit, pigmentasi tidak teratur, penipisan dan munculnya kerutan di kulit,” ungkap Dr. Allison Arthur, dokter kulit bersertifikat di Sand Lake Dermatology Center di Orlando, Florida.

Untuk itu, sebaiknya aplikasikan sunscreen tidak hanya pada wajah, melainkan juga bagian tangan Moms. Ketahui bahwa radiasi ultraviolet dari matahari menyebabkan sekitar 80 persen perubahan kulit yang berhubungan dengan penuaan. Gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau bisa lebih untuk sehari-harinya.

Baca Juga: Jangan Salah Langkah, Ini Cara Mencuci Tangan yang Benar

2. Gunakan Sarung Tangan

woman-doing-dishes_23-2148465029.jpg

foto: freepik.com

Seberapa sering Moms menggunakan sarung tangan saat melakukan pekerjaan rumah tangga? Ternyata, kebiasaan sehari-hari yang rutin dilakukan seperti mencuci piring, berkebun, mengepel, dan lainnya dapat berperan dalam munculnya keriput pada kulit tangan.

Untuk itu, American Academy of Dermatology menyarankan mengenakan sarung tangan saat membersihkan rumah dan berkebun. Air panas, deterjen, dan bahan kimia lainnya bisa mengeringkan kulit dan mempercepat proses penuaan pada kulit tangan.

Baca Juga: Cara Terbaik Melembutkan Telapak Tangan

3. Memakai Hand Cream

women-s-hands-cream-skin-care-moisturizing-cream-spa-treatments_107870-14.jpg

foto: freepik.com

Hand cream adalah pelembap khusus tangan yang harus Moms gunakan setiap hari. Pilih hand cream yang mengandung ceramide, berguna untuk mempertahankan kelembapan kulit. Selain itu, selalu gunakan hand cream terutama setelah mencuci tangan dengan sabun agar tangan tidak menjadi kering.

“Tangan memiliki kelenjar sebaceous yang lebih sedikit daripada wajah. Kelenjar sebaceous menghasilkan sebum, zat berminyak yang melindungi kulit. Kurangnya kelenjar sebaceous dapat membuat kulit lebih rentan kering,” ungkap Dr. Arthur.

Untuk itu, selalu ingat menggunakan hand cream baik sesudah mandi atau mencuci tangan setiap harinya. Dilansir dari Cleveland Clinic, Moms juga dapat melakukan pengelupasan kulit tangan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mengencangkan kulit tangan. Setelahnya, lanjutkan dengan memakai hand cream kembali.

Baca Juga: 5 Penyakit Ini Dapat Dideteksi Melalui Tangan

4. Pelapisan Kulit dengan Tindakan Laser

quit smoking.jpg

foto: nearsay.com

Jika Moms memiliki budget yang lebih untuk perawatan kulit dan keberanian, maka bisa melakukan tindakan laser.

Dilansir dari WebMD, pelapisan kulit dengan tindakan laser ini ditujukan agar memproduksi kolagen dan elastin sendiri, tanpa bekas luka dan kemerahan, yang akhirnya membuat tampilan tangan lebih awet muda.

“Perawatan laser dapat membantu tekstur ulang pada kulit sehingga kulit pada tangan terlebih lebih muda. Meskipun begitu, efek yang dihasilkan dapat berbeda-beda pada setiap orang. Kolagen dan elastin baru memang bersifat permanen, namun proses penuaan seseorang tetap terus berlanjut,” ungkap Dr. Ellen Marmur, kepala bedah dermatologis dan kosmetik di Mount Sinai Medical Center.

Itulah beberapa cara untuk mencegah keriput pada kulit tangan. Tertarik mencobanya, Moms?

Artikel Terkait