KESEHATAN
4 April 2018

Cegah Sembelit dengan 6 Makanan dan Minuman Ini

Konstipasi bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi makanan berserat agar kerja pencernaan tubuh tidak berat.
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Sembelit memang tidak menyenangkan. Namun Moms bisa mencegah sembelit dengan mengonsumsi makanan pencegah sembelit.

Sembelit atau konstipasi adalah kondisi dimana Moms atau Dads mengalami kesulitan atau bahkan tidak bisa buang air besar. Moms sudah disebut konstipasi jika dalam satu minggu Moms buang air besar kurang dari tiga kali.

Konstipasi bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi makanan berserat agar kerja pencernaan tubuh tidak berat.

Nah, berikut adalah makanan-makanan yang bisa mencegah konstipasi atau sembelit.

Kacang-Kacangan

Kacang kacangan ternyata memiliki kandungan serat yang baik untuk tubuh. Jenis kacang atau bijinya pun bervariasi. Moms bisa rutin mengonsumsi almond, kacang tanah bahkan flaxseed dan biji wijen juga bisa memberikan variasi jenis serat yang baik untuk tubuh.

Gandum Utuh

shutterstock 151698422

Whole wheat atau gandum utuh juga menyediakan kebutuhan serat dengan mudah. Moms bisa mengonsumsinya lewat roti gandum, pasta atau bahkan serela untuk sarapan pagi.

Baca Juga : Ketahui 6 Penyebab Sembelit

Sayur

Tak dipungkiri lagi, masalah konstipasi ini banyak terjadi jika kurang serat. Asupan paling mudah dan cepat adalah dengan berbagai jenis sayuran seperti wortel, bayam, kangkung.

Buah

shutterstock 337486829

Tak hanya sayur, buah juga ternyata penyumbang serat yang mudah dan enak. Buah-buahan seperti buah naga dan semangka memberikan tak hanya serat namun juga air yang dibutuhkan tubuh untuk mengolah dan menyerap makanan.

Yogurt

Nah, jika Moms kesulitan makan buah atau sayur, Moms bisa mencampurnya dengan yogurt. Yogurt memiliki inulin yang dipercaya bisa mencegah konstipasi. Rasanya yang enak pasti membuat Moms ketagihan untuk mengonsumsi makanan satu ini.

Air Putih

shutterstock 570636958

Nah, jika semua sudah dilakukan, jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi air putih. Karena, kurangnya asupan air putih bisa membuat buang air besar lebih keras. Hasil makanan termasuk serat yang diolah oleh tubuh kemudian diserap di usus kecil

Sisa serapan usus kecil kemudian masuk ke usus besar untuk diserap kandungan air dan mineral. Jika Moms kurang mengonsumsi air putih, maka sisa dari usus besar tersebut akan terlalu kering yang membuat terjadinya konstipasi.

(DNY)

Foto : Shutterstock

Artikel Terkait