RUPA-RUPA
24 Maret 2020

Cegah Stres, Ini 5 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

Kehidupan akan dipenuhi tantangan yang membuat seseorang kerap berpikir negatif
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms mungkin pernah menciptakan pikiran negatif, seperti mengkhawatirkan masa depan, mengulang peristiwa di masa lalu, atau berfokus pada bagian-bagian kehidupan yang membuat tidak puas.

Menjadi terjebak dengan pikiran negatif sendiri bisa menjadi sangat melelahkan, membuat fokus utama teralihkan, dan sulit menikmati pengalaman menyenangkan.

Namun, dengan latihan dan pengelolaan diri yang baik, Moms dapat mengetahui cara menghilangkan pikiran negatif sehingga dapat memberikan kebahagiaan dan kenyamanan untuk aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Meditasi Berjalan untuk Menjernihkan Pikiran, Bagaimana Cara Melakukannya?

Faktor Terbentuknya Pikiran Negatif

cara menghilangkan pikiran negatif-1.jpg

Foto: verywellmind.com

Dalam Journal of Personality and Social Psychology, kebiasaan pemikiran negatif terhadap diri dapat didefinisikan oleh tiga faktor utama.

Pertama, adanya keyakinan negatif dari pemikiran sendiri. Kedua, sering terjadinya pembentukan pemikiran negatif. Ketiga, fakta bahwa pikiran ini terbentuk sebagai respon otomatis.

Kombinasi antara faktor kebiasaan dan respon otomatis, menjadikan pikiran negatif sebagai sebuah bentuk kebiasaan mental.

Baca Juga: 6 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

1. Perasaan Negatif Tidak Semuanya Buruk

cara menghilangkan pikiran negatif-2.jpg

Foto: kendraburrows.com

Jika Moms memiliki perasaan negatif dan kemudian menyalahkan diri sendiri karena perasaan tersebut, Moms telah menciptakan banyak energi negatif yang tidak berguna.

Sebaliknya, ingatlah bahwa emosi negatif sebenarnya wajar sebagai cara menghilangkan pikiran negatif.

"Emosi membantu kita terhubung dengan pengalaman kita sendiri dan dengan orang lain," kata psikoterapis di Chicago, Sarah Farris, mengutip Bustle.

"Sayangnya, banyak orang mungkin merasakan tekanan dari orang lain untuk tidak menunjukkan perasaan mereka atau dikritik ketika memiliki perasaan negatif," lanjutnya.

2. Tuliskan Pikiran Negatif

cara menghilangkan pikiran negatif-4.jpg

Foto: pinterest.com

Jika Moms memiliki pikiran negatif, menuliskannya secara harfiah dan membuangnya mungkin tampak konyol, tetapi kegiatan tersebut bisa membuat perbedaan besar dan menghilangkan pikiran negatif.

"Sebagian besar dari kita membiarkan pikiran negatif tersebut terjadi dan menerimanya tanpa repot-repot percaya bahwa kita bisa untuk mengubahnya," kata psikologis Deborah E. Dyer, Ph.D mengutip Bustle.

"Ketika mendengar suara negatif, segera tulis. Ini sebagai dokumentasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang apa yang dikatakan pada diri sendiri dan hal yang dirasakan," saran Deborah.

3. Pergi ke Luar

cara menghilangkan pikiran negatif-5.jpg

Foto: gapyear.com

Menghabiskan waktu di luar rumah adalah metode yang bagus untuk membersihkan pikiran dari energi negatif dan cara menghilangkan pikiran negatif.

"Ini bukan tentang aktivitas fisik, melainkan menjauh dari kekacauan hidup untuk menghabiskan waktu dengan tenang, sehingga dapat berhubungan kembali dengan alam," kata Heather Debreceni, pelatih pemberdayaan dan perceraian wanita.

Baca Juga: Ibu Pilih Kasih? Ini 3 Efek Negatif yang Akan Dialami Anak

4. Berhenti Melakukan Penilaian

cara menghilangkan pikiran negatif-3.jpg

Foto: medium.com

Setiap orang melakukan penilaian terhadap diri kita sendiri dan orang lain, terus membandingkan diri sendiri dengan orang lain atau membandingkan hidup dengan rasa ketidakpuasan, baik itu secara sadar atau tidak.

Ketika Moms bisa melepaskan penilaian atau judgement terhadap diri sendiri dan orang lain, hal ini kemungkinan akan membuat diri sendiri merasa lebih nyaman dan bebas dari pikiran negatif.

Patricia Harteneck, PhD, MBA, psikolog senior, menyebutkan beberapa cara untuk bisa membuat seseorang berhenti melakukan penilaian dan menghakimi diri sendiri.

"Beristirahatlah dari pemikiran yang menghakimi, termasuk mengenali reaksi Anda sendiri, mengamatinya, dan kemudian melepaskannya," saran Patricia mengutip Psychology Today.

Sebagai cara menghilangkan pikiran negatif lainnya, Moms juga bisa membuat penilaian yang positif dalam diri sendiri, terhadap orang lain, atau ketika berada dalam sebuah situasi.

5. Fokus pada Kekuatan

cara menghilangkan pikiran negatif-6.jpg

Foto: celebrityfitness.co.id

Sudah menjadi sifat manusia untuk memikirkan yang negatif dan mengabaikan yang positif.

Semakin Moms dapat berlatih untuk fokus pada kekuatan diri dan tidak memikirkan kesalahan yang dibuat, semakin mudah untuk merasa positif tentang diri sendiri dan arah yang akan diambil dalam hidup.

"Jika Anda mendapati diri sendiri berpikir keras tentang karakter atau tindakan Anda, luangkan waktu sejenak untuk berhenti dan pikirkan sesuatu yang disukai tentang diri Anda," terang Patricia.

Pikiran-pikiran negatif adalah sesuatu yang selalu dihadapi oleh semua orang. Ketimbang marah pada diri sendiri, terimalah pikiran negatif tersebut dan coba untuk menyelesaikannya.

Artikel Terkait