3-12 BULAN
6 Oktober 2020

Tak Hanya Lezat, Ini 7 Cemilan Bayi 1 Tahun yang Bergizi

Cemilan bayi 1 tahun ini bisa dipilih untuk menambah nutrisi dalam tubuhnya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Tidak terasa, Si Kecil akhirnya menginjak usia 1 tahun, ya, Moms! Semua perkembangannya sejauh ini tidak lepas dari kerja keras orang tuanya.

Tentunya, ke depannya akan semakin banyak perkembangan yang dilakukan bayi dan membuat Moms terkagum. Karena itu, Moms perlu memberikan cemilan bayi 1 tahun yang bergizi.

Dilansir dari laman Raising Children, bayi 1 tahun akan mencoba untuk berdiri sendiri. Selain itu, ia mulai mengucapkan beberapa kata yang dia mengerti, seperti ‘da-da-da’ atau ‘ma-ma-ma’.

Yuk, cari tahu apa saja cemilan bayi 1 tahun yang bisa diberikan untuk Si Kecil berikut ini, Moms.

Baca Juga: Bahan-bahan MPASI Ini Bisa Meningkatkan Berat Badan Anak Lho, Moms!

Rekomendasi Cemilan Bayi 1 Tahun Penuh Gizi

Bayi juga semakin menyukai finger food yang berguna juga untuk mengembangkan keterampilan motoriknya. Maka dari itu, tetap utamakan nutrisi dalam makanannya, termasuk cemilan yang dikonsumsinya. Berikut ini cemilan bayi 1 tahun yang bisa diberikan.

1. Roti Gandum dan Avokad

7 Cemilan Bayi 1 Tahun-2.jpg

Foto: cookinglight.com

Kombinasi antara dua makanan yang bergizi bisa memenuhi asupan nutrisi yang lengkap untuk bayi.

Nah, Moms bisa memilih roti gandum dan avokad menjadi cemilan bayi 1 tahun yang sehat, bergizi, dan juga mengenyangkan bayi, lho!

“Mengonsumsi makanan sehat yang berbeda pada saat yang bersamaan sebenarnya jauh lebih sehat dibandingkan memakannya secara terpisah,” ungkap Ali Webster, PhD, RD, direktur asosiasi komunikasi nutrisi di International Food Information Council Foundation, mengutip Refinery29.

Jika diperhatikan, baik gandum maupun avokad memberikan nutrisi yang lengkap untuk pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Avokad menjadi jenis buah-buahan yang memberikan nutrisi utama yang dibutuhkan bayi karena mengandung serat, vitamin C, magnesium, folat, dan vitamin K.

Avokad juga merupakan sumber vitamin esensial yang baik bagi bayi sebagai cemilan bayi 1 tahun. Misalnya, kandungan vitamin A yang terdapat di dalamnya mampu untuk menjaga kesehatan mata, menguatkan sistem imun, dan menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, dilansir dari British Medical Journal, roti gandum jauh lebih sehat daripada roti putih. Roti putih rendah serat dan cenderung menyebabkan gula darah meningkat.

Sebaliknya, roti gandum kaya serat dan membuat rasa kenyang lebih lama. Jika bayi mengalami penurunan berat badan, maka roti gandum dan alpukat menjadi perpaduan yang tepat.

Baca Juga: Baby-Led Weaning, Metode Memberikan MPASI Bayi, Perlukah Dicoba?

2. Biskuit Gandum dengan Saus Apel

7 Cemilan Bayi 1 Tahun-3.jpg

Foto: superhealthykids.com

Cemilan bayi 1 tahun selanjutnya adalah biskuit gandum dengan saus apel. Pernah mencoba membuat saus apel di rumah? Ternyata, caranya sangat mudah.

Moms tinggal mengupas dan potong apel, lalu, masak apel yang sudah dipotong dengan campuran menggunakan kayu manis. Selanjutnya, apel yang sudah matang dihancurkan dengan sendok atau menggunakan food processor.

Biasanya, bayi yang baru memulai MPASI bisa diberikan puree apel karena teksturnya sangat lembut. Namun, bayi berusia 1 tahun bisa dibuat varian lainnya dengan meningkatkan tekstur mengunyahnya.

Nah, Moms bisa menyajikan biskuit gandum yang dicampurkan dengan saus apel. Menarik, bukan?

Gandum, seperti sudah dijelaskan sebelumnya, menjadi sumber karbohidrat yang sehat dan mengenyangkan untuk tubuh bayi. Sementara itu, apel juga menjadi buah yang memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

Apel mengandung polifenol yang mampu mengurangi cedera lambung dengan membentuk lapisan pelindung pada lambung.

Selain itu, apel menjadi buah yang kaya kandungan air sehingga menjaga tubuh bayi selalu terhidrasi dengan baik. Apel juga kaya serat sehingga mampu mencegah terjadinya sembelit atau diare.

Baca Juga: 13 Makanan Bayi 1 Tahun yang Dianjurkan dan Dilarang, Catat!

3. Sugar-Free Melon Popsicles

7 Cemilan Bayi 1 Tahun.jpg

Foto: chowhound.com

Di usianya sekarang, es krim yang ditayangkan di televisi atau melihat orang dewasa lainnya makan es krim mungkin akan menarik perhatian Si Kecil. Nah, Moms dapat membuat cemilan bayi 1 tahunini dengan lebih mudah dan sehat.

Caranya, cukup sediakan melon yang sudah dicincang dan jeruk nipis atau jus lemon secukupnya. Lalu, masukkan ke dalam cetakan popsicles dan dinginkan di kulkas.

Moms tidak perlu menggunakan tambahan gula karena rasa dari melonnya sendiri sudah manis. Selain itu, bayi bisa mendapatkan banyak nutrisi dari melon yang dikonsumsi.

Melon adalah salah satu buah yang mengandung berbagai nutrisi penting untuk kesehatan dan kekuatan tulang, seperti folat, vitamin K, magnesium, kalsium, fosfor, dan zinc.

Selain itu, melon juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua jenis antioksidan kuat yang vital bagi kesehatan mata.

Studi dalam National Institutes of Health, rutin mengonsumsi melon dan makanan lain yang mengandung dua antioksidan tadi dapat membantu menjaga penglihatan dan fungsi kesehatan mata hingga sudah dewasa.

Jadi, melon bisa menjadi pilihan yang tepat untuk cemilan sorenya agar tetap mencukupi nutrisinya, ya!

4. Keripik Wortel

7 Cemilan Bayi 1 Tahun

Foto: freepik.com

Si Kecil masih tidak suka makan sayur? Moms tidak perlu khawatir. Mengutip National Health Service, keripik wortel bisa menjadi pilihan cemilan bayi 1 tahun yang masih tidak menyukai sayuran.

Bahan dasarnya, wortel, juga menjadi sumber nutrisi yang baik untuk Si Kecil. Di usianya yang sudah 1 tahun, tidak masalah apabila Moms menambahkan sejumput garam untuk membuatnya semakin gurih.

Moms bisa membuat keripik wortel dengan minyak zaitun agar nutrisinya tetap tercukupi dengan baik.

Manfaat wortel untuk kesehatan mata sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal ini karena wortel mengandung kandungan vitamin A yang menjaga kesehatan mata agar lebih baik.

“Nutrisi wortel untuk mata berasal dari kandungan karotenoid yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A,” ungkap T. Michael Redmond, kepala Laboratorium Sel Retina dan Biologi Molekuler di National Eye Institute.

Baca Juga: Tahap Perkembangan Bayi Sampai Umur 1 Tahun Setiap Bulannya

5. Telur Keju

7 Cemilan Bayi 1 Tahun

Foto: Orami Photo Stock

Ingin cemilan bayi 1 tahun yang praktis dan tetap sehat? Apabila Si Kecil tidak punya alergi telur, maka Moms bisa membuat telur keju sebagai cemilan sebelum waktu makan siangnya.

Asupan nutrisi yang lengkap bisa didapatkan dari dua jenis makanan ini.

Kuning telur menjadi salah satu sumber vitamin D dan keju juga mengandung kalsium, yang mana keduanya baik untuk kesehatan tulang anak. Moms cukup buat telur dadar yang ditaburkan keju di atasnya.

Jika dirasa masih kurang, Moms bisa menambahkan brokoli cincang ke dalamnya untuk tambahan nutrisi.

Tentunya, porsi potongan telur keju yang diperlukan Si Kecil tidak perlu terlalu banyak karena cemilan ini hanya menunggu waktu makan besarnya. Terpenting, kandungan nutrisi di dalamnya sudah terlengkapi dengan baik.

6. Puding Jagung

7 Cemilan Bayi 1 Tahun

Foto: tablespoon.com

Puding masih menjadi menu cemilan yang bisa dikonsumsi oleh bayi sejak ia memulai MPASI. Tekstur puding yang umumnya lembut sehingga mudah dicerna oleh bayi.

Sebagai varian cemilan bayi 1 tahun terbaru, Moms bisa membuat puding jagung sebagai menu cemilannya. Jika ingin rasanya semakin nikmat, Moms bisa menambahkan keju di atasnya.

Jagung yang menjadi bahan dasarnya adalah nutrisi yang baik dan mampu menambah berat badan bayi. Sekitar 100 gram jagung mengandung sekitar 350 kalori.

Selain itu, jagung kaya akan thiamin yang mendukung perkembangan saraf dan otak bayi serta niacin yang meningkatkan metabolisme tubuh bayi.

Baca Juga: Susu Tambahan untuk Bayi di Atas 1 Tahun, Perlukah?

7. Stik Mentimun

7 Cemilan Bayi 1 Tahun

Foto: Orami Photo Stock

Mentimun yang sudah dimasak dan dipotong berbentuk stik juga bisa menjadi cemilan bayi 1 tahun yang instan dan bernutrisi. Mentimun memiliki kadar air yang cukup tinggi sehingga mampu menghidrasi tubuh bayi dengan baik.

Selain itu, mentimun banyak mineral seperti kalium dan fosfor, serta vitamin K yang diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh seperti perkembangan tulang.

Nah, jadi Moms bisa memilih beberapa jenis cemilan bayi 1 tahun di atas untuk varian, ya!

Artikel Terkait