KESEHATAN
21 Maret 2018

Cemilan Sehat Untuk Hadapi Stress

Ngemil sehat yuk!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh fitria.rahmadianti
Disunting oleh fitria.rahmadianti

Apakah Moms seorang stress eater? Menjadikan makan sebagai pelarian untuk meluapkan amarah dan beban yang menumpuk di hati. Kondisi ini memang merupakan faktor utama penyebab obesitas.

Namun, hal ini bisa disiasati dengan beberapa trik, seperti mengganti cemilan dengan yang lebih bergizi dan bernutrisi. Berikut adalah 5 rekomendasi menu yang bisa Moms coba!

Dark Chocolate

Siapa yang tidak cokelat? Hampir semua orang mencintai makanan ini. Namun, sebaiknya Moms memilih dark chocolate untuk menjaga berat badan. Kandungan dark chocolate justru bisa membantu Moms dalam menurunkan berat badan, sama halnya seperti red wine.

Oat

Kalau biasanya Moms menyantap belasan buah donat yang super manis, maka inilah saatnya untuk menggantinya dengan oatmeal. Jangan salah, oatmeal tidak melulu harus disajikan menjadi bubur, tetapi bisa divariasikan dengan bahan lain, seperti overnight oat!

Yogurt

Apakah Moms pecinta Ice Cream? Ice cream menjadi favorit utama para stress eater karena rasanya yang manis dan sensasi dingin yang dihadirkan mampu meredakan emosi dengan cepat.

Namun, tak heran bila menu dessert ini bisa membuat perut Moms bergelambir. Untuk menyiasatinya, Moms bisa beralih ke frozen yogurt! Sensasi dingin dan rasa asam tak kalah seru dengan ice cream. Apalagi jika menambahkan potongan almond dan buah-buahan.

Popcorn

Kegiatan repetitif yang tidak membuang banyak energi bisa menjadi pereda stres yang baik, seperti mengunyah makanan favorit misalnya. Nah, secara tidak sadar berapa bungkus keripik yang bisa Moms habiskan dalam satu jam?

Daripada ngemil keripik kentang, singkong, dan lainnya sebaiknya Moms memilih popcorn. Popcorn membutuhkan waktu lebih lama untuk dikunyah menjadi halus. Selain itu, kandungan serat dari jagung membuat popcorn lebih sehat dibanding keripik yang melalui proses penggorengan.

Lemonade

Cemilan yang sehat harus diimbangi dengan minuman yang sehat pula. Stop kebiasaan meminum soda, kadar gula yang tinggi bisa memicu diabetes. Gantilah dengan es lemon plus madu. Madu menjadi pemanis alami yang lebih sehat dibanding gula.

(SR)

 

Artikel Terkait