SHOPPING
12 September 2017

Cerdas Memilih Sikat dan Pasta Gigi Anak

Libatkan si kecil dalam memilih sikat dan pasta gigi yang akan ia gunakan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Sikat dan pasta gigi sebagai perlengkapan mandi anak tentunya harus dipilih dengan pertimbangan tertentu agar Mama bisa menemukan produk yang berkualitas sekaligus aman untuk kesehatan mulut si Kecil.

Meski telah banyak perlengkapan mandi anak yang dirancang khusus, tak ada salahnya jika mulai saat ini Mama menerapkan beberapa pertimbangan penting saat memilih sikat dan pasta gigi untuk menjaga kebersihan mulutnya.

Untuk menemani langkah Mama dalam memilih perlengkapan mandi anak dan bayi berupa pasta gigi paling tepat, berikut adalah beberapa saran yang direkomendasikan oleh American Dental Association dan Southcenter Pediatric Dentistry :

Memilih Pasta Gigi Anak

memilih pasta gigi anak

1. Perhatikan kandungan fluoride

Kandungan fluoride memang baik untuk kesehatan gigi si Kecil, tetapi jangan memilih pasta gigi dengan zat ini di dalamnya sebelum Mama yakin buah hati tidak akan menelannya.

2. Percayakan pada si Kecil

Memilih pasta gigi dengan pilihan yang sesuai selera si Kecil bisa menjadi langkah paling efektif karena anak bisa merasakan secara langsung pasta gigi yang nyaman di mulutnya.

3. Perhatikan kandungan sodium lauril sulfat

Kandungan sodium lauril sulfat yang biasa terdapat dalam produk pasta gigi memang aman dan tidak berbahaya, tetapi pada kasus anak yang sensitive, kandungan ini bisa menyebabkan masalah sariawan.

4. Perhatikan simbol

Simbol resmi PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) yang tertera pada kemasan pasta gigi menentukan produk memiliki kandungan yang aman untuk mulut. Pastikan agar pasta gigi si Kecil yang Mama pilih memiliki kode ini.

Baca Juga : Cegah Kerusakan Gigi Anak Dengan Makanan Tinggi Serat

Memilih Sikat Gigi Anak

memilih sikat gigi anak

Setelah memilih perlengkapan mandi anak dan bayi berupa pasta gigi yang paling tepat untuk buah hati, Mama juga perlu memilih sikat gigi khusus anak dengan bantuan tips berikut ini :

1. Pastikan pegangan nyaman

Pilihlah sikat gigi dengan pegangan yang nyaman di tangan kecil buah hati Mama. Untuk memastikan tahap ini, ajaklah buah hati memilih produk yang ia sukai.

2. Pilih bulu sikat yang lembut

Bulu yang kasar dan kaku dapat merusak email dan gusi si Kecil yang masih dalam tahap pertumbuhan. Pilihlah sikat gigi yang lembut dengan ukuran kecil untuk mencapai sela-sela gigi dan menyentuh permukaan gusinya tanpa risiko iritasi.

3. Pilih “kepala” yang bulat dan pas

Kepala sikat yang bulat dapat menyentuh seluruh permukaan gigi lebih maksimal. Mama dapat memilih jenis sikat khusus untuk anak sesuai dengan usia dan selera buah hati.

Baca Juga : Anak Takut ke Dokter Gigi? Ini Cara Atasinya!

Selain memilih perlengkapan mandi anak dan bayi berupa sikat dan pasta gigi yang tepat, pastikan Mama mendampingi si Kecil saat menyikat gigi setiap harinya sampai ia benar-benar memiliki keterampilan menyikat dengan benar. Hindari pemberian sikat dan pasta gigi orang dewasa pada buah hati dengan gusi dan gigi yang masih sensitif.

Dengan memerhatikan tips memilih sikat dan pasta gigi yang tepat, Mama bisa memaksimalkan kesehatan dan kebersihan mulut buah hati setiap hari. Jangan lupa untuk selalu memilih perlengkapan mandi anak dan bayi lainnya dengan memerhatikan kualitas agar kesehatan dan kebersihan si Kecil senantiasa terjaga.

Foto : Shutterstock

Artikel Terkait