TRIMESTER 1
30 September 2019

Ibu Hamil, Ini 7 Ciri Janin Sehat pada Trimester 1

Seorang ibu yang tengah mengandung pasti ingin memastikan janinnya selalu sehat
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Moms, pasti akan menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri ketika mengetahui diri tengah mengandung sang calon buah hati.

Baik itu kehamilan pertama, kedua atau ketiga, rasanya penantian mendapatkan anak adalah perjalanan yang begitu mengharukan.

Setiap ibu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, bahkan ketika anaknya masih berada di dalam kandungan.

Sudah menjadi hal yang diketahui Moms secara umum, trimester 1 atau masa kehamilan awal menjadi masa kehamilan yang paling berisiko.

Kehamilan trimester 1 ini ketika kandungan berusia 1-12 minggu. Banyak perubahan yang baru terjadi pada trimester 1 dan tubuh Moms sedang berusaha untuk menyesuaikannya.

Selain itu, kehamilan trimester 1 berisiko sebabkan cacat lahir atau gangguan lainnya jika kandungan tidak dijaga dengan baik.

Baca Juga: Jangan Panik, Ketahui 3 Hal Utama di Trimester Pertama Kehamilan Istri

"Perkembangan janin pada trimester pertama adalah masa paling penting. Dalam masa ini, struktur badan bayi dan sistem organnya berkembang. Kebanyakan keguguran dan cacat lahir terjadi selama periode ini," jelas The University of California, San Francisco Medical Center.

Saat trimester awal ini akan terjadi pertumbuhan janin sehat yang penting, di antaranya adalah tulang belakang, kepala, lengan, dan kaki. Sehingga, merawat kehamilan trimester 1 menjadi begitu penting dan harus dijalani dengan hati-hati.

Perkembangan Janin pada Trimester 1

Jaga Kehamilan pada Trimester 1 dengan Cara Ini-1.jpg

Kehamilan trimester 1 dapat membuat Moms mengalami beberapa perubahan seperti mengalami morning sickness, perut terasa mual, payudara nyeri, frekuensi urine menjadi lebih sering, dan berat badan mulai bertambah.

Semua perubahan tersebut yang terjadi karena fluktuasi hormon berubah drastis saat hamil, dapat membuat kesehatan Moms terganggu. Untuk itu, Moms harus menjaga kesehatan tubuh agar janin di dalam kandungan juga tetap sehat.

Adapun perkembangan janin pada kehamilan trimester 1 dapat diketahui dari proses tahapan berikut ini, yaitu:

1. Minggu-minggu pertama dari perkembangan janin sebenarnya dapat dimulai dari periode terakhir menstruasi.

2. Memasuki minggu keempat dan kelima, sang buah hati sekarang masih berbentuk embrio. Namun, berkembang struktur lain yaitu amnion dan yolk sac.

Dijelaskan pada Johns Hopkins Hospital, amnion dapat diisi dengan cairan ketuban, mengelilingi dan melindungi embrio yang tumbuh.

Sedangkan kantung kuning telur menghasilkan darah dan membantu menjaga embrio agar tetap sehat. Plasenta juga akan berkembang pada minggu-minggu ini.

3. Memasuki minggu keenam, otak dan sistem saraf bayi akan berkembang pesat. Sistem pencernaan dan pernapasan bayi juga mulai terbentuk. Jantung bayi akan berdetak di sekitar waktu itu ini, sehingga akan terdengar melalui pemeriksaan USG.

Baca Juga: Cepat Lelah di Trimester Pertama Kehamilan, Ini yang Harus Moms Lakukan

4. Jari-jari manis tangan dan kaki bayi sudah terbentuk dengan baik pada minggu ke delapan bahkan lengannya bisa melentur ke siku dan pergelangan tangannya.

Mata bayi juga terlebih jelas karena mulai mengembangkan pigmen di retina. Namun, pada waktu itu, jenis kelamin belum bisa ditentukan secara pasti.

5. Minggu ke sembilan dan sepuluh, sistem pencernaannya terus berkembang dan alat reproduksi juga mulai terbentuk dengan baik. Ukuran kepala bayi akan terlihat lebih besar dan Moms dapat melihat gerakan-gerakannya lewat USG.

6. Mulai dari minggu ke sebelas sampai usia 20 minggu, bayi akan bertumbuh dengan cepat. Perkembangan wajah akan terus berlanjut dan organ reproduksi bayi juga berkembang pesat. Namun, Moms baru bisa menentukan secara pasti jenis kelamin anak saat usia 14 minggu.

7. Di akhir trimester 1 ini, otak bayi akan berkembang dan kuku-kuku kecil bayi mulai terbentuk. Selain itu, ginjal bayi mulai berfungsi dan ketika ia menelan cairan ketuban maka ia bisa mengeluarkannya dari tubuh.

Baca Juga: Ini 4 Pemeriksaan Kehamilan yang Harus Dilakukan di Trimester Pertama

Dapat dikatakan, perkembangan janin pada trimester 1 akan berkembang pesat, milai dari otak, jantung, sistem pencernaan, dan organ lainnya.

Untuk itu, penting bagi Moms agar selalu menjaga nutrisi dan kesehatan tubuhnya agar memberikan asupan gizi yang baik bagi perkembangan dan pertumbuhan janin, ya!

(DG)

Artikel Terkait