3-12 BULAN
17 Februari 2020

6 Ciri MPASI Bayi Berkualitas, Jangan Asal ya Moms!

Pilihlah bahan makanan lokal yang mudah dicari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Waktu pemberian ASI eksklusif untuk bayi ditentukan selama 6 bulan pertama kehiduapnnya. Setelah anak mencapai usia 6 bulan, akan semakin sulit bagi bayi yang disusui untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka dari ASI saja.

Maka dari itu, berdasarkan jurnal Complementary Feeding, saat bayi mencapai usia 6 bulan, ini merupakan saat yang tepat untuk mengenalkan anak pada makanan pendamping ASI atau MPASI.

MPASI yang diperkenalkan pada anak terlalu dini tidak akan memberikan banyak manfaat untuk Si Kecil dan mungkin bisa membahayakan anak karena kemungkinan tersedak, menimbulkan alergi makanan, atau menyebabkan anak kekurangan konsumsi ASI atau susu formula.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Beras Merah sebagai MPASI

Namun memperkenalkan anak dengan MPASI terlalu telat juga bisa menyebabkan Si Kecil kekurangan nutrisi atau melewatkan masa tumbuh kembangnya yang krusial.

Makanya Moms harus memberikan Si Kecil MPASI pada usia yang tepat, yakni 6 bulan.

Ciri-Ciri MPASI Bayi Berkualitas

Berbeda dengan orang dewasa, kebutuhan nutrisi bayi harus betul-betul diperhatikan Moms. Moms tidak bisa sembarangan memberikan makanan kepada Si Kecil. Bisa jadi, dia malah tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Untuk itu, penting bagi Moms mengetahui ciri-ciri MPASI bayi berkualitas sebelum Si Kecil mulai makan. Seperti apa sih ciri MPASI bayi berkualitas menurut World Health Organization (WHO)? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Kaya Energi, Protein, dan Mikronutrien

ciri mpasi berkualitas

Foto: Orami Photo Stock

Ciri MPASI bayi berkualitas yang pertama adalah kaya akan energi, protein, dan mikronutrien. Ketiga hal di atas harus ada di dalam MPASI yang Moms berikan pada Si Kecil.

“Khususnya zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin C, dan asam folat,” jelas dr. Fransisca Handy, dokter anak di Siloam Hospital, Lippo Village, pada acara peluncuran produk baru Sugar Baby 'Healthy Silicone Feeding Set' di kawasan Kuningan, Jakarta, pada Selasa (4/2).

Baca Juga: Makanan Apa yang Baik Untuk MPASI Pertama Bayi 6 Bulan?

2. Bersih dan Aman

ciri mpasi berkualitas

Foto: Orami Photo Stock

Ciri MPASI bayi berkualitas selanjutnya adalah bersih dan aman. Bersih dan aman maksudnya MPASI bayi tidak mengandung kuman patogen, ridak ada zat kimia yang berbahaya, tidak ada bagian yang keras, yang bisa menimbulkan risiko tersedak, dan tidak terlalu panas.

3. Tidak Asin dan Tidak Pedas

ciri mpasi berkualitas

Foto: Orami Photo Stock

Ciri MPASI bayi berkualitas selanjutnya adalah tidak asin dan tidak pedas. MPASI berkualitas untuk anak jangan terlalu asin atau pedas. Karena makanan yang terlalu asin atau terlalu pedas tidak akan bisa dikonsumsi oleh Si Kecil.

Ditambah lagi lambung anak masih belum bisa menerima makanan yang terlalu pedas.

4. Mudah Dikonsumsi Anak

ciri mpasi berkualitas

Foto: Orami Photo Stock

Ciri MPASI bayi berkualitas selanjutnya adalah mudah dikonsumsi. Moms bisa membuat MPASI untuk anak dalam bentuk puree yang pastinya mudah untuk Si Kecil telan.

Baca Juga: 9 Peralatan MPASI yang Wajib Moms Miliki

5. Disukai oleh Anak

ciri mpasi berkualitas

Foto: Orami Photo Stock

Ciri MPASI bayi berkualitas selanjutnya adalah disukai oleh anak. Ini penting sekali Moms. Jika anak tidak suka, semenarik apapun Moms membuatnya, tetap tidak akan dimakan oleh buah hati kita.

6. Tersedia secara Lokal dan Mudah Disiapkan

ciri mpasi berkualitas

Foto: Orami Photo Stock

Ciri MPASI bayi berkualitas selanjutnya adalah tersedia secara lokal dan mudah disiapkan. “Pilihlah bahan makanan lokal yang mudah dicari dan tentunya dijual dengan harga yang terjangkau,” kata dr. Fransisca.

Memilih bahan makanan lokal tentu akan membuat Moms lebih mudah dalam mempersiapkannya juga.

Itu dia Moms beberapa ciri-ciri MPASI bayi yang berkualitas untuk Si Kecil. Pastikan semuanya tersedia ya!

Artikel Terkait