PERNIKAHAN & SEKS
5 Oktober 2020

9 Ciri Suami Menyembunyikan Sesuatu, Perhatikan Moms!

Insting wanita sering disebut-sebut lebih kuat merasakan sesuatu yang tidak beres. Apakah ciri suami menyembunyikan sesuatu ini dilakukan oleh Dads?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Intan Aprilia

Sebagai pasangan suami istri, tentunya Moms tidak ingin ada yang disembunyikan dari Dads dan berharap juga sebaliknya.

Namun, insting dapat berkata lain ketika melihat beberapa hal yang tidak biasa dari suami.

Insting wanita sering disebut-sebut lebih kuat merasakan sesuatu yang tidak beres.

Saat ini mungkin Moms merasa gelisah dan curiga bahwa Dads melakukan sesuatu yang tidak diketahui dan tidak ingin dibagikan dengan Moms.

Ciri Suami Menyembunyikan Sesuatu

Kalau Moms merasa Dads sedang merahasiakan sesuatu, Moms bisa memperhatikan tingkah lakunya yang berbeda dari biasanya.

Siapa tahu ciri suami menyembunyikan sesuatu ini dilakukan oleh Dads.

Baca Juga: Mudah Dikenali, Seperti Ini 4 Ciri Pria yang Suka Selingkuh

1. Bereaksi Berlebihan

Suami marah dan defensif saat ditanya

Foto: freepik.com

Salah satu ciri suami menyembunyikan sesuatu adalah mudah bereaksi berlebihan, padahal mungkin Moms hanya bertanya hal yang biasa dan sederhana.

Reaksi ini dipicu oleh perasaan bersalah karena sedang merahasiakan sesuatu dan takut Moms mengetahuinya.

Perasaan bersalah ini membuat Dads akan merasa terpojok, sehingga pertanyaan sederhana dan wajar terdengar seperti interogasi, misalnya Moms bertanya pergi bersama siapa, atau kemana.

Karena sedang menutupi sesuatu, Dads akan menjadi lebih defensif secara sadar maupun tidak, sehingga merespon pertanyaan kecil dengan diam, ketus, marah, atau mudah tersinggung.

Sebagai pasangan suami istri, tentunya wajar dan normal sebagai istri untuk mengetahui bagaimana pasangan menghabiskan waktu dan dengan siapa saja mereka berteman.

Jika Moms merasa Dads mulai bereaksi defensif seperti ini dan bukan karakternya yang biasa, Moms berhak untuk curiga dan mencari tahu lebih lanjut.

2. Protektif dengan Smartphone

Di era digital seperti sekarang ini, smartphone dan gadget elektronik lainnya adalah alat komunikasi utama, serta menyimpan berbagai informasi personal.

Tentunya Moms juga takut jika smartphone jatuh ke tangan yang salah bukan?

Namun, jika Dads takut Moms meminjam bahkan sampai marah jika smartphone-nya disentuh dengan alasan yang kurang masuk akal, kemungkinan Dads sedang menyembunyikan sesuatu yang tidak ingin diketahui oleh Moms.

Ciri suami menyembunyikan sesuatu di smartphone, misalnya menggunakan kata sandi dan dirahasiakan dari Moms, menerima telepon atau chat di waktu yang tidak biasa, selalu dekat dengan smartphone, sering mengecek pesan yang masuk, serta bersikap defensif ketika Moms ingin meminjam atau melihat isinya.

Menginginkan privasi adalah hal yang wajar, namun jika terlalu protektif terhadap gadget-nya dan Moms tidak diizinkan untuk melihat sama sekali, mungkin Moms perlu merasa curiga bahwa Dads sedang menyembunyikan sesuatu, terutama jika respon Dads defensif ketika Moms membahas soal ini.

Baca Juga: Kenali 13 Tanda Suami Kangen Istri, Moms Pernah Mengalaminya?

3. Pasangan Terasa Jauh Secara Emosional

Karena menyembunyikan sesuatu, suami terasa menjauh

Foto: freepik.com

Moms mulai merasa tidak mengenal Dads? Terkadang, ciri suami menyembunyikan sesuatu adalah dengan menjaga jarak, mungkin tidak secara fisik, namun secara emosional.

Suami yang sedang menyembunyikan sesuatu, akan menghabiskan banyak energi untuk fokus menutupi rahasianya dengan kebohongan sambil berusaha mencegah pasangannya untuk mencari tahu.

Akibatnya, energinya habis dan tidak tersisa untuk menjaga hubungan antara Moms dan Dads.

Ketika Moms merasa Dads tidak lagi sedekat dulu, wajar jika Moms bertanya untuk mencari tahu.

Jika respon Dads tidak memuaskan, misalnya diam saja, atau menjawab tidak ada masalah padahal Moms merasa sebaliknya, mungkin memang ada yang disembunyikan oleh Dads.

Hubungan yang sehat adalah hubungan yang disertai komunikasi yang baik antara pasangan, sehingga jika Dads memilih untuk diam dan menolak berbagi isi pikirannya, bisa jadi memang ada sesuatu yang Dads tidak ingin Moms ketahui.

4. Terlalu Baik Tiba-tiba

Tiba-tiba Dads memberikan bunga atau mengajak pergi kencan ke tempat yang romantis walau tidak ada sesuatu yang dirayakan?

Walau terasa menyenangkan dan membuat hati berbunga-bunga, Moms boleh sedikit curiga, karena bisa saja ini ciri suami menyembunyikan sesuatu, terutama bila ini bukan kebiasaan Dads.

Saat Dads pulang lebih malam daripada biasanya, kemudian memberikan hadiah, mengajak pergi ke tempat romantis, atau memberi bunga, bisa saja dilakukan untuk mencegah Moms bertanya atau menyelidiki lebih lanjut.

Namun, hal ini tidak selalu berarti Dads sedang menyembunyikan sesuatu ya, bisa saja memang Dads ingin mencoba kebiasaan baru untuk menyenangkan hati Moms.

Perlu dicatat, insting perempuan biasanya lebih kuat, sehingga jika Moms merasa ada sesuatu yang tidak beres, cobalah untuk berkomunikasi dengan Dads.

Baca Juga: 35 Ucapan Ulang Tahun Buat Suami, Romantis!

5. Suka Menuduh

Menuduh ketika ditanya, sebagai upaya defensif dalam menyembunyikan sesuatu

Foto: freepik.com

Ciri suami yang sedang menyembunyikan sesuatu juga sering menuduh balik Moms melakukan hal-hal yang Dads diam-diam lakukan.

Misalnya saat Moms sedang melihat isi smartphone Dads, Dads marah dan menuduh Moms tidak mempercayainya, atau tiba-tiba menuduh Moms sedang dekat dengan orang lain di kantor.

Kalau sudah begini, bisa jadi Dads sedang berusaha memanipulasi Moms untuk mempercayai Dads, padahal dirinya sendiri sedang merasa bersalah dan berusaha menutupi rahasianya.

6. Ceritanya Tidak Konsisten

Ciri suami menyembunyikan sesuatu biasanya akan mulai berbohong untuk menutupi rahasianya.

Semakin lama Dads menyembunyikannya, semakin banyak cerita dan alasan yang harus dirangkai untuk menutupinya.

Jadi Moms perlu heran jika cerita Dads tidak konsisten, misalnya alasan pulang terlambat malam ini adalah pergi makan bersama teman lama, kemudian esoknya berubah menjadi pergi makan bersama teman kantor.

Memang tidak ada orang yang dapat mengingat setiap kejadian dengan detail, tapi jika hal ini terjadi beberapa kali, Moms perlu curiga, siapa tahu Dads menyembunyikan sesuatu.

Baca Juga: Kenali 5 Tanda Pernikahan Toxic Berikut Ini

7. Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh dan kata-katanya tak sejalan salah satu tanda dia berbohong

Foto: freepik.com

Bahasa tubuh seseorang dapat menunjukkan perasaan atau pikiran mereka yang sesungguhnya, jika kata-kata dan bahasa tubuhnya tidak sejalan, ini bisa menjadi ciri suami menyembunyikan sesuatu.

Ketika bertanya, Moms bisa mencoba memperhatikan bagian tubuh tertentu, misalnya mata, letak tangan, atau arah tubuh.

Salah satu tanda orang yang sedang menyembunyikan sesuatu dapat dilihat dari gerak tangannya, misalnya melipat tangan di depan dada, tiba-tiba memasukkan tangan ke dalam saku, atau memegang anggota tubuh lain seperti tengkuk leher.

Jika ini bukan kebiasaannya, mungkin Dads sedang berusaha menyembunyikan sesuatu.

Anggota tubuh lain yang sulit berbohong adalah mata. Jika Dads tidak menatap mata Moms saat melakukan percakapan yang penting, kemungkinan Dads sedang merasa tidak nyaman dan ingin segera keluar dari percakapan.

Kontak mata saat sedang berbicara menunjukkan fokus, atentif, dan tidak terdistraksi dengan hal lain.

Bahasa tubuh lainnya yang dapat menjadi perhatian adalah kemana arah tubuhnya menghadap, jika Dads merasa tidak ingin berbicara dengan Moms, tubuhnya akan menghadap ke arah lain.

Jika tidak ada yang disembunyikan, tubuh Dads akan menghadap ke arah Moms.

8. Menjawab Pertanyaan dengan Pertanyaan

Ciri suami menyembunyikan sesuatu lainnya adalah Dads tidak menjawab pertanyaan Moms dengan jawaban, melainkan melontarkan pertanyaan lain. Ini adalah cara menghindar dari percakapan.

Cara ini mengulur waktu agar Dads dapat memikirkan jawaban atau kebohongan untuk menutupi rahasianya.

Jika seseorang tidak menyembunyikan sesuatu, pertanyaan Moms biasanya akan langsung dijawab.

Baca Juga: Ketahui Ciri-ciri Pasangan Toxic, Apakah Moms Termasuk?

9. Quality Time Berkurang

Menghindari menghabiskan waktu berdua agar dapat menyembunyikan sesuatu

Foto: freepik.com

Moms merasa belakangan ini Dads jadi sulit punya waktu untuk quality time? Ini adalah satu ciri suami menyembunyikan sesuatu.

Ketika Dads sedang menyembunyikan rahasia, Dads akan sedapat mungkin menghindari Moms, termasuk menghindari waktu yang seharusnya sudah dijadwalkan untuk dihabiskan berdua.

Atau mungkin Moms yang biasanya selalu diajak pergi bersama dengan teman-temannya, tiba-tiba tidak lagi diajak atau beralasan acaranya akan membosankan.

Jika alasannya tidak masuk akal dan sering terjadi, Moms boleh saja curiga Dads sedang menyembunyikan sesuatu.

Mengapa Pria Berbohong?

Pria sering berbohong untuk menutupi sesuatu

Foto: Orami Photo Stock

Dalam penelitian Lie prevalence, lie characteristics and strategies of self-reported good liars, ternyata pria merasa lebih pandai berbohong dan mengelak.

Studi ini melibatkan 194 orang, setengahnya pria dan setengah lagi wanita dengan rata-rata umur 39.

Dalam penelitian ini ditemukan para pembohong lebih suka berbohong secara tatap muka daripada lewat pesan teks, telepon, atau media sosial.

Dari keseluruhan, bentuk kebohongan yang paling sering dilakukan antara lain berbohong demi kebaikan (white lies), melebih-lebihkan cerita, menutupi informasi, menyelipkan kebohongan di antara kebenaran, dan mengarang cerita.

Penelitian lain menyebutkan bahwa alasan pria berbohong cenderung untuk diri sendiri, sedangkan wanita cenderung berbohong untuk melindungi pihak lain.

Dalam penelitian ini, wanita lebih mudah mengutarakan kebohongan demi kebaikan pihak lain, sehingga dapat menyebabkan kerugian bagi diri mereka sendiri.

Baca Juga: 6 Cara Berdiskusi Tentang Keuangan Rumah Tangga Bersama Suami

Jika Moms mencurigai Dads menyembunyikan sesuatu, cobalah untuk menjelaskan mengapa Moms curiga dan tanyakan secara baik-baik apakah memang ada yang disembunyikan oleh Dads.

Jika Dads bersikeras dengan rahasianya, reaksi negatif mungkin akan muncul seperti marah, menuduh, atau menghindar dengan kasar.

Namun, jika Dads memberikan jawaban yang tenang, mungkin Moms memang terlalu curiga dan cemas berlebihan, terutama jika tidak ada bukti.

Artikel Terkait