KEHAMILAN
14 Juni 2020

5 Ciri dan Perubahan Tubuh Moms dengan Usia Kehamilan 20 Minggu

Tentunya Si Kecil semakin terasa di kandungan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Dina Vionetta

Selamat! Akhirnya Moms menginjak usia hamil 20 minggu yang berarti berada di titik tengah.

Bila Moms baru saja mengetahui jenis kelamin, maka sudah mulai memikirkan nama-nama bayi, dan ketika berada di toko perlengkapan bayi, Moms pun mulai menggambarkan pakaian menggemaskan itu pada Si Kecil dalam kandungan.

Hamil 20 minggu ini juga menandakan percepatan pertumbuhan Si Kecil dalam kandungan seperti lengan dan kaki mereka yang telah memanjang dalam beberapa minggu terakhir, dan mulai terlihat lebih seperti bayi setiap hari.

Organ internal mereka seperti paru-paru, sistem pencernaan, dan sistem kekebalan semua tumbuh dan berkembang lalu tulang Si Kecil pun semakin kuat.

Ciri Hamil 20 Minggu

Akan tetapi, Moms pun penasaran perubahan atau ciri hamil 20 minggu apa saja yang akan dialami, berikut ini jawabannya:

Baca Juga: Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Program Hamil di Usia 32 Tahun?

1. Keputihan

keputihan saat hamil-2.jpg

Akibat kadar hormon yang meningkat, Moms pun merasakan adanya perubahan seperti keputihan bahkan ada kemungkinan sampai waktu melahirkan.

Tetapi, beritahu dokter kandungan atau bidan bila cairannya mengalami perubahan warna seperti kuning, hijau, atau berbau busuk.

2. Kram Kaki

Menurut artikel NCT.uk, ketika menginjak usia hamil 20 minggu, banyak Moms menderita kram kaki. Rasa sakit yang tajam dan tiba-tiba yang disebabkan ole kejang yang tidak disengaja ini tentu menyebalkan.

Cara yang baik untuk meredakan kram kaki saat hamil adalah dengan melenturkan kaki di pergelangan kaki dan kemudian memutar dengan kuat, sehingga meningkatkan aliran darah ke kaki. Memijat otot yang sakit dan berolahraga juga bisa membantu.

3. Mulas atau Gangguan Pencernaan

Mual dan Mulas Selama Hamil

Mulas atau gangguan pencernaan di usia hamil 20 minggu dapat terjadi karena Si Kecil mulai memadatkan sistem pencernaan. Familydoctor.org menerangkan rahim membesar sebabkan tekanan lebih ke perut, yang memaksa makanan dan asam naik ke kerongkongan, sehingga menimbulkan sensasi mulas.

Ada baiknya Moms memerhatikan pola makan dan hindari makanan asam serta pedas yang kerap menjadi penyebab masalah perut pada ibu hamil.

Baca Juga:Faktor Pemicu Kaki Sering Kram di Malam Hari

4. Energi Tinggi

Tahukah Moms salah satu ciri hamil 20 minggu lainnya adalah lonjakan energi serta libido! Tapi, Moms akan merasa lelah ketika menginjak trimester ketiga.

5. Pembengkakan

tangan bengkak saat hamil-1.jpg

Tak perlu khawatir, karena pembengkakan saat hamil di tubuh Moms merupakan hal yang normal dan akan mereda setelah persalinan. Sementara itu, Moms pun bisa mencari cara agar pembengkakan bisa teratasi.

6. Sesak Napas

Saat rahim semakin membesar, ia akan menekan paru-paru Moms, yang menyebabkan sesak napas.Bahkan, bila Moms hamil anak kembar dan menginjak usia hamil 20 minggu, sesak napas ini akan sangat dirasakan. Namun, jangan terlalu memaksakan diri, istirahat lah bila Moms merasa terengah-engah.

Baca Juga:Berapa Usia Ideal untuk Hamil? Yuk Cari Tahu!

Perkembangan yang sedang berlangsung pada Si Kecil sekitar 20 minggu kehamilan meliputi yang berikut:

  • Otak tumbuh dengan cepat.
  • Tulang rawan berubah menjadi tulang, tulang mengeras, sumsum tulang mulai membuat sel darah.
  • Alis terbentuk.
  • Rahim dan ovarium terbentuk dan telur berkembang, atau testis turun.
  • Lengan dan kaki proporsional dengan tubuh.
  • Pada akhir minggu 19 hingga 21, bayi akan dapat menelan.
  • Moms bisa merasakan bayi bergerak, dan bayi bisa mendengar suara

Nah, karena Moms sedang berada di titik tengah, Moms pun akan lebih merasakan Si Kecil dalam kandungan dan orang-orang akan memerhatikan perubahan perut yang tengah dialami. Ups! Tak lupa perhatikan rambut dan kuku Moms yang tumbuh lebih cepat dari biasanya sebagai salah satu manfaat hormone kehamilan usia 20 minggu.

Artikel Terkait