KESEHATAN
13 September 2019

Coba 4 Cara Ini untuk Hilangkan Kapalan di Tangan

Tekanan dan gesekan yang terus-menerus bisa memicu proses kapalan. Kulit tangan Moms bisa jadi mengalaminya!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Tidak semua kapalan menyakitkan. Namun, penebalan kulit yang terjadi pada tangan, biasanya merusak pemandangan. Bisa juga menimbulkan rasa tidak nyaman, saat dilihat orang.

Pertanyaannya, apakah kapalan di tangan bisa dihilangkan? Yuk kita bahas sama-sama!

Baca Juga: Ini Dia, Tips Mengatasi Kapalan yang Mengganggu

1. Merendam Tangan dengan Air Hangat

food_3451_why-you-should-use-boiling-hot-water-for-faster-ice-cubes.w1456.jpg

Foto: pixabay.com

American Academy of Dermatology menyarankan untuk menghilangkan kapalan di tangan dengan air hangat sebelum mencoba metode lain.

“Cukup siapkan air hangat di dalam baskom dan rendam tangan Anda selama kira-kira 5-10 menit. Setelah itu keringkan dengan handuk,” terang Dr. Christen M. Mowad, seorang dokter kulit di Danville, Pennsylvania.

Biasanya, lapisan kulit yang menebal akan melunak sehingga bisa disingkirkan dengan cara digosok. Lakukan cara ini secara rutin hingga kapalan pada tangan hilang seluruhnya.

2. Gunakan Tea Tree Oil

Tea tree oil merupakan minyak esensial yang mengandung komponen antijamur, antibakteri, dan antiseptik alami. Campurkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam satu baskom air hangat. Lalu, rendam tangan Moms hingga kulit melunak.

“Jangan rendam tangan lebih dari 15 menit. Kandungan dalam minyak esensial ini sangat kuat dan justru dapat merusak lapisan kulit,” Dr Moward mengingatkan.

Baca Juga: Ikuti Cara Ini untuk Menghilangkan Kapalan di Kaki

3. Gunakan Produk Mengandung Asam Salisilat

104540782-salicylic-acid-molecule-it-is-a-type-of-phenolic-acid-structural-chemical-formula-and-molecule-model.jpg

Foto: 124rf.com

Kapalan di tangan bisa dihilangkan dengan menggunakan produk mengandung asam salisilat. Asam Salisilat dapat menguraikan protein dan keratin yang terdapat pada lapisan kulit mati.

Produk-produk mengandung asam salisilat biasanya berbentuk krim, plester, atau pad yang bisa langsung digunakan pada kulit. Saat digunakan, lapisan kulit yang mengalami kapalan akan berubah warna menjadi putih dan bisa disingkirkan dengan mudah.

4. Merendam Tangan Dalam Larutan Garam Epsom

Garam Epsom disebut juga magnesium sulfat, Terbuat dari senyawa kimia yang mengandung magnesium, belerang, dan oksigen.

Garam epsom adalah eksfoliator alami. Dan ampuh untuk membuat sel-sel kulit mati. Cukup campurkan 2-3 sendok makan garam epsom ke dalam satu baskom air. Kulit tangan yang mengalami kapalan lama-kelamaan akan melunak dan Anda bisa menyingkirkannya dengan mudah.

Artikel Terkait