PROGRAM HAMIL
24 Oktober 2019

Moms, Coba Lakukan Cara Ini Agar Cepat Hamil

Belum dikaruniai momongan? Belum tentu karena Moms dan suami mandul lho
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Setelah menikah, suami istri umumnya ingin segera dikaruniai momongan. Namun, tak semua orang beruntung bisa hamil dengan cepat.

Rasanya sedih setiap kali mendengar pertanyaan “Sudah isi, belum?”, sementara sampai sekarang test pack masih menunjukkan hasil negatif. Padahal, Moms dan suami kelihatannya sama-sama sehat. Salahnya di mana?

Coba lakukan tips cepat hamil berikut sebagai usaha Anda dan pasangan untuk memperoleh keturunan:

Ubah Gaya Hidup

3090444-balance_body_exercise_female_fitness_girl_health_lifestyle_mat_person_relaxation_stretching_training_woman_workout_yoga.jpg

Foto: tokkoro.com

  • Berhentilah merokok, karena merokok dapat menurunkan kesuburan pada pria maupun wanita
  • Kurangi minum alkohol karena dapat menurunkan kadar testosteron dan jumlah sperma
  • Berolahragalah bersama. Jika tidak terbiasa berolahraga, Moms bisa berjalan kaki lebih banyak, berdansa, atau jogging.
  • Konsumsilah makanan yang sehat dan seimbang, terutama yang mengandung zinc, asam folat, kalsium, serta vitamin C dan D yang membantu menghasilkan sperma yang tangguh dan banyak
  • Jaga berat badan di angka yang sehat. Sebab, obesitas dapat mengurangi jumlah sperma dan memperlambat sperma
  • Jaga testis agar tak kepanasan untuk mencegah sperma mati. Misalnya, dengan menggunakan laptop di meja (bukan di pangkuan) atau berhenti berendam di air hangat selama merencanakan kehamilan

Baca Juga: Ingin Segera Hamil? 7 Makanan Ini Bisa Mempercepat Kehamilan

Tips Bercinta Agar Cepat Hamil

download.jpg

Foto: savvytokyo.com

Ketahuilah kapan Moms berovulasi. Ovulasi hanya terjadi sekali di setiap siklus menstruasi, dan hanya ada beberapa hari di periode tersebut yang bisa dimanfaatkan untuk mengusahakan kehamilan.

Jika menstruasi Moms teratur, Anda bisa menggunakan aplikasi kalender menstruasi yang akan menunjukkan kapan waktu terbaik untuk berhubungan intim. Namun, jika haid AMoms nda tidak teratur, Moms bisa berhubungan seks minimal dua hari sekali.

Sebaiknya kurangi penggunaan pelumas seks (personal lubricant) karena beberapa produk dapat mengubah keseimbangan pH di vagina dan mengurangi mobilitas sperma.

Selain itu, setelah berhubungan seks, tidurlah terlentang. Hal ini memungkinkan sperma berkubang di vagina yang bentuk alaminya memang miring, sehingga memudahkan sperma berenang ke sel telur.

Baca Juga: Ingin Cepat Hamil? Kenali 8 Ciri-ciri Wanita Subur Ini!

Kapan Test Pack Bisa Digunakan?

Ovulation kit.jpg

Foto: flo.health

Untuk hasil yang paling akurat, gunakan test pack beberapa hari setelah Moms telat menstruasi, jangan segera setelah berhubungan seks.

Menguji kehamilan terlalu dini bisa memunculkan hasil ‘false negative’, yakni test pack menunjukkan tanda negatif, padahal sebenarnya Moms sudah hamil.

Belum hamil bulan ini? Tak perlu khawatir. Kebanyakan pasutri tidak langsung hamil, kok. Ada yang baru hamil setelah enam bulan, ada juga yang hamil setelah setahun menikah.

Berapa Lama Moms Harus Mengusahakan Kehamilan Sebelum Berkonsultasi ke Dokter?

womanwithdoctor640440_3_pyramid.jpg

Foto: hopkinsmedicine.org

Kehamilan secara alami terjadi di enam bulan pertama. Setelah periode tersebut lewat, berapa lama Moms harus terus mencoba sebelum meminta bantuan dokter? Tergantung usia Moms , karena kesuburan berkurang seiring pertambahan umur.

Jika Moms berusia 40 tahun ke atas, segera minta bantuan ahli. Kalau usia Moms 35-40 tahun, berbicaralah kepada spesialis kandungan jika sudah mencoba selama enam bulan namun belum membuahkan hasil.

Kalau umur Moms masih di bawah 35 tahun, Moms bisa berkunjung ke dokter jika belum punya anak setelah setahun menikah.

Baca Juga: Ingin Cepat Hamil Setelah Menikah? Lakukan Dulu Tes Penting Ini

Honeymoon Lagi!

Luxury-Honeymoon-Trip-in-India.png

Foto: tourmyindia.com

Program hamil bisa menimbulkan stres. Bercinta kini seakan bukan lagi kenikmatan, tapi keharusan. Hati-hati, terlalu stres bisa semakin mempersulit pria dan wanita memiliki keturunan!

Agar rileks, ajak saja pasangan honeymoon lagi. Di tempat liburan, Moms bisa saling memijat, bersantai, makan di luar, dan menghidupkan kembali romantisme. Kali ini lupakan sementara program hamil Moms, nikmati saja kebersamaan Moms berdua.

Artikel Terkait