DI ATAS 5 TAHUN
15 Maret 2019

Coba, Yuk! 5 Tips Membantu Anak di Masa Ujian Sekolah yang Padat

Bukan sekadar menyuruhnya belajar dengan giat lho, Moms
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Hasil ujian sekolah anak yang baik tentu dapat membantu kelancaran pendidikan buah hati di masa depan.

Yang jadi masalah, rasa cemas dan tegang yang dirasakan anak seringkali membuatnya kesulitan mengerjakan soal dengan baik.

Jangan khawatir dulu, masih ada yang bisa Moms lakukan untuk mengurangi stress sekaligus bantu anak menghadapi ujian sekolah. Yuk, coba tips yang disarankan oleh Claire Gagne, penulis parenting dari Amerika Serikat ini:

1. Redakan Kecemasan

coba, yuk! 5 tips membantu anak menghadapi masa ujian sekolah 1

Foto: realsimple.com

Apa Moms tahu, yang paling membuat anak merasa tegang menjelang masa ujian adalah membayangkan reaksi orang tua dan teman bila hasil ujiannya jelek?

Nah, meredakan kecemasan dan menguatkan kepercayaan diri anak bisa jadi awal yang baik untuk bantu anak menghadapi ujian sekolah. Tapi bukan dengan cara mengecilkan rasa cemasnya ya, Moms.

Sebagai contoh, Moms bisa mengatakan “Semua orang pasti tegang menghadapi ujian, tapi bukan berarti mereka akan gagal, lho. Moms percaya kamu pasti bisa mengerjakannya dengan baik.”

Baca Juga: 4 Kendala Yang Sering Ditemui Anak Saat Belajar Bahasa Asing

2. Ajarkan Fokus Pada Usaha Bukan Hasil

coba, yuk! 5 tips membantu anak menghadapi masa ujian sekolah 2

Foto: redbookmag.com

Bagi anak sekolah dasar yang masih menganggap kalau nilai adalah ukuran kecerdasan, membayangkan tidak bisa atau salah dalam mengerjakan soal ujian bisa membuatnya khawatir setengah mati.

Jadi Moms perlu jelaskan kalau ujian bukanlah untuk menilai kepintaran. Tujuan dari ujian sekolah anak sebenarnya adalah untuk mengevaluasi apa yang sudah dipahami dan apa yang masih harus dipelajari.

Jangan lupa ingatkan, selama dia belajar dan berusaha dengan giat maka hasil seperti apapun yang didapat tidak akan jadi masalah.

Baca Juga: Kenali Diskalkulia, Gangguan yang Membuat Anak Sulit Belajar Matematika

3. Ajarkan Cara Menenangkan Diri

coba, yuk! 5 tips membantu anak menghadapi masa ujian sekolah 3

Foto: toyokeizai.net

Saat sudah duduk di ruang kelas, si kecil juga harus bisa menenangkan diri sendiri untuk bisa fokus dan mengerjakan soal ujian dengan baik.

Moms bisa contohkan cara mudah untuk menenangkan diri, seperti menarik napas dengan dalam atau menepuk perlahan area wajahnya dengan ujung jari telunjuk.

4. Bantu Menghapalkan Sambil Bermain

coba, yuk! 5 tips membantu anak menghadapi masa ujian sekolah 4

Foto: verywellfamily.com

Sudah tahu kan Moms, kalau aktivitas multisensori yang melibatkan gerakan dapat membantu anak belajar dan mengingat informasi dengan lebih baik?

Daripada si kecil hanya duduk dan menghafal, lebih baik Moms ajak belajar sambil bermain lempar tangkap bola. Aturannya sederhana, si kecil hanya harus melemparkan bola sambil mengucapkan satu poin pelajaran yang ingin dihafalnya.

Untuk belajar membaca, mengeja, dan berhitung, Moms bisa memanfaatkan baki berisi garam atau pasir sebagai ganti buku tulis.

Si kecil nantinya bisa menggunakan jari untuk membuat huruf dan dan angka yang ingin dipelajarinya.

Baca Juga: Jangan Asal, Ini 4 Pertimbangan Untuk Menentukan Jumlah Uang Saku Anak

5. Cukup Istirahat dan Sarapan Sehat

coba, yuk! 5 tips membantu anak menghadapi masa ujian sekolah 5

Foto: thepragmaticparent.com

Bantu anak menghadapi ujian sekolah juga bisa dilakukan dengan memastikan si kecil cukup tidur dan menjalankan pola makan sehat lho, Moms.

Menurut buku Sleepless in America, jumlah waktu tidur yang dibutuhkan anak untuk dapat mengerjakan ujian dengan baik adalah 11 jam untuk anak usia 6 sampai 8 tahun, dan 10 jam untuk anak usia 9 sampai 10 tahun.

Di pagi hari, Moms bisa bantu tingkatkan fokus dan konsentrasi anak dengan memberikan sarapan sehat yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak seimbang

Sebagai contoh, Moms bisa membuatkan roti gandum lapis isi telur, selada, dan keju, lalu dilanjutkan dengan seporsi buah potong.

Apalagi ya Moms, yang bisa dilakukan untuk bantu anak menghadapi ujian sekolah?

(WA)

Artikel Terkait