FASHION & BEAUTY
12 Juli 2019

Cocok untuk Kulit Berminyak, Ketahui Apa Itu Exfoliating Toner

Exfoliating toner tidak punya butiran eksfoliator yang bisa merusak wajah.
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Dalam merawat wajah, ada banyak produk kecantikan dengan fungsi berbeda-beda. Karenanya, Moms perlu memastikan jika produk tersebut bermanfaat untuk wajah. Salah satunya, adalah exfoliating toner.

Toner sendiri merupakan langkah pada perawatan kecantikan yang kerap terlewati. Mungkin karena beberapa wajah tidak cocok menggunakan toner.

Pemilihan toner yang bagus dapat menyeimbangkan pH kulit dan membuatnya tampak lebih sehat dan lebih bercahaya.

Lalu, apa yang membedakan exfoliating toner dengan toner biasa? Ketahui lebih lanjut tentang exfoliating toner pada penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Amati Kandungan Sheet Mask yang Berbahaya untuk Kulit, Jangan Salah Pilih!

Apa Itu Exfoliating Toner?

exfoliating toner-1.jpg

Ahli kecantikan selebriti Nerida Joy mengatakan bahwa exfoliating toner mengandung bahan-bahan yang membersihkan kulit lebih dalam.

Seperti bahan penyerap allantoin, serta bahan pembersih yang lebih dalam seperti asam alfahidroksi dan jenis asam lainnya.

Toner biasa digunakan untuk hidrasi yang lebih dangkal atau kadang-kadang hanya dioleskan pada wajah untuk efek pendinginan yang menyegarkan,” kata Joy, dilansir dari New Beauty.

Asam yang digunakan ini menyapu sel-sel kulit mati, dan memblokir pori-pori, menjadikan wajah bersih dan bercahaya.

Exfoliating toner juga meratakan warna, membantu kulit mempertahankan kelembapan, mempercepat pergantian sel, dan menangani kelebihan minyak dan berjerawat.

Meskipun punya nama 'exfoliating', tidak ada manik-manik mikro abrasif yang bisa merusak kulit.

"Eksfoliator reguler, seperti krim dan lulur, bisa menjadi agresif dan lebih abrasif dengan goresan pada permukaan kulit, kadang-kadang bahkan menyebabkan kerusakan kapiler," jelas Joy.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Toner di Bawah 50 Ribu Agar Wajah Selalu Segar di Bulan Puasa

Cara Menggunakan Exfoliating Toner

exfoliating toner-2.jpg

Lebih lanjut, Joy mengatakan cara untuk menggunakan exfoliating toner bisa dengan menggunakan krim atau gel pembersih lembut terlebih dahulu.

Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat atau menggunakan handuk hangat.

Selanjutnya, oleskan exfoliating toner ke seluruh wajah menggunakan bola kapas.

"Seberapa sering sebaiknya exfoliating toner dipakai itu tergantung pada jenis dan kondisi kulit Anda, ditambah rutinitas perawatan kulit harian, dan iklim tempat tinggal," jelasnya.

Tetapi menurut Joy, penggunaan exfoliating toner baik untuk mereka yang kerap memakai riasan wajah tebal, atau orang dengan jenis kulit berminyak.

"Saya akan menyarankan bahwa mereka baik untuk seseorang yang memakai make-up tebal, atau seseorang yang memiliki tipe kulit yang berminyak," tambah Joy.

Artikel Terkait