KEHAMILAN
24 Juli 2020

Cokelat Hitam Meningkatkan Kesuburan? Simak Penjelasannya di Sini

Benar nggak ya Moms?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Dina Vionetta

Cokelat memang telah terkenal dapat membantu menurunkan stres.

Namun, cokelat, terutama cokelat hitam ternyata juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Benarkah demikian? Bagaimana bisa cokelat hitam meningkatkan kesuburan?

Baca Juga: Makan Makanan Mengandung Zat Besi untuk Meningkatkan Kesuburan, Ini Kata Ahli!

Cokelat Hitam Bagi Kesuburan Pria

Cokelat Hitam Tingkatkan Kesuburan? 1

Foto: pexels.com

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan oleh Oregon State University, cokelat hitam baik bagi kesuburan pria karena kaya akan asam amino L-arginin yang dikenal dapat meningkatkan volume semen dan jumlah sperma.

Selain itu, cokelat hitam juga diketahui kaya akan antioksidan, yang berfungsi untuk melawan radikal bebas yang dapat mempengaruhi kualitas sperma.

“Semakin hitam cokelatnya, semakin baik pula kualitas sperma yang didapatkan,” kata Dr. Murdia dari Indira Fertility Clinic and Test Tube Centre, kepada India Today.

Baca Juga: Meningkatkan Kesuburan, Calon Ibu Hamil Perlu Banyak Makan Buah

Cokelat Hitam Bagi Kesuburan Wanita

Cokelat Hitam Tingkatkan Kesuburan? 2

Foto: pexels.com

Menurut informasi dari berbagai sumber, cokelat hitam meningkatkan kesuburan wanita dengan berbagai cara, diantaranya adalah dengan menurunkan tingkat resistensi insulin.

Natural Fertility Info menyebut bahwa manfaat ini bukan hanya dapat membantu menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung, tetapi juga dapat sangat membantu meningkatkan kesuburan pada penderita PCOS.

Di mana resistensi insulin sering kali menjadi masalah besar bagi wanita dengan PCOS dan masalah infertilitas lainnya.

Bukan hanya itu, menurut Dr Rajalaxmi Walavalkar, Konsultan IVF dan Bedah Reproduksi dari Cocoon Fertility, arginine, salah satu vitamin yang ditemukan dalam cokelat hitam adalah bahan penyusun nitrit oksida kimia.

Di mana nitrit oksida memiliki fungsi penting untuk melebarkan pembuluh darah kecil yang meningkatkan aliran darah ke organ akhir.

“Peningkatan aliran darah ke rahim membuat lapisan rahim menjadi lebih sehat dan menjadi lingkungan yang baik untuk pelekatan embrio,” kata Dr Rajalaxmi, seperti dikutip dari Deccan Chronicle.

“Peningkatan aliran darah ke embrio membuat pertumbuhan folikel menjadi lebih baik dan sebagai sumber nutrisi yang lebih baik untuk telur yang sedang tumbuh, menghasilkan telur yang berkualitas lebih baik dengan kematangan yang lebih baik dan pada gilirannya, embrio yang lebih baik pula.”

Dr Rajalaxmi juga menyebut bahwa biji kakao mentah sangat kaya akan zat besi, kalsium, seng, mangan, dan kalium.

Mineral-mineral yang bertindak sebagai ko-enzim dan faktor mikronutrien untuk menjaga keseimbangan hormon dan intergritas DNA telur ataupun sperma. Di mana kadar dari mineral-mineral ini diketahui masih sangat tinggi pada cokelat hitam.

Selain itu, menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh Loma Linda University, mengonsumsi cokelat hitam yang memiliki konsentrasi kakao cukup tinggi (minimal 70%) dapat menurunkan tingkat stres dan inflamasi. Sebagaimana diketahui, stres dan inflamasi merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan wanita.

Jadi, ternyata memang benar bahwa cokelat hitam meningkatkan kesuburan pria maupun wanita. Namun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai dosis yang tepat untuk dikonsumsi sesuai dengan kondisi Moms dan Dads, ya.

Baca Juga: Meningkatkan Kesuburan, Calon Ibu Hamil Perlu Banyak Makan Buah

Artikel Terkait