KESEHATAN
7 Juni 2019

Cuaca Tak Menentu, Bentengi Keluarga dengan 6 Jus Booster Imun Ini

Bukan Hanya Sehat, Tapi Juga Menyegarkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Cuaca kini sedang tidak bersahabat ya Moms? Sebentar panas, sebentar hujan. Selain mempersiapkan diri, membawa dan memakai jaket atau payung saat hujan, ada baiknya Moms dan keluarga juga mempersiapkan diri dari dalam juga.

Untuk meningkatkan kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh keluarga, Moms harus melakukan perubahan dalam pilihan gaya hidup dan makanan terlebih dahulu.

Bukan hanya tentang makanan sehat, ternyata ada lagi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas lho Moms. Salah satunya dengan mengonsumsi berbagai macam jus buah.

Ada beberapa buah jika dicampurkan dan di blender bersama, ternyata bisa menjadi booster imun, minuman kesehatan namun tetap enak saat dikonsumsi.

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Penting Ini Saat Memberikan Jus Buah Untuk Bayi

Ini dia beberapa resep jus yang dapat menjadi pilihan menyenangkan untuk diminum bersama keluarga.

1. Jus Tomat Wortel

jus booster imun

Perpaduan antara tomat dan wortel adalah salah satu kombinasi terbaik. Keduanya akan menghasilkan perpaduan rasa dua sayuran yang menyehatkan sebagai booster imun.

Jus tomat wortel adalah salah satu resep penambah kekebalan tubuh terbaik, karena antioksidan vitamin C yang tinggii dari tomat dan vitamin A dari wortel.

Vitamin C membantu pembentukan protein kulit atau kolagen yang membuat kulit tetap kuat, sehingga mampu mencegah masuknya penyakit. Ini juga membantu produksi sel darah putih untuk melawan infeksi. Vitamin A membantu menangkal infeksi dan menjaga permukaan mukosa dengan mengatur aktivitas sel T, sel B, dan sitokin.

2. Jus Bawang Putih dan Jahe

jus booster imun

Bahan ajaib jahe dan bawang putih diketahui dapat melawan infeksi selama berabad-abad. Sebuah studi yang dilakukan oleh dokter Harvard Medical School menemukan bahwa peningkatan konsumsi bawang putih dapat menangkal kanker.

Selain menurunkan tekanan darah dan mengatur kolesterol, jahe mengandung bahan shagaol dan gingerol yang membantu merangsang sirkulasi darah. Selain itu, jahe juga dapat memastikan jaringan dalam tubuh untuk mendapatkan lebih banyak oksigen penghilang racun.

Saat membuatnya, jangan lupa menambahkan potongan buah jeruk, bit, dan buah apel agar membuat rasanya semakin enak. Resep jus ini adalah minuman sempurna bagi Moms untuk tetap sehat dan bebas penyakit.

Baca Juga: Memilih Jus Sehat sesuai Zodiak

3. Jus Semangka dan Biji Chia

jus booster imun

Segelas jus semangka dan biji chia adalah pembangkit tenaga yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan mampu melembapkan kulit saat udara panas.

Semangka mengandung vitamin A, C, dan B6 yang mampu meningkatkan imunitas. Selain kadar antioksidan yang besar di dalam chia, di dalamnya juga kaya akan lemak yang sehat untuk jantung dan membantu mencegah pembentukan radikal bebas serta melawan flu.

Selain dua bahan tersebut, tambahkan juga sedikit daun mint dan jus lemon. Resep ini pasti akan menjadi minuman menyegarkan saat cuaca sedang panas, karena rasanya yang manis dan manfaatnya yang dapat melembapkan kulit. Lebih baik bila disajikan dingin ya Moms sebagai booster imun.

4. Jus Hijau

jus booster imun

Mungkin jus hijau terdengar aneh. Namun seperti kita ketahui, sayuran berdaun hijau adalah makanan alami paling sehat. Mereka mengandung kombinasi nutrisi penting seperti asam askorbat, karoten, riboflavin, asam folat, vitamin K, zat besi, kalsium, dan fosfor.

Jus hijau mengandung campuran dari sayuran hijau paling bergizi yang menjadikannya perpaduan sempurna antara rasa yang enak dan demi kesehatan yang terjaga.

Caranya, campurkan daun bayam, batang seledri, peterseli, sedikit dandelion hijau kecil, selada air kecil, cale kale hijau, mentimun, dua buah pir, dan 1 sendok teh jus lemon. Jus ini mungkin nggak punya rasa yang menggugah selera, tetapi tentunya yang paling sehat.

Untuk mengurangi rasa sayuran hijau yang sangat kuat, Moms bisa menambahkan madu.

Baca Juga: Populer di Instagram, Ini 4 Manfaat Jus Seledri Buat Kesehatan Keluarga

5. Bit, Wortel, Jahe, dan Kunyit

jus booster imun

Jus ini akan membantu sistem kekebalan tubuh Moms dan mengurangi gejala peradangan.

Peradangan adalah sebuah respons imun terhadap infeksi. Dia dapat terjadi sebagai gejala flu atau pilek, batuk, dan sakit badan. Orang yang menderita rheumatoid arthritis mungkin mendapat manfaat dari minum jus ini, karena kunyit dan jahe memiliki efek anti-inflamasi.

6. Biji Labu

jus booster imun

Manfaat biji labu begitu banyak. Dia tidak hanya akan bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh Moms, tetapi juga dapat membantu kesehatan tulang, gejala menopause, kesehatan saluran kemih, rambut dan kulit, dan kesehatan prostat (untuk pria).

Biji labu memiliki nutrisi yang terkenal, seperti vitamin A, C, dan B-6, magnesium, dan seng.

Baca Juga: Ternyata 5 Buah Ini Tidak Baik Dibuat Jus

Ragam resep jus di atas menarik untuk dicoba kan Moms? Coba sendiri di rumah yuk Moms untuk keluarga dan rasakan hasilnya dalam meningkatkan imunitas (booster imun).

(FAR/IRN)

Artikel Terkait