FASHION & BEAUTY
27 Juni 2016

Cukupkah Sunblock Melindungi Kulit dari Matahari?

Find out here
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (serenata.rosalia)
Disunting oleh (serenata.rosalia)

Bagi Anda yang gemar menghabiskan liburan dengan mengunjungi wisata bahari pastinya harus memahami pentingnya menjaga kesehatan kulit. Terpapar sinar ultra violet selama berjam-jam tak hanya akan membakar kulit, melainkan juga memicu kanker. Salah satu benda dapat melindungi Anda adalah sunblock! Tapi apakah Anda sudah paham bagaimana sistem kerja sunblock? Hadir dalam beragam produk dan merk, di antaranya berupa lotion dan spray. Hanya saja fakta utama yang harus Anda ketahui tentang sunblock yaitu tidak mampu 100% melindungi kulit Anda dari sinar UV. Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui:

Besarnya SPF Tidak Berpengaruh Banyak

Anda mungkin bingung apakah perbedaan antara SPF 15, 30, 50, dan seterusnya. Perbedaan yang mencolok adalah semakin besar SPF yang terkandung maka semakin mahal harganya. Namun, faktanya sunblock dengan SPF 15 dengan SPF 50 memiliki daya saring sinar UV yang tidak jauh berbeda 5%. Bahkan SPF 100 pun tak mampu melindungi Anda secara sempurna, hanya 98%.

Tidak Cukup Sekali

Penggunaan sunblock yang benar adalah setiap dua jam sekali. Paparan teriknya matahari menyebabkan kulit cepat kering, sehingga sangatlah penting untuk mengaplikasikan sunblock berulang kali.

Gunakan Pelindung Tambahan

Kostum pantai yang terkesan seksi dan santai memang menjadi daftar wajib yang harus dilakukan ketika berlibur. Tapi, perlu Anda ingat bahwa sunblock tidak cukup melindungi kulit secara langsung. Setidaknya gunakan topi untuk melindungi wajah Anda dan dari paparan langsung, karena bagian tersebut lebih sensitif dibanding lainnya.

Bagaimana Bila Kulit Tetap Terbakar?

Seperti yang sudah dijelaskan, penggunaan sunblock tak menjamin Anda akan terbebas dari sunburn. Bila kulit Anda mulai memerah artinya terjadi peradangan dan dalam waktu 8-12 jam akan terjadi pengelupasan. Satu hal yang Anda lakukan adalah jangan mengelupas kulit! Biarkan kulit mengelupas secara alami. Karena bila Anda paksakan justru merusak sel kulit yang sehat.

(SR)

Sumber: teenvogue.com | huffpost.com

Foto: thaibestseller.com

Artikel Terkait