KESEHATAN
13 Agustus 2019

Dads, Ini 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesuburan Pria yang Perlu Diketahui

Konsumsi bawang putih secara rutin dapat meningkatkan kualitas sperma!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Untuk dapat menghasilkan sperma yang sehat tentu membutuhkan makanan yang sehat pula. Merujuk pada penelitian di Harvard, Dr. Ardyce Yik, seorang dokter naturopatik di Hong Kong, memaparkan fakta bahwa, pria yang mengkonsumsi tiga porsi daging olahan per harinya memiliki kualitas sperma yang lebih buruk dibandingkan mereka yang makan dengan porsi lebih sedikit.

Fakta lainnya juga memperlihatkan di mana pria yang mengkonsumsi buah dan sayuran berpestisida tinggi memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang memakan buah dan sayur dengan kadar pestisida rendah.

Dari penelitian tersebut semakin mempertebal kenyataan sangatah penting untuk mendapat asupan makanan sehat sehingga kesehatan sperma dan kesuburan pria pun dapat terjaga dengan baik.

Ada beberapa makanan yang bermanfaat bagi kesuburan pria, salah satunya yaitu bawang putih. Berikut 5 manfaat bawang putih untuk kesuburan pria yang perlu Dads ketahui untuk kehidupan seksual yang lebih menyenangkan bersama pasangan.

Baca Juga: Benarkah Biji Selasih Bermanfaat untuk Kesuburan?

1. Menjaga Kesehatan Prostat

manfaat bawang putih kesuburan pria - prostat.jpg

Manfaat bawang putih untuk kesuburan yang pertama adalah menjaga kesehatan prostat. Prostat merupakan kelenjar kecil yang berfungsi untuk menghasilkan semen, cairan yang dikeluarkan bersama sperma saat ejakulasi.

Dengan rutin mengkonsumsi bawang putih, kesehatan prostat pun dapat terjaga dengan baik. Hal ini juga bisa mencegah terjadinya kanker prostat.

2. Meningkatkan Testoteron

manfaat bawang putih kesuburan pria - testoteron.jpg

Manfaat bawang putih untuk kesuburan yang selanjutnya adalah meningkatkan testosteron. Siapa sangka ternyata bawang putih juga bisa, lho, meningkatkan hormon testoteron di dalam tubuh.

Selain itu, jumlah sperma pun dapat bertambah banyak berkat konsumsi bawang putih secara kontinyu.

3. Meningkatkan Motilitas Sperma

manfaat bawang putih kesuburan pria - motilitas sperma.jpg

Manfaat bawang putih untuk kesuburan yang selanjutnya adalah meningkatkan motilitas sperma. Karena kandungan zat antioksidan alami berupa selenium di dalam bawang putih, gerakan sperma atau motilitasnya pun dapat meningkat.

Tak hanya itu, selenium dan vitamin B6 di dalamnya sangat berperan penting dalam produksi sperma yang sehat.

Baca Juga: Tes Kesuburan untuk Wanita dan Pria, Apa Saja?

4. Membantu Meningkatkan Aliran Darah

manfaat bawang putih kesuburan pria - aliran darah.jpg

Manfaat bawang putih untuk kesuburan yang selanjutnya adalah meningkatkan aliran darah. Di dalam bawang putih terdapat zat allicin. Zat ini sangat penting keberadaannya untuk meningkatkan aliran darah ke organ intim pria dan juga melindungi sperma.

Aliran darah yang baik dapat mempercepat proses ereksi. Disamping itu juga dapat membuat daya tahannya lebih lama. Bawang putih juga mempunyai sifat membersihkan yang dapat menghilangkan kotoran dari arteri untuk memperlancar aliran darah.

Suplai darah yang buruk ke testis berkontribusi terhadap infertilitas. Dengan peredaran darah yang lancar juga membantu meningkatkan kesuburan.

5. Menaikkan Gairah Seksual

manfaat bawang putih kesuburan pria - gairah seksual.jpg

Manfaat bawang putih untuk kesuburan yang selanjutnya adalah menaikkan gairah seksual. Dengan hormon testoteron yang meningkat dan sirkulasi darah yang baik berkat bawang putih, hal ini mampu meningkatkan pula gairah seksual pria. Stamina tubuh pria pun menjadi lebih kuat dan bertenaga.

Karena khasiatnya yang terbukti untuk meningkatkan kesuburan, konsumsi bawang putih mentah pun dianjurkan setiap hari bagi yang ingin segera memiliki momongan. Tak dipungkiri, bawang putih memang memiliki bau dan rasa yang menyengat. Karena itu mungkin banyak yang merasa ogah-ogahan untuk mengkonsumsinya.

Baca Juga: Hati-hati! Obat Anti-alergi Antihistamin Bisa Pengaruhi Kesuburan Pria

Resep Bawang Putih untuk Kesuburan Pria

Intip dua resep olahan bawang putih berikut yang bisa jadi alternatif bagi Dads.

1. Bawang Putih Madu

- Bersihkan 1 atau 2 siung bawang putih.

- Rebus di dalam air hingga mendidih.

- Tambahkan madu di dalam air rebusan bawang putih.

2. Infus Bawang Putih

- Bersihkan 1 kg bawang putih, haluskan.

- Masukkan ke dalam toples, tambahkan air matang.

- Tutup rapat toples. Simpan selama hampir sebulan, jauhkan dari sinar matahari.

- Secara rutin, kocok-kocok toples dan minumlah satu sendok teh setiap harinya.

Itulah beberapa manfaat bawang putih untuk kesuburan pria dan resepnya yang bisa dicoba langsung oleh Dads. Yuk, rutin konsumsi makan bawang putih untuk kualitas sperma yang lebih baik, Dads!

(DI/ERN)

Artikel Terkait